UEA: EIAC Menyelesaikan Dekade Pertama Pengakuan Internasional

0
16

DUBAI, bisniswisata.co.id: Pusat Akreditasi Internasional Emirates (EIAC) memulai langkahnya untuk menjadi organisasi global sejak memperoleh pengakuan internasional dari organisasi akreditasi internasional ILAC, IAF, ARAC, dan APAC. 

Langkah dan capaian tersebut terus berlanjut meski dunia menghadapi tantangan akibat penyebaran pandemi COVID -19. Dilansir dari Halalfocus.net, EIAC memiliki banyak stasiun dan transfer kualitatif yang terjadi di banyak bidang akreditasi. 

Hal yang paling penting adalah memperoleh pengakuan internasional di semua bidang, dan ekspansi di area baru, tidak hanya di UEA, tetapi telah melampaui tingkat regional. 

Baru-baru ini memperoleh pengakuan internasional di bidang akreditasi lembaga sertifikasi untuk individu, sistem kesehatan dan keselamatan kerja, dan keamanan informasi.

Dawoud Al Hajri, Ketua Dewan EIAC, mengatakan: “Nama UEA telah dikaitkan dengan pencapaian ini karena EIAC telah menjadi badan akreditasi Arab dan regional pertama yang memperoleh pengakuan ini. 

“Ini sebagai pemenuhan komitmen kami kepada masyarakat dan mengikuti percepatan perubahan yang membayangi berbagai aspek kehidupan.”

EIAC telah menambahkan perubahan cepat pada rencana kerja untuk memenuhi kebutuhan mitra dan otoritas pengatur yang diperlukan di bidang kesehatan masyarakat dan bidang medis seperti akreditasi laboratorium pemeriksaan kesehatan di bidang RT PCR dan pengujian antibodi, Al Haji.

EIAC juga memberikan akreditasi kepada laboratorium penguji untuk efisiensi bahan sterilisasi dan keamanan alat pelindung diri, dan lembaga inspeksi untuk efisiensi sistem sterilisasi dan kesehatan masyarakat, serta pemberian sertifikat sistem manajemen kelangsungan bisnis, katanya .

Dawoud Al Hajri menambahkan bahwa karya akreditasi yang diberikan oleh EIAC telah menjadi sistem mutu dan kesesuaian yang terintegrasi secara nasional dan internasional, yang merupakan salah satu stasiun penting dari pusat dalam memperoleh pengakuan internasional pada tahun 2009.

EIAC memulai perjalanannya sebagai departemen akreditasi penilaian kesesuaian di Kotamadya Dubai sampai ia menyaksikan peluncuran barunya sebagai EIAC dengan Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden, Perdana Menteri dan Penguasa Dubai yang mengeluarkan undang-undang pendirian pusat di 2015.

Keputusan tersebut menunjuk anggota Dewan EIAC, yang manajemennya termasuk perwakilan dari otoritas lokal dan federal terkait dengan sistem kualitas dan kesesuaian di tingkat negara bagian. 

Hal Itu berdampak signifikan pada pencapaian peran yang saling melengkapi dengan badan-badan ini, memperkaya pekerjaan EIAC dan mencapai tujuannya, ”kata Al Hajri.

EIAC No. 1 secara regional dan internasional

Dia menambahkan pencapaian EIAC selaras dengan sistem pengembangan proses kerja di emirat Dubai dan negara di mana pusat membentuk pilar mendasar dalam mencapai internasionalisasi dalam hal persetujuan penilaian kesesuaian.

Diterjemahkan dalam Rencana Dubai 2021 menuju kemajuan Dubai sebagai tujuan global di berbagai tingkatan, yang menghasilkan kualifikasi sebagai lingkungan yang subur untuk investasi dan negara yang merangkul sejumlah besar badan penilaian kesesuaian, yang hasilnya diakui di tingkat regional.

Amina Ahmed, Direktur Eksekutif EIAC, menambahkan bahwa jumlah lembaga yang disetujui oleh EIAC telah mencapai 920, termasuk laboratorium medis, laboratorium pengujian dan kalibrasi, lembaga inspeksi, lembaga sertifikasi kesesuaian dan lembaga pemberi sertifikat Halal.

