Tips Memperoleh Hotel Murah saat Liburan

0
25
Hotels

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Liburan Akhir tahun hampir dekat. Saat sedang berlibur, tentu ingin mendapatkan pelayanan dan tempat tinggal yang nyaman untuk istirahat. Terutama jika ingin istirahat layaknya seorang yang tidak mau diganggu atau terganggu oleh pekerjaan, Anda harus memilah fasilitas yang tepat agar perjalanan bisa lancar dan sesuai ekspektasi.

Sayangnya tidak semua bisa terwujud akibat finansial atau keuangan yang tidak melimpah. Ya harus bisa mengaturnya sedemikian rupa dan salah satunya adalah penginapan ketika sedang liburan. Lalu bagaimana menemukan penginapan murah? Juga tiket transportasi, dan kepastian akomodasi atau hotel tempat Anda menginap.

Kadangkala masalah hotel menjadi kendala karena di musim liburan harganya menjadi naik padahal uang Anda pas-pasan. Lantas, bagaimana caranya agar Anda bisa tetap liburan dengan menginap di hotel murah tapi tidak murahan. Berikut tipsnya menurut Wikihow.com, Senin (18/11/2019) :

Memakai agen penjual sewa hotel

Sebagian besar situs perjalanan bisa digunakan untuk mencari penawaran harga spesial dari hotel. Tetapi bukan berarti seluruh situs memberikan informasi yang sama. Sebelum melakukan pemesanan, sebaiknya Anda coba periksa tiga atau lebih situs perjalanan lagi.

Mengikuti loyality program

Hubungi hotel favorit Anda untuk mencari tahu apakah mereka menawarkan loyalty program atau tidak. Fairmont, Hilton, Hyatt, Joie de Vivre, Kimpton, Marriott, Starwood dan banyak hotel besar lainnya memberikan penawaran khusus kepada para pelanggan setia. Hubungi bagian pelayanan pelanggan untuk mencari tahu program apa yang mereka tawarkan.

Membuat paket akomodasi

Gunakan maskapai penerbangan yang Anda gunakan untuk memesan kamar hotel. Anda bisa mendapatkan penawaran yang baik untuk hotel, transportasi dari bandara ke hotel, sewa mobil dan lain-lain dengan menggabungkan pemesanan tiket pesawat dengan hal-hal ini.

Minta diskon

Hubungi hotel atau mendatangi tempat secara langsung dan coba menawar untuk mendapatkan akomodasi dengan harga lebih murah. Sampaikan berapa harga yang Anda inginkan kepada pihak hotel. Katakan pada mereka jika Anda ingin memeriksa apakah mereka berkenan memberikan penawaran kepada Anda sebelum Anda pindah ke hotel lain.

Cari Voucher Hotel

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah rajinlah mencari voucher hotel jauh-jauh hari sebelum melakukan liburan. Manfaat merencanakan jauh-jauh hari adalah agar banyak promo dan juga voucher yang diberikan hotel atau tempat menginap untuk Anda. Bahkan jika Anda sudah yakin dengan penginapan tersebut, segeralah memesan dari jauh-jauh hari. Maka ini akan mengurangi biaya, bahkan hingga setengahnya. Sebab, jika Anda booking dalam waktu dekat untuk liburan, biasanya harga akan sangat mahal, dan hal utamanya tidak ada potongan harga atau diskon yang didapatkan.

Hal ini banyak dilakukan para backpacker jika mereka menginginkan hotel layak dan fasilitas juara, namun keuangan pas-pasan. Karena liburan tentu perlu rencana, mereka tidak akan takut untuk melakukan booking penginapan dari jauh-jauh hari. Nah, Anda bisa mengikuti cara mereka dan carilah voucher di internet atau tempat lainnya. Hotel sering melakukan kerjasama dan menyebar voucher potongan harga hingga gratis menginap satu atau dua malam di hotel tersebut.

Langganan Situs Online Khusus

Sekarang ini semua hal sudah modern termasuk masalah liburan dan fasilitas lainnya. Bahkan hal seperti ini bisa diurus dalam waktu sekejap saja tanpa harus pergi ke hotelnya atau menghubungi customer service dan lainnya. Gunakan aplikasi online khusus untuk pesan hotel yang sangat mudah digunakan dan bisa dilakukan di gadget atau komputer Anda. Selain itu, karena adanya kerja sama maka tak jarang beberapa situs menyediakan diskon atau potongan harga khusus untuk para pelanggan yang memesan hotel lewat aplikasi atau situs mereka. Tak tanggung-tanggung, mereka juga sering memberikan hadiah untuk para member baru atau yang baru pertama kali menggunakan situs online tersebut.

Waktu Off Season

Jika Anda bekerja mungkin hal ini bisa diatur, namun jika masih bersekolah memang agak sulit karena ketika musim liburan sekolah, biasanya harga penginapanpun akan naik. Salah satu cara menghemat dan mendapatkan harga yang murah adalah mengambil liburan ketika off season atau saat bukan masa liburan. Bahkan Anda tetap bisa mendapatkan harga penginapan yang lebih murah di musim liburan bila sudah memesan dari jauh-jauh hari. Namun pastinya akan jauh lebih murah ketika memesan penginapan untuk liburan di saat hari kerja (weekday).

Carilah Homestay

Solusi selanjutnya untuk mendapatkan penginapan yang murah dan nyaman adalah carilah homestay, hostel atau sejenisnya. Jika Anda terbiasa dengan hotel bintang 5 namun uang tidak memungkinkan, maka jangan memaksakan diri. Ketika liburan, tempat penginapan memang menjadi hal yang paling penting. Tapi ketika Anda sedang liburan dengan bujet terbatas, pilihlah penginapan murah namun layak dan sesuai dengan kantong. Ada banyak banyak penginapan yang tergolong murah namun fasilitas masih dianggap layak bahkan bagus. Anda hanya perlu rajin mencarinya dan berselancar di internet untuk menemukannya.

Jauhi Area Wisata

Terakhir, tips untuk mendapatkan penginapan yang murah menjauhi tempat wisata dan carilah penginapan di area perhotelan biasa. Di mana beberapa orang justru melakukan kesalahan dengan memilih atau mencari hotel disekitar tempat wisata. Tentu saja hotel yang berada di lokasi wisata harganya mahal karena lokasinya strategis. Pilihlah yang agak jauh namun jangan terlalu jauh sampai keluar dari area wisata. Nah, Anda bisa mencari di area perkampungan atau perumahan penduduk. Pasti Anda akan mendapatkan harga penginapan yang murah.

Rencanakan Liburan dengan Baik

Jika semua cara mendapatkan penginapan murah sudah dilakukan, maka Anda sudah berhasil mengurangi kemungkinan banyaknya biaya yang keluar ketika melakukan perjalanan atau liburan. Jika masih ingin menekan biaya liburan, Anda bisa menggunakan tips ini untuk hal lainnya seperti transportasi, atau untuk membeli oleh-oleh yang terkadang melewati batas. (Wikihow.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.