Terombang-ambing 10 Jam, Turis Inggris Jatuh dari Kapal Pesiar

0
340
Norwegian Cruise Line

ZAGREB, bisniswisata.co.id: Seorang turis wanita asal Inggris dilaporkan selamat setelah jatuh dari kapal pesiar di lepas pantai Kroasia, kata penjaga pantai negara itu. Dikutip laman BBC, Senin (20/8/2018), insiden sangat tragis ini terjadi pada Sabtu 18 Agustus, sekitar tengah malam waktu setempat.

Para pejabat mengatakan wanita berusia 46 tahun itu berhasil diselamatkan, setelah 10 jam terapung bahkan terombang-ambing di lautan Adriatik, sekitar 60 mil dari lepas pantai Kroasia.

Wanita itu, yang menurut laporan surat kabar setempat diketahui bernama Kay Longstaff, segera dibawa ke rumah sakit di kota Pula, sesaat setelah berhasil diselamatkan dari lautan.

Longstaff mengaku jatuh dari bagian buritan kapal, dan “sangat beruntung bisa hidup,” lontarnya. Kini ia berada di bawah pengawasan kedutaan besar Inggris di ibu kota Kroasia, Zagreb.

Dilanjutkan, kebiasaanya melakukan yoga, membantunya mengatur nafas dan keseimbangan selama terombang-ambing di lautan, hingga kurang lebih 10 jam, sebelum ditemukan oeh regu penyelamat.

Berbicara kepada saluran berita Kroasia HRT, setelah meninggalkan kapal patroli penjaga pantai Cavtat, dia menambahkan, “Saya berada di dalam air selama 10 jam, dan orang-orang hebat ini membantu menyelamatkan saya.”

Kapten kapal penyelamat, Lovro Oreskovic, mengatakan dia ditemukan pada hari Minggu dengan konsisi “kelelahan”. “Kami sangat senang karena menyelamatkan nyawa manusia.” paparnya.

Sebuah pernyataan dari Norwegian Cruise Line menegaskan bahwa seorang tamu telah jatuh ke laut, saat kapal sedang dalam perjalanan dari Vargarola ke Venesia. “Kami bersyukur memberi tahu bahwa tamu tersebut ditemukan hidup, saat ini dalam kondisi stabil, dan telah dibawa ke darat di Kroasia untuk perawatan lebih lanjut,” lanjutnya.

Pihak pengelola kapal pesiar mengatakan tamunya yang berkewarganegaraan Inggris itu telah berada dalam kondisi aman, dan segera bersatu kembali dengan teman dan keluarganya.

Pihak kementerian luar negeri Inggris mengaku masih berkoordinasi dengan otoritas Kroasia, untuk mengetahui penyebab terjatuhnya Longstaff. Insiden di atas terjadi berminggu-minggu setelah seorang pekerja kapal pesiar jatuh ke laut, saat bepergian dengan Norwegia Getaway, juga dijalankan Norwegian Cruise Line. Pekerja itu dikabarkan terdampar di pesisir Teluk Meksiko.

Pekerja malang itu diketahui sebagai seorang pria berusia 33 tahun, yang diyakini dari Filipina. Ia diselamatkan 22 jam kemudian, setelah ditemukan 42 kilometer di luar zona pencarian penjaga pantai pada bulan Juli.

Mundur beberapa bulan sebelumnya, seorang pria Australia juga sempat dikabarkan terjatuh dari kapal pesiar Sun Princess, saat melakukan perjalanan dari Indonesia ke Malaysia. Sayangnya, pria berusia 80 tahun itu tidak berhasil diselamatkan nyawanya. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.