Pekerjaan EIAC difokuskan pada pencapaian pilar rencana strategis Emirat, termasuk penerapan standar kesehatan, keselamatan dan lingkungan dan promosi pengakuan internasional sebagai modal global ekonomi Islam. 

Hal ini mengakibatkan EIAC mencapai posisi nomor satu secara global melalui akreditasi jumlah badan kesesuaian terbesar dan badan pemberi sertifikat Halal untuk produk makanan dan kosmetik.

 EIAC telah menjangkau 61 destinasi di lebih dari 42 negara, dan jumlah ini sangat mendukung infrastruktur untuk kenyamanan dan kelancaran impor barang di Emirat Dubai dalam persiapan menyambut Expo 2021 kami pada bulan Oktober tahun ini,” tambah Ahmed.

Pusat Akreditasi Internasional Emirates (EIAC) juga menyelenggarakan sertifikasi produk halal.

Memperluas area pengakuan internasional

Perlu dicatat bahwa EIAC telah mencapai pengakuan internasional sejak 2009, dan upaya telah berhasil pada tahun 2020 dengan memperoleh pengakuan internasional di tiga bidang baru, yang mencakup lembaga sertifikasi untuk individu sebagai salah satu bidang terpenting pengembangan dan kualifikasi sumber daya manusia. 

Termasuk tugas-tugas teknis dan administratif, sesuai dengan persyaratan yang ditentukan dengan cermat yang menguntungkan berbagai sektor pekerjaan.

EIAC telah menyetujui 27 lembaga sertifikasi untuk individu di bidang Pengawas Keamanan Pangan, Pengawas Kesehatan untuk Akomodasi Tenaga Kerja, Operator Derek dan Mesin di Lokasi Konstruksi dan Pabrik, Operator Permainan di Fasilitas Rekreas.

Sertifikasi juga untuk para penjaga di Kolam Renang dan Permainan Air, lembaga sertifikasi untuk Keselamatan Kerja Sistem sesuai persyaratan standar internasional ISO 45001 yang merupakan versi terbaru dalam sistem manajemen keselamatan kerja.

Ini sebagai standar untuk pemberian sertifikat keselamatan kepada institusi dan perusahaan yang memiliki kepentingan dalam sistem keselamatan kerja di lingkungan instansi pemerintah dan swasta untuk dilaksanakan langkah-langkah keamanan publik guna  memerangi penyebaran virus COVID -19. 

Pengakuan terbaru juga termasuk EIAC memperoleh pengakuan internasional untuk akreditasi lembaga sertifikasi Sistem Keamanan Informasi sesuai dengan persyaratan standar internasional ISO 27001, yang merupakan standar untuk pemberian sertifikat sistem keamanan informasi.

Lompatan dan pencapaian kualitatif selama tahun 2020

Terlepas dari dampak penyebaran virus Corona baru, EIAC telah membuat banyak prestasi dalam mengakreditasi lembaga penilaian kesesuaian selama tahun 2020, karena pusat menerima 95 aplikasi baru di semua bidang akreditasi.

Hal ini mencerminkan pentingnya memperoleh akreditasi dan kepercayaan dari badan penilaian kesesuaian lokal dan internasional dalam layanan EIAC meskipun ada beberapa dampak ekonomi.

Sektor laboratorium merupakan yang terbesar dalam hal jumlah laboratorium yang telah memperoleh akreditasi karena meningkatnya permintaan layanan akreditasi di bidang medis sesuai persyaratan ISO 15189 dan bidang RT PCR dan tes antibodi untuk virus COVID-19.

Selain meningkatnya permintaan untuk akreditasi laboratorium pengujian kimia dan biologi untuk bahan sterilisasi dan efisiensinya dalam menghilangkan mikroba dan virus di permukaan, dan di laboratorium untuk peralatan pelindung diri dan keselamatan.

EIAC juga memperluas layanan akreditasinya untuk perusahaan sertifikasi halal di seluruh dunia, yang mencakup banyak negara, termasuk Brasil, Irlandia, Thailand, Slovenia, Jepang, Australia, dan Prancis. 

