EVENT KULINER REVIEW

UNWTO World Forum on Gastronomy Tourism ke 6 Digelar Oktober 2021

MADRID, bisniswisata.co.id: Forum Dunia UNWTO ke-6 tentang Pariwisata Gastronomi akan berlangsung pada 31 Oktober – 2 November 2021 di Bruges, Belgia dengan tema ‘Pariwisata Gastronomi: Mempromosikan Pariwisata Pedesaan dan Pembangunan Regional’

“Tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang untuk membentuk kembali masa depan makanan dan pariwisata,”  Zurab Pololikashvili, Sekretaris Jenderal UNWTO.

Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) bersama Basque Culinary Center (BCC), VISITFLANDERS dan kota Bruges telah mengumumkan tanggal baru untuk forum dunia tentang Gastro itu.

Acara ini akan fokus pada kontribusi pariwisata gastronomi untuk integrasi sosial dan ekonomi.  Ini juga akan menyoroti potensi yang belum dimanfaatkan untuk penciptaan lapangan kerja, kohesi regional dan pertumbuhan berkelanjutan.  

Membangun kerja UNWTO dalam memajukan inovasi di sektor pariwisata, Forum ini juga merupakan kesempatan unik bagi para ahli dari seluruh bidang pariwisata gastronomi yang sedang berkembang untuk berbagi ide-ide baru dan praktik terbaik dan menempatkan kedua sektor di pusat rencana pemulihan.

Gastronomi terus membuktikan kemampuannya untuk membantu diversifikasi destinasi dan mendorong pembangunan ekonomi di destinasi di seluruh dunia.

Untuk menyambut dan menghubungkan peserta dari seluruh dunia, Forum akan diadakan dalam format hybrid.  Dengan cara ini, pertemuan delegasi di Concertgebouw of Bruges akan diikuti secara virtual oleh peserta dari setiap wilayah global melalui platform online khusus.

Gastronomi terus membuktikan kemampuannya untuk membantu diversifikasi destinasi dan mendorong pembangunan ekonomi di destinasi di seluruh dunia.  Hal ini terutama berlaku untuk masyarakat pedesaan yang dapat membantu melestarikan identitas dan keaslian tradisi lokal, kata Zurab Pololikashvili.

Joxe Mari Aizega, Direktur Basque Culinary Center, mengatakan bahwa “Kita saat ini berada dalam masa yang sangat menantang dan unik, dan komunitas pedesaan, inovasi dan kreativitas akan menjadi kunci keberhasilan transisi menuju skenario baru.

Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kontribusi seluruh rantai nilai gastronomi untuk masa depan, menghasilkan kerangka kelembagaan yang sesuai melalui kebijakan khusus.

Forum semacam ini sangat penting untuk mendorong proyek-proyek yang menghasilkan dan mengembangkan inisiatif gastronomi berkelanjutan yang mengubah dan memiliki dampak positif pada sektor ini.

Menteri Pariwisata Flemish, Zuhal Demir mengatakan pihaknya sangat menantikan untuk menyambut para peserta, baik secara langsung maupun online, untuk menjelajahi kuliner Bruges selama Forum di bulan November.  

Hal Ini adalah kesempatan besar bagi destinasi untuk bertukar pengalaman menghadapi masa-masa sulit dan menempatkan keahlian memasak dan pariwisata sebagai pusat dari rencana pemulihan.  Flanders, sebagai salah satu pusat gastronomi Eropa, siap memimpin masa depan pariwisata gastronomi yang berkelanjutan.

Forum ini telah diselenggarakan bersama oleh UNWTO dan BCC sejak 2015 dengan tujuan untuk mempromosikan pertukaran pengalaman antara para ahli di bidang pariwisata dan gastronomi, mengidentifikasi praktik yang baik dan mempromosikan pariwisata gastronomi sebagai pendorong pembangunan berkelanjutan.

Tentang BCC

Basque Culinary Center mewakili ekosistem unik di mana pelatihan, inovasi, penelitian, dan kewirausahaan hidup menjadi perhatiannya.

Kuliner berdampingan dengan tujuan mengembangkan dan mendorong keahlian memasak, yang dipahami sebagai pengetahuan beralasan tentang apa dan bagaimana kita makan.

Misinya berakar pada nilai-nilai seperti semangat, inovasi, keunggulan dan komitmen sosial.  Berlokasi di San Sebastian sejak September 2011, Basque Culinary Center adalah lembaga pelopor yang dibentuk oleh Fakultas Ilmu Gastronomi, dan Pusat Penelitian dan Inovasi di bidang gastronomi.

Pada tahun 2021 Basque Culinary Center merayakan hari jadinya yang ke 10.  Sejak awal, lembaga ini telah mengembangkan visi 360º tentang Gastronomi melalui berbagai inisiatif dan proyek.

“Tahun ini, kami merayakan pencapaian kami dan tantangan yang akan datang, selalu berakar pada nilai-nilai kami: semangat, orientasi terhadap keunggulan, inovasi dan komitmen sosial,”

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)