INTERNATIONAL NEWS

UNWTO Bersiap jadi Tuan Rumah KTT Pariwisata Pemuda Global Pertama 

MADRID, bisniswisata.co.id: KTT Pariwisata Pemuda Global UNWTO pertama akan membawa lebih dari 130 orang muda dari 60 negara ke Sorrento, Italia, minggu depan, memberi mereka platform unik untuk memainkan peran utama di masa depan sektor ini.

Acara ini, pertama dari jenisnya, diselenggarakan oleh UNWTO dan diselenggarakan di Italia bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Badan Pariwisata Nasional (ENIT). 

Hal ini akan menyatukan pemuda global berusia antara 12 dan 18 dengan para pemimpin dari seluruh sektor, termasuk politisi dan tokoh kunci dari dunia olahraga, keahlian memasak, hiburan dan inovasi.  

KTT telah menerima medali dari Presiden Republik Italia dan dukungan dari Departemen Kebijakan Pemuda dan Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional.

Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili mengatakan: “Wisata Pemuda Global akan merayakan dan memberdayakan generasi pemimpin pariwisata berikutnya.  

Ini akan membantu membangun warisan yang langgeng dengan membekali kaum muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk mengubah pariwisata tidak hanya di komunitas mereka tetapi di mana-mana”.

Dijadwalkan dari 27 Juni hingga 3 Juli 2022, KTT akan menampilkan enam kelas Master, di samping dua pembicaraan malam, serta simulasi Majelis Umum UNWTO dan sesi interaktif di mana peserta akan dapat terlibat langsung dengan PBB dan dengan Menteri Luar Negeri.  

Pariwisata dan pejabat tinggi lainnya dari Republik Demokratik Kongo, Kroasia, Jerman, Georgia, Albania, Azerbaijan, Kazakhstan, Maladewa, Spanyol, Montenegro, Sao Tome & Principe, Yaman dan banyak Negara Anggota UNWTO lainnya.

Ini akan membantu membangun warisan yang langgeng dengan memberikan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan kaum muda untuk mengubah pariwisata tidak hanya di komunitas mereka tetapi di mana-mana

Menteri Pariwisata Italia, Massimo Garavaglia, menambahkan: “Pemerintah Italia bangga menjadi tuan rumah Kongres Pariwisata Pemuda Dunia pertama di Sorrento.  

Kami yakin bahwa ide dan proposal akan muncul yang dapat memberi saran kepada pemerintah tentang cara meningkatkan penawaran pariwisata global dan membuatnya lebih dekat dengan kebutuhan wisatawan baru”.

Alessandra Priate, Direktur UNWTO untuk Eropa, menambahkan: Pariwisata memberikan kesempatan kepada kaum muda. Tetapi kaum muda memberikan kesempatan kepada pariwisata untuk menjadi lebih kuat dan lebih tangguh. 

“Kami sangat bangga dengan generasi pertama GYTS-ers, yang sudah menunjukkan kemampuan mereka.  janji dan komitmen untuk mengubah pariwisata, dimulai dari komunitas lokal mereka”.

Roberta Garibaldi, CEO ENIT, mengatakan: “Sinergi yang dapat diciptakan dalam pertukaran antara generasi di bawah 19 dan organisasi pada level playing field tidak lain adalah baik untuk pariwisata, untuk melihat ke masa depan dengan mata baru dan  ide-ide yang berpikiran maju.  Kami bahkan lebih bersemangat daripada orang-orang muda yang akan kami temui” kata Alessandra Priate,

Keberlanjutan, pembangunan pedesaan, keahlian memasak dan inovasi

KTT akan fokus pada beberapa tantangan dan peluang utama yang dihadapi pariwisata global saat ini, dengan penekanan pada peran sektor ini dalam mencapai Agenda PBB 2030 dan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). 

Ini akan mencakup tinjauan mendalam tentang keanekaragaman hayati, yang akan diselenggarakan bekerja sama dengan Marevivo dan MSC Foundation.  

Peserta akan bertamasya ke Kawasan Konservasi Laut Punta Campanella, untuk melihat secara langsung bagaimana pariwisata membantu melindungi wilayah pesisir dan keanekaragaman hayati.  

Ini akan dilengkapi dengan studi yang lebih dalam tentang teknik laut dan navigasi, dengan MSC Foundation memberikan gambaran tentang peran penting industri pelayaran bagi ekonomi lokal dan nasional.

Mencerminkan fokus UNWTO yang lebih luas pada inovasi dan transformasi digital pariwisata, KTT ini juga akan menampilkan sesi khusus yang berfokus pada keamanan online, yang diselenggarakan bekerja sama dengan sesama badan PBB, ITU (International Telecommunication Union), serta pembicaraan tentang pariwisata virtual dan  Metaverse, diselenggarakan dalam kemitraan dengan Meta.  

Bersamaan dengan itu, Forum Pangan Dunia (difasilitasi oleh organisasi pertanian PBB, FAO) akan menjadi tuan rumah debat tentang solusi untuk mengurangi limbah makanan di bidang pariwisata.

Di antara pembicara internasional yang akan ambil bagian dalam GYTS adalah Utusan Pemuda PBB Jayathma Wickramanayake, serta Duta Besar Pariwisata Bertanggung Jawab UNWTO Valeria Mazza, Didier Drogba, Gino Sorbillo, Pilar Rodriguez. 

Mewakili sektor swasta akan menjadi tokoh terkemuka dari Mastercard dan Hilton Group, sebagqi sponsor acara.  Para peserta yang akan berbicara secara virtual adalah Yang Mulia Paus Fransiskus, Sophia Loren, Eliza Jane Reid (Ibu Negara Islandia dan Duta Besar UNWTO), Diego Simeone, Fernando Hierro, Direktur Jenderal FAO Qu Dongyu, 

Presiden Majelis Umum PBB, Abdulla  Shahid dan Komisaris Eropa, Mariya Gabriel bertanggung jawab untuk pemuda.  Juga bergabung secara virtual adalah Duta Besar UNWTO dan pengusaha Pansy Ho, yang akan berbagi pengalaman pribadinya di dunia perjalanan dan pariwisata dan untuk membahas mengapa inovasi merupakan bagian penting dari masa depan pariwisata yang berkelanjutan.

Orang-orang muda menunjukkan janji

Mengingat peran GYTS sebagai platform permanen UNWTO untuk pemuda dan pariwisata, dalam persiapan untuk Sorrento, para pemuda yang berpartisipasi dipersiapkan melalui webinar yang memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi, bersama dengan para pemberi pengaruh global dan pakar terkemuka, prinsip-prinsip keberlanjutan, pariwisata  dan multilateralisme.

UNWTO menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada banyak sponsor dan mitra yang memungkinkan acara ini: Comune di Sorrento, Regione Campania, Mastercard, Qatar Foundation, Hilton Hotels & Resorts, Pusat Penelitian Ekonomi Pariwisata Global, Aeroporti di Roma, Institut Pendidikan Tinggi Bella Vista  , Dewan Pariwisata Azerbaijan PLE, AirEuropa, dan Ferrero.

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)