DESTINASI INTERNATIONAL NEWS

Visi Bersama untuk Alam - Laporan 'Alam Positif' Tandai Era Kolaborasi Baru dalam Perjalanan & Pariwisata

MADRID, bisniswisata.co.id: WTTC, UN Tourusm (Pariwisata PBB), dan Aliansi Perhotelan Berkelanjutan bekerja sama untuk mendukung Pariwisata Positif Alam

Para pemain terkemuka di bidang Perjalanan & Pariwisata secara global telah menerbitkan laporan bersama yang penting  menguraikan rencana bersama mereka untuk membantu menghentikan dan membalikkan hilangnya keanekaragaman hayati.

Diluncurkan pada Hari Bumi 2024, “Nature Positive Travel & Tourism in Action” adalah ciptaan ‘Kemitraan Pariwisata Positif Alam’ tingkat tinggi, yang terdiri dari Dewan Perjalanan & Pariwisata Dunia (WTTC), Organisasi Pariwisata Dunia (UN Tourism) dan Aliansi Perhotelan Berkelanjutan (Aliansi).

Selama bertahun-tahun,, UN Tourism berada di garis depan dalam mengintegrasikan pariwisata ke dalam agenda keanekaragaman hayati PBB yang lebih luas, termasuk mendukung pekerjaan Sekretariat Konvensi Keanekaragaman Hayati (CBD)

Dikembangkan melalui kerja sama dengan konsultan spesialis ANIMONDIAL, laporan ini merupakan janji sektor ini untuk mendukung implementasi Kerangka Keanekaragaman Hayati Global Kunming-Montreal (GBF), Rencana Keanekaragaman Hayati PBB.

Laporan ini menyajikan lebih dari 30 studi kasus mengenai aksi-aksi inspiratif dan progresif dari seluruh dunia yang melibatkan usaha besar dan kecil, lembaga pemerintah pusat dan daerah, kelompok masyarakat sipil, dan kemitraan antarsektor.

Dengan menawarkan panduan dan wawasan yang dapat ditindaklanjuti, laporan ini tidak hanya menyoroti hubungan intrinsik antara keanekaragaman hayati dan ketahanan pariwisata, namun juga memberdayakan dunia usaha untuk menjadi penjaga alam.

Kemitraan bersejarah bagi alam

“Kemitraan bersejarah dengan perusahaan terkemuka di bidang Travel & Tourism ini merupakan langkah signifikan dalam perjalanan kolektif kami menuju sektor yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab, ” kata  Julia Simpson, Presiden & CEO WTTC,

Menurut dia, laporan ini bukan hanya sekedar publikasi namun merupakan gerakan menuju integrasi lingkungan hidup pengelolaan menjadi inti dari pengalaman perjalanan.

“Saat kita merayakan Hari Bumi, marilah kita mengindahkan seruan untuk memelihara dan melindungi destinasi kita. Ketergantungan sektor kita pada alam, ditambah dengan keahlian kita dalam menciptakan pengalaman yang menginspirasi dan berkesan, berarti kita berada pada posisi yang ideal. penjaga alam.” ujarnya.

Zurab Pololikashvili, Sekretaris Jenderal Pariwisata PBB, mengatakan selama bertahun-tahun, UN Tourism telah berada di garis depan dalam mengintegrasikan pariwisata ke dalam agenda keanekaragaman hayati PBB yang lebih luas, termasuk mendukung pekerjaan Sekretariat Konvensi Keanekaragaman Hayati (CBD) ).

Kolaborasi baru yang penting di antara para pemain utama global ini menetapkan kerangka kerja yang kuat untuk praktik-praktik berkelanjutan yang tidak hanya memberikan dampak signifikan namun juga memberikan contoh kekuatan upaya terpadu dalam melestarikan keanekaragaman hayati, menginspirasi gerakan global menuju pariwisata yang lebih berkelanjutan dan berketahanan.”

Glenn Mandziuk, CEO Sustainable Hotel Alliance, mengatakan laporan ini merupakan tonggak sejarah bagi Perjalanan dan Pariwisata, yang mewakili komitmen perusahaannya  sebagai industri untuk melindungi dan melestarikan alam.

Aliansi bangga berkontribusi dan berkolaborasi dalam upaya yang berwawasan dan penuh aksi ini. laporan berorientasi yang akan membawa perubahan nyata pada destinasi di seluruh dunia, mendukung keanekaragaman hayati.

Alam menopang masyarakat, perekonomian, dan keberadaan kita saat ini. Industri perhotelan saat ini menjadi yang terdepan di antara industri dalam pendekatan Nature Positive dan laporan ini menunjukkan seberapa besar industri memahami nilai sebenarnya dari alam.

Koalisi yang dipimpin oleh para ahli

Menyadari bahwa sektor ini mempunyai peran penting dalam melindungi dan melestarikan keanekaragaman hayati, pendekatan Pariwisata Positif Alam dirancang untuk menjadi batu ujian bagi perubahan yang dapat ditindaklanjuti.

Fokusnya adalah melengkapi sektor ini dengan alat dan wawasan yang diperlukan untuk memelihara dan melindungi destinasi wisata yang menjadi andalan sektor ini.

Komitmen Kemitraan untuk berupaya mencapai “positif bagi alam” didasarkan pada konsultasi ekstensif dengan para ahli dari kalangan bisnis, pemerintah, akademisi dan masyarakat sipil, termasuk Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) dan Komisi Dunia untuk Kawasan yang Dilindungi (WCPA).

Laporan tersebut, yang merupakan lanjutan dari laporan WTTC tahun 2022 “Perjalanan & Pariwisata Positif Alam”, mencakup kerangka kerja praktis dan contoh dunia nyata yang mendorong penyedia perjalanan dan wisatawan untuk memulai perjalanan yang berkontribusi pada konservasi kekayaan alam kita.

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)