Wisata Lokal, Ketika Tidak Mudik Dibawa Asik

0
53
Staycation di hotel juga asik. ( Foto: fourseasons.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Terbentur aturan tidak bisa mudik ambil sisi positifnya, bisa mengeksplore kota tempat tinggal kita sendiri sesuai anjuran Menparekraf Sandiaga Uno yang membuat tagline Tidak Bisa Mudik Dibawa Asik.

Nah, siapa  yang tidak ingin menikmati liburan keluarga yang baik dan bergaya kuno? Sekarang orang-orang perlahan mendapatkan vaksinasi untuk melawan virus COVID -19, kita semua dapat bepergian dengan sedikit mudah.

Karenanya ini adalah waktu yang tepat untuk merencanakan liburan keluarga. Setelah hidup di bawah batasan selama hampir dua tahun, kita semua dapat menggunakan istirahat dan mengubah pemandangan.

Jika Anda sedang mencari tips bagaimana merencanakan liburan keluarga, baca lebih lanjut lima langkah yang akan membantu ;

Temukan tempat menginap yang sempurna

Kunci untuk menemukan tempat menginap yang bagus adalah meneliti sebelumnya. Sebelum merencanakan perjalanan Anda, periksa beberapa hotel dan resor lokal di daerah sendiri. Salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan ini adalah dengan menemukan hotel atau resor yang nyaman dan terjangkau yang juga ramah keluarga.

Itu semua tergantung ke mana Anda bepergian. Sebagai contoh jika Anda berada di kota Malang, Jawa Timur maka begitu banyak pilihannya.
Kawasan Malang Raya dapat menjadi pilihan tepat untuk quality time bersama keluarga.

Dari Kota Malang, Kabupaten Malang, sampai Kota Batu menyuguhkan tempat wisata keluarga dengan beragam keistimewaan masing-
masing.Travel.com mencatat sedikitnya ada 25 tempat yang layak dikunjungi bersama keluarga.

Mulai dari kampung tematik, taman hiburan instagenic, sampai destinasi bernuansa alam dengan tempat wisata keluarga di Malang yang bisa masuk daftar libur Lebaran dan
memiliki pesona turis modern.

Namun, pernahkah Anda mempertimbangkan untuk mengunjungi destinasi wisata yang lebih kecil dan kurang terkenal untuk liburan keluarga Anda? Melongok desa-desa wisata misalnya.

Desa Wisata Pujon Kidul sebuah one-stop entertainment yang dikelilingi sawah. Ada pusat kuliner, belanja, sampai atraksi menarik seperti naik kuda.

Nantinya tiket masuk di gerbang utama dapat ditukarkan dengan tiket masuk ke wahana-wahana yang ada di kawasan ini. Pengunjung bisa mencoba beragam kuliner di Cafe Sawah yang berada di paling ujung Desa Wisata Pujon Kidul. Ada beragam makanan, mulai dari nasi jagung, olahan ikan, dan aneka sayur.

Sistemnya prasmanan, setelah ambil makanan, langsung menuju kasir untuk membayar. Harga makanan di sini sangat terjangkau harganya dan kalau ingin masak di rumah, bisa belanja sayuran segar yang biasanya baru dipanen oleh petani setempat. Untuk satu kantong sayur (setara sekitar 1 kilogram) cukup membayar Rp 10.000-an.

Ada juga Taman Kelinci Pujon, berlokasi di Jalan Paralayang, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Di sinilah rumah para kelinci, ada pula Rumah Hobbit dan Taman Stroberi.

Tak hanya berinteraksi langsung dengan kelinci, pengunjung bisa sekalian berswafoto di berbagai sudut Taman Kelinci. Tempat wisata keluarga yang berlatar Gunung Panderman ini mematok harga tiket Rp 10.000-an. Taman ini buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.

Saat berwisata keluarga jangan takut untuk menekan anggaran. Anda tidak tahu kapan Anda akan mendapat kesempatan untuk wisata lagi, jadi nikmatilah saat berada di sana, meskipun itu berarti ada biaya  tambahan yang harus dikeluarkan.

Kemas yang sesuai

Meski wisata lokal dan pilih menginap tetap saja  tidak mengemas terlalu banyak ke dalam bagasi mobil Anda, terutama saat bepergian bersama keluarga. Menangani terlalu banyak tas bisa melelahkan jadi tetap ambil yang penting saja.

