Under, Restoran Bawah Laut Pertama di Eropa

0
177
Under, Restoran bawah laut di Norwegia (Foto: Repro Google)

OSLO, bisniswisata.co.id: Sebuah kota kecil di pesisir selatan Norwegia membuka sebuah restoran yang unik dan terhitung langka di dunia. Restoran itu berada di dalam kedalaman laut. Restoran bawah laut ini, pertama di kawasan Eropa. Dengan lebar mencapai hampir 11 meter dan tinggi 4 meter dan terdiri dari tiga tingkat, restoran ini diharapkan dapat menampung sampai 100 pengunjung.

Dibuka Rabu (20/09/2019) langsung diserbu. Tercatat ada sekitar 7 ribu orang yang memesan kursi untuk menikmati makan sambil menyaksikan suasana dalam laut yang terlihat jelas dari dinding kaca bening restoran.

Restoran yang berlokasi di selatan Norwegia tampak seperti tabung besar yang sebagian tubuhnya tenggelam di dalam Laut Utara. Restoran yang diberi nama Under atau artinya heran dalam bahasa Norwegia didisain perusahaan arsitek Norwegia, Snoehetta. Perusahaan ini tercatat membangun Opera House di Oslo dan Museum Mengenang 11 September di New York.

“Daya tariknya hanyalah gerakan dari atas air ke bawah air melalui bangunan ini. Jendela besar memperlihatkan bawah air tidak seperti di akuarium, ini hal nyata,” kata pendiri Snoehetta Kjetil Traedal Thorsen, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (21/03/2019).

Lebih dari separuh strukturnya berada di bawah air. Para tamu yang datang masuk melalui daratan lalu menuruni tangga dan melewati bar sampanye ke bagian bangunan restoran yang berada di bawah air.

Restoran ini menyajikan aneka menu makanan laut segar. Chef Nicolai Ellitsgaard akan fokus makanan lokal segar, termasuk jamur, buah beri burung laut dan domba dari lokasi terdekat.

Butuh waktu sekitar enam bulan untuk membangun restoran. Bangunan beton yang dibangun di daratan itu dirancang untuk bagian dari ekosistem laut dan tidak membahayakan mereka. Bangunan ini pun akan berfungsi ganda sebagai pusat penelitian kelautan di luar jam operasional restoran dan dinding betonnya akhirnya akan menjadi karang buatan.

Jika mencari pengalaman bersantap fantastis di bawah laut, para arsitek restoran menyarankan untuk memeriksa ramalan cuaca sebelum membuat reservasi. Ternyata, menurut mereka, makan di restoran tersebut di tengah-tengah cuaca buruk justru akan memberikan pemandangan yang luar biasa indah di bawah laut,

“Saya pikir pengalaman paling menarik adalah mengunjungi restoran selama cuaca buruk. Akan sangat fantastis melihat permukaan laut dipecah oleh ombak besar dan hujan, membuat pemandangan sangat dramatis, meski pun Anda masih akan merasa aman dan santai di dalam restoran,” ujar Rune Grasdal, salah satu arsitek restoran.

Makan di restoran ini cukup mahal mencapai US$ 430 untuk satu orang dan sudah termasuk minum. Di dunia hanya ada beberapa restoran dalam laut di seluruh dunia dan sebagian besar restoran berada di perairan tropis seperti Maladewa dan Samudera India juga di Arab Saudi.

Restoran bawah laut lainnya yang sudah ada:

#. Al Mahara

Restoran ini terletak di Burj Al Arab, Dubai dimana dari lantai sampai langit-langitnya terbuat dari kaca.

#. Sea.
Restoran yang terletak di Anantara Kihavah Villas, Maldives ini yang dikelilingi oleh dinding kaca dimana konsumen dapat melihat kehidupan di Laut India.

#. Ithaa
Ithaa merupakan restoran bawah laut yang terbuat dari gelas pertama dunia, yang letaknya sekitar 5 meter di bahwa permukaan laut dengan pemandangan 180 derajat. Restoran ini merupakan bagian dari Hotel Conrad Maldives Rangali Island. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.