Akreditasi ini berdampak positif terhadap kesiapan kesesuaian Halal produk negara-negara tersebut, yang tercermin dari kemudahan prosedur pengeluaran barang.

Selain itu, negara lain yang disetujui untuk bergabung dengan sistem ini termasuk Rusia, Yunani, Ukraina, Chili, dan Argentina. Tindakan ini berfokus pada mendukung rencana negara dan emirat, sistem kesehatan, keselamatan dan lingkungan serta ekonomi Islam.

Selain itu EIAC memiliki peran regional dalam mendukung intra-perdagangan dan menghilangkan hambatan teknis di depan produk dan layanan yang diekspor dan diimpor ke emirat dan UEA, yang dicapai melalui visi yang jelas.

Proyek Transformasi Digital

Sejalan dengan tren pemerintah dalam transformasi digital cerdas, situs web baru EIAC diluncurkan pada Juni 2020 sebagai salah satu layanan elektronik dalam proyek transformasi digital bekerja sama dengan Emirates Integrated Telecommunications Company (du).

Perjanjian untuk proyek transformasi digital untuk layanan akreditasi juga ditandatangani untuk kepentingan sebagian besar mitra dan pelanggan EIAC di tingkat lokal dan internasional.

Markas baru

Sebagai tahap baru untuk ekspansi EIAC dibisnis dan tugas, telah pindah ke kantor pusat baru yang terletak di area Dubai World Trade Center, kompleks gedung One Central, setelah menghabiskan hampir 20 tahun di bawah payung Kotamadya Dubai.

Pencapaian EIAC juga ditandai dengan penambahan area baru di bawah payungnya, yang diwakili oleh peluncuran layanan akreditasi untuk lembaga sertifikasi untuk sistem BCMS di bawah payung pengakuan internasional IAF MLA, dan penyediaan layanan akreditasi untuk inspeksi baut dan baut jangkar.

Ada di fasilitas rekreasi dan area permainan menurut standar internasional ISO/IEC 17020 di bawah payung pengakuan internasional ILAC MRA dari Organisasi Internasional untuk Akreditasi Laboratorium dan Badan Inspeksi.

Wajar bagi EIAC untuk memainkan perannya, dan untuk berpartisipasi dalam upaya besar yang dilakukan oleh semua sektor negara untuk menahan dan mengatasi dampak virus COVID -19, karena pusat tersebut meluncurkan sejumlah layanan akreditasi cepat dalam keadaan luar biasa dengan tujuan melayani sektor medis dan sistem kesehatan dan keselamatan masyarakat. 

Peran tersebut terlihat dalam upaya memerangi dampak penyebaran virus Covid-19 yang dimulai pada 1 Maret 2020, saat EIAC menganalisis situasi berdasarkan data dan variabel yang disaksikan dunia, dan menemukan cara alternatif untuk melanjutkan. 

Pekerjaan, terutama evaluasi lapangan dari badan penilaian kesesuaian mengingat tantangan ini. 

Setelah WHO menyatakan COVID -19 sebagai pandemi internasional, EIAC membentuk kelompok publik darurat untuk kelangsungan bisnis untuk memastikan bahwa tidak ada layanan yang terganggu. 

EIAC memiliki peran nyata dalam mendukung program sterilisasi nasional dan mendukung otoritas pengawas dan eksekutif dalam menjalankan tugasnya, dengan mengadopsi badan penilaian kesesuaian yang beroperasi di bidang medis dan kesehatan masyarakat.

Perlu dicatat bahwa Dewan Direksi EIAC terdiri dari seorang ketua, yang diwakili oleh Direktur Jenderal Kota Dubai dan wakil ketua yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Dewan Kualitas dan Kesesuaian Abu Dhabi.

Selain itu ada anggota yang mewakili Kementerian Ekonomi. , Kementerian Perubahan Iklim dan Lingkungan, Departemen Pembangunan Ekonomi, Dubai, Pusat Pengembangan Ekonomi Islam Dubai, Otoritas Emirates untuk Standardisasi dan Metrologi, Otoritas Kesehatan Dubai, Kamar Dagang dan Industri Dubai, Kota Ras Al Khaimah dan Direktur Eksekutif EIAC.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.