Aturan praktisnya adalah membawa satu set pakaian yang dapat diganti tergantung pada berapa lama Anda berlibur. Pastikan Anda berpakaian sesuai dengan budaya dan iklim saat Anda berkemas.

Bawalah hal-hal mendasar, seperti pengisi daya, perlengkapan mandi, dan dokumentasi apa pun yang menurut Anda mungkin Anda perlukan selama perjalanan. Jika ada anggota keluarga yang membutuhkan obat-obatan, pastikan terlebih dahulu Anda mengambil resep dari apotek untuk menghindari kehabisan stok.

Pelajari tentang budayanya

Jika Anda ingin melakukan perjalanan ke pedesaan pastikan Anda mempelajari tentang adat istiadat dan budaya sepedesaan. Begitu pula saat di luar negri jika Anda tidak ingin menyinggung perasaan penduduk setempat dengan cara apa pun saat sedang berlibur.

Selain itu, dalam beberapa kasus di luar negri jika , tidak memperhatikan budayanya dapat membuat Anda dipenjara. Apa cara untuk mempersingkat perjalanan ini ? Google tentang daerah tersebut sehingga Anda memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk menghindari masalah.

Hal ini berguna jika kelak wisata darat di luar negri, selain navigasi, Anda harus menghafal beberapa istilah dasar untuk berkeliling dengan cepat. Unduh aplikasi penerjemah di ponsel Anda; ini cukup berguna di wilayah asing di mana terdapat kendala bahasa.

Anda harus ekstra perhatian di area di mana orang-orang konservatif dan dikenal melindungi budaya mereka. Tetap sadar akan apa yang Anda katakan dan lakukan dan cobalah untuk mendidik anak-anak tentang bagaimana berperilaku.

Kelola kesehatan dan keselamatan

Saat bepergian ke daerah lain maupun negara lain, salah satu hal pertama yang membuat Anda tertarik adalah masakannya. Tubuh Anda mungkin tidak dapat menangani keragaman makanan. Itu sebabnya banyak turis mengalami keracunan makanan.

Apalagi jika Anda bepergian ke kota yang panas dan lembab, bersiaplah untuk melawan rasa haus dan nyamuk. Sebagai keluarga yang mencoba menikmati waktunya, Anda perlu ekstra hati-hati. Tidak ingin ada yang terserang penyakit bukan?

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda sebelum keluar. Seorang dokter akan memandu Anda tentang apa yang harus dihindari dan apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat. Demi keselamatan Anda, bawalah kotak P3K, pengusir nyamuk, antialergi, dan alat bantu medis cepat lainnya yang dapat Anda pikirkan.

Rencanakan bagaimana membuat anak-anak sibuk

Ketika berbicara tentang jalan-jalan bersama keluarga, hal terakhir yang Anda tak inginkan adalah anak-anak bosan dan kemudian mulai mengganggu privasi. Anda pasti mencintai mereka, tetapi anak-anak bisa jadi sulit diatur ketika mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Sebaiknya rencanakan terlebih dahulu apa yang ingin Anda lakukan bersama. Pikirkan sesuatu yang akan menyenangkan, tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga diri Anda.

Bersenang-senang sebagai keluarga adalah inti dari semua ini. Liburan adalah kesempatan yang sangat baik bagi kalian untuk menjalin ikatan dan bersenang-senang bersama. Jadi apakah itu bermain bola atau hiking, lakukan aktivitas menyenangkan untuk orang-orang dari semua kelompok umur.

Kesimpulan

Tips yang disebutkan di atas akan membantu Anda merencanakan liburan keluarga yang sempurna. Mengingat krisis perawatan kesehatan global saat ini, yang terbaik adalah melakukan perjalanan sambil mempertahankan SOP yang ditentukan oleh otoritas perawatan kesehatan.

Jangan lupa bawalah masker wajah, pembersih tangan, dan coba jaga jarak aman dari orang asing. Masih ada kesempatan untuk wisata lokal atau cukup di rumah saja atau ke hotel untuk staycation. Jakarta sebagai ibukota ternyata memiliki banyak pilihan untuk staycation termasuk penyewaan villa. Buruan browsing… ( Dari berbagai sumber dan travel.kompas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.