HALAL LIFESTYLE NEWS

Turki Buka Pabrik Gelatin Terbesar di Eropa

ISTANBUL, bisniswisata.co.id: Menteri Perindustrian dan Teknologi Mustafa Varank meresmikan fasilitas “Halavet Gida”, kapasitas produksi gelatin terbesar di Eropa, di Gerede OSB.  

Menteri Varank mencatat bahwa dengan fasilitas baru Halavet Gida, Turki akan memiliki pangsa ekspor dunia yang jauh lebih besar, dan menyatakan bahwa mereka mengharapkan omset pabrik pada tahun 2021 melebihi 80 juta dolar dan total lapangan kerjanya menjadi lebih dari 180.

Dilansir dari halalfocus.net, mengevaluasi angka pertumbuhan kuartal pertama tahun 2021, Menteri Varank mengatakan, “Kami mencapai tingkat pertumbuhan yang serius sebesar 7 persen pada kuartal pertama tahun ini.  

” Dalam laporan terbaru yang diterbitkan oleh OECD, ekonomi Turki diprediksi menjadi salah satu ekonomi yang akan menunjukkan pemulihan terkuat.” katanya.

Produksi kolagen pertama Turki

Varank menyatakan bahwa mereka telah resmi membuka pabrik terbesar di Eropa dalam hal kapasitas produksi gelatin makanan, yang dirancang dan dilaksanakan oleh Halavet Gida dengan perspektif visioner.  

Produksi kolagen pertama di Turki dibuat oleh Halavet Gida pada tahun 2012. “Perusahaan kami, yang telah membalikkan tingkat impor dan ekspor dengan produksi gelatin dan kolagen daging sapi, diharapkan akan memungkinkan Turki untuk mendapatkan bagian yang jauh lebih besar dari  ekspor dunia dengan fasilitas baru ini.” kata Varank.

Kekuatan untuk ekonomi

 Varank menjelaskan bahwa pabrik perusahaan di Tuzla, yang mengekspor 2020 persen dari omset US$56 juta dolar yang dicapai di 60, mengekspor ke 60 negara, dan bahwa pabrik ini, yang didirikan dengan investasi US$25 juta akan menambah kekuatan baik untuk perusahaan dan ekonomi Turki.  

Pabrik yang akan berproduksi untuk sektor farmasi, makanan, kesehatan dan kosmetik ini telah dimulai dengan kapasitas produksi edible gelatin tahunan sebesar 80 ribu ton yang awalnya akan mempekerjakan 7 orang, Varank mengatakan pada tahun 2022 akan memasang line  kolagen baru kapasitas tahunan 5 ribu ton, dan targetnya adalah meningkatkan produksi yang 90% di antaranya untuk diekspor.

Produksi dan ekspor 

Pihaknya mengharapkan omset 2021 melebihi US$80 juta dolar dan total lapangan kerja menjadi lebih dari 180 dengan pabrik. “Sebagai Kementerian, kami tidak pernah meninggalkan perusahaan sukses seperti itu sendirian. Sebelumnya pemerintah telah menerbitkan sertifikat insentif investasi untuk pabrik Halavet Gida di Tuzla, serta untuk pabrik ini.  Sebagai pejabat pemerintah, dia bertekad untuk menjaga agenda Turki pada investasi, pekerjaan, produksi dan ekspor, kata Varank. 

“Kami membuka salah satu contoh terbaik dari ini.  Jadi apakah itu cukup?  Saya tidak berpikir begitu.  Saya percaya bahwa pusat R&D akan sesuai dengan Halavet Gida, yang memulai petualangan gelatinnya dengan studi R&D, dengan dukungan dari pelayanan kami.” tambahnya.

 Sertifikat halal

Halavet Gida memiliki sertifikat sertifikasi halal dari banyak organisasi internasional, terutama TSE, di pabriknya di Tuzla. Varank berharap fasilitas yang kami buka ini akan mendapatkan sertifikat halal dengan selesainya proses produksi dan  pembuatan arsip arsip yang dapat diperiksa.

Menteri Varank menunjukkan bahwa perdagangan dunia telah melalui ujian besar karena krisis 2008, konflik regional, pemanasan global dan pandemi global.

“Meskipun iklim negatif di dunia, kami berhasil menutup tahun 2020 dengan pertumbuhan positif.  Pada kuartal pertama tahun 2021, kami mencapai tingkat pertumbuhan yang serius sebesar 7 persen.  Dalam laporan terbaru yang diterbitkan oleh OECD, ekonomi kita diprediksi menjadi salah satu ekonomi yang akan menunjukkan pemulihan terkuat.”

 Sumber daya 55 juta Lira

 Menurut Varank,  ekspor gelatin senilai US$2 miliar dibuat di dunia sesuai dengan angka tahun lalu dan bahwa Turki hanya bisa mendapatkan 46 persen pangsa dari ekspor ini dengan nikai US$2,3 juta.

 “Kami telah memasukkan produksi gelatin dalam  lingkup investasi teknologi menengah-tinggi, kami memanfaatkan dukungan wilayah ke-4 kami.  Melalui TÜBITAK, kami telah mentransfer 100 juta TL sumber daya ke 55 proyek di sektor makanan, terutama dalam produksi gelatin dan protein yang dapat dimakan.  

Di TÜBITAK MAM Food Institute, kami melaksanakan proyek R&D pada produksi bernilai tambah dan transfer teknologi.  Mudah-mudahan, kami akan terus berjalan dengan percaya diri menuju tujuan kami untuk Turki yang hebat dan kuat dengan persatuan kekuatan antara sektor publik, universitas, dan swasta

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)