NEWS

Thailand: Pendapatan Pariwisata 2023 Akan Jadi 80% dari tingkat pra-COVID

Banyak turis terlihat di bandara internasional Suvarnabhumi di Bangkok pada 11 September (Foto: Ken Kobayashi)

Lebih dari 1 juta wisman diperkirakan mengunjungi kerajaan pada bulan September saja

BANGKOK, bisniswisata co.id:  Pemerintah Thailand mengharapkan pendapatan pariwisata tahun depan mencapai 2,38 triliun baht (US$64,5 miliar), sekitar 80% dari sebelum pandemi COVID-19.

Skenario kasus terbaik adalah turis asing pengeluarannya turun 1,5 triliun baht saat mereka berada di dalam negeri dan turis domestik menambah 880 miliar baht, menurut juru bicara pemerintah Anucha Burapachaisri.

“Kami berada di jalur pemulihan dan pemerintah mengakui bahwa rencana penyesuaian operasi bisnis maskapai akan sejalan dengan peningkatan jumlah wisatawan, terutama selama high season akhir tahun,” tambahnya.

Sektor ini telah lama menjadi mesin pertumbuhan utama, menyumbang sekitar 18% dari produk domestik bruto.  Pada 2019, Thailand menyambut 39 juta turis yang menghabiskan 3,4 triliun baht (US$91 miliar).  Setahun kemudian, turis asing menyumbang hanya 332 miliar baht ke dalam ekonomi Thailand ketika pandemi melanda seluruh dunia dan banyak negara lockdown.

Tetapi sektor ini telah pulih sejak Juli, ketika pemerintah memutuskan untuk membuka kembali negara itu sepenuhnya, kata Anucha.

 Untuk tahun ini, Otoritas Pariwisata Thailand mengharapkan antara 7 juta dan 10 juta wisatawan asing, dengan lebih dari 1 juta diharapkan bulan ini saja.  Angka itu diperkirakan akan terus meningkat di setiap tiga bulan sisa tahun ini.

 

Evan Maulana