DESTINASI

TAT Umumkan Buku Panduan Self Drive di Negara Asean Telah Tersedia

Organisasi negara-negara Asean telah menyiapkan buku panduan berwisata di 10 negara anggotannya Buku dapat diunduh gratis berisi informasi yang perlu diketahui tentang self drive ( mengemudi) di 10 negara ASEAN, bersama dengan rute tur yang disarankan.

BANGKOK. bisniswisata.co.id: Mengemudi sendiri dan menjelajah negri di kawasan Asean tentunya mengasyikkan untuk itu  – The Tourism Authority of Thailand (TAT) mengumumkan bahwa manual pariwisata self drive ( swakemudi ) baru untuk ASEAN sekarang tersedia yang berisi detail penting dan informasi yang perlu diketahui tentang mengemudi di masing-masing negara anggota kawasan juga dengan rute wisata yang disarankan.

Dilansir dari TAT.com, buku panduan ini secara kolektif diproduksi oleh 10 negara ASEAN, dan merupakan inisiatif di bawah Rencana Strategis Pariwisata ASEAN (ATSP) 2016-2025, dengan Thailand – melalui Departemen Pariwisata di bawah Kementerian Pariwisata dan Pariwisata. Olahraga – menjadi koordinator utama.

Yuthasak Supasorn, Gubernur TAT, mengatakan manual pariwisata mengemudi sendiri untuk ASEAN bertujuan untuk memberikan semua yang perlu diketahui wisatawan mengemudi sendiri di negara-negara ASEAN.

“Kami berharap ini akan menginspirasi orang untuk menjelajahi banyak budaya, atraksi, dan lanskap yang beragam di kawasan yang mempesona ini, ”

Tentunya baik untuk wisatawan intra-ASEAN maupun wisatawan dari seluruh dunia seperti Eropa dan Amerika yang dapat, misalnya, menggabungkan kunjungan ke Thailand. dengan kunjungan ke Laos, Myanmar, Kamboja, atau Malaysia untuk dinikmati dengan kecepatan mereka sendiri, di sepanjang rute mereka sendiri.

Buku panduan mengemudi sendiri ini ditujukan untuk mendorong para wisatawan yang ingin menjelajahi salah satu atau semua negara ASEAN – Thailand, Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, dan Vietnam – dengan mengemudi sendiri dan melakukannya dengan aman dan menyenangkan.

Buku panduan ini mengumpulkan informasi dan ide dari seminar terkait ATSP tentang pariwisata mandiri di ASEAN dan mencakup berbagai topik, aturan, dan peraturan.

Ada informasi per negara dan bagian tentang persyaratan visa dan masuk, izin kendaraan, detail perbatasan dan prosedur lintas batas, persyaratan dokumentasi, situasi COVID-19 dan tautan situs web paspor vaksin, batas kecepatan, kode etik, dan dos and don’ ts untuk pariwisata mandiri, nomor darurat dan kontak, dan tautan yang berguna.

Ada juga peta yang menunjukkan negara mana yang mengemudi di sisi kiri dan mana yang mengemudi di sisi kanan.

Rute mengemudi mandiri yang direkomendasikan disediakan untuk setiap negara yang mencakup sorotan utama dan tujuan tingkat kedua, dan rute lintas batas yang menggabungkan berbagai negara.

Informasi dan detail dalam buku panduan juga dirancang untuk membantu wisatawan yang mengemudi sendiri membuat rencana perjalanan mereka sendiri.

Untuk Thailand, misalnya, ada sekitar 20 rute yang disarankan yang menghubungkan kerajaan dengan Myanmar, Kamboja, Laos, atau Malaysia. Rute-rute tersebut antara lain:

Untuk Thailand dan Myanmar: Tak-Mae Sot-Myawaddy, Chiang Rai-Mae Sai-Chiang Tung-Sipo, dan Pulau Ranong-Myanmar;

Untuk Thailand dan Kamboja: Chanthaburi-Battambang, Aranyaprathet-Tonle Sap-Angkor Wat-Angkor Thom, dan Laut Trat-Laut Kamboja;

Untuk Thailand dan Laos PDR.: Udon Thani-Vientiane-Luang Prabang, Ubon Ratchathani-Lao PDR Selatan.-Khone Phapheng-Liphi-Wat Phou, Nakhon Phanom-Mukdahan-Savannakhet-