Upaya Gairahkan Pariwisata Yogyakarta, Desainer Gelar FoS

0
11

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: Fashion on The Street (FoS) 2020 digelar untuk mengembalikan geliat pariwisata, Pemerintah Kota Yogyakarta mendukung kegiaran ini  melalui Dinas Pariwisata Kota Yogya.

” Masuknya era kenormalan baru ini kreatifitas juga tetap harus berjalan dan tidak boleh terhenti. Sudah berbulan-bulan masa pandemi menerpa masyarakat membuat semua sektor kehidupan tergoyahkan, terutama sektor pariwisata,” kata Lia Mustafa, penggagas FoS, hari ini.

Penggagas FoS, Lia Mustafa mengungkapkan pandemi global inilah yang menginspirasi dalam melahirkan karya “new normal fashion on the street 2020”, dimana manusia dapat beraktivitas dengan protokol kesehatan yang telah diatur, jelasnya saat temu media di Silol cafe.

Pagelaran busana kali ini mengusung tema warna khusus seperti hitam, putih, dan kuning.”Masuknya musim panas dan dampak covid-19 menjadi inspirasi, 3 warna tegas tersebut sebagai pengait seluruh karya designer-designer muda kali ini” katanya.

Ia menjelaskan jika penyelenggaraan Fos pada tahun ini agak sedikit berbeda, yang biasanya acara tersebut di gelar secara langsung/live di Prawirotaman, namun kali ini digelar di pedestrian Kotabaru.

 “Untuk menghindari kerumumanan warga, kami tetap menggelar acara ini namun dengan membatasi penonton,  masyarakat yang ingin melihat acara tersebut bisa melalui YouTube maupun dari akun instagram milik Dinas Pariwisata Kota Yogya juga,” jelasnya.

Menurutnya dalam setiap bencana yang terjadi, kita tetap bisa mengambil hikmahnya karena adanya bencana membuat manusia melihat alangkah besarnya kekuasaan Tuhan dan betapa indahnya kasih sayang sesama.

“Dan dari bencana, kita belajar kepedulian, kita belajar mengasihi, kita belajar mengantisipasi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Atraksi Dinas Pariwisata Kota Yogya, Edi Sugiarto menjelaskan jika Dinas Pariwisata akan terus berupaya untuk membangkitkan sektor Pariwisata di Kota Yogyakarta.

Untuk itu, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Kota Yogya mendukung kegiatan Fashion on the Street (fos) 2020.

Penggagas FoS, Lia Mustafa mengungkapkan jika masuknya era kenormalan baru ini kreatifitas juga tetap harus berjalan dan tidak boleh terhenti.

“Fenomena inilah yang menginspirasi dalam melahirkan karya “new normal fashion on the street 2020”, dimana manusia dapat beraktivitas dengan protokol kesehatan yang telah diatur,”jelasnya saat temu media di Silol cafe, hari ini  (31/8/2020).

Pagelaran busana kali ini mengusung tema warna khusus seperti hitam, putih, dan kuning. “Masuknya musim panas dan dampak covid-19 menjadi inspirasi, 3 warna tegas tersebut sebagai pengait seluruh karya designer-designer muda kali ini” katanya.

Ia menjelaskan jika penyelenggaraan Fos pada tahun ini agak sedikit berbeda, yang biasanya acara tersebut di gelar secara langsung/live di Prawirotaman, namun kali ini digelar di pedestrian Kotabaru.

 “Untuk menghindari kerumunan warga, kami tetap menggelar acara ini namun dengan membatasi penonton, untuk masyarakat yang ingin melihat acara tersebut bisa melalui Youtube maupun dari akun instagram milik Dinas Pariwisata Kota Yogya,” jelasnya.

Saat ini industri kreatif yang mampu bertahan adalah produk Fashion dan para desainer muda yang bergabung kali ini adalah Ayu Ghia, dari Jakarta dan Palembang, Liant/Belagak Nian,  Lily-Makasar, Agung Istri Saridewi/Gung Is Bali,  Yuliana Fitri,  Faris, Yogya, Tofa – Ngawi, Rony Billiardo,Hermina, Aini serta Lanny Amborowati, Yogya.

Mereka tergabung sebagai anak didik Klamb dengan pendampingan Lia Mustafa danl sepakat membuat project The New Normal Fashion On the Street.  Videographer dan Photographer dikerjakan oleh Efar Production dibawah Fauzan Armando, dengan MUA Helen Fransika

Fashion on The Street dilaksanakan secara mandiri ini biasanya dilaksanakan di Prawirotaman, kali ini tidak dilaksanakan secara langsung di lokasi tapi dipindahkan di Kotabaru tepat di depan Silol Cafe dan Kantor Dinas Pariwisata Kota Jogja yang juga turut mensupport kegiatan.

Pengambilan gambar The New Normal Fashion On the Street Kotabaru, adalah tempat yang strategis dengan keramaian dan mempunyai nilai keindahan dan sejarah tersendiri di kota Yogyakarta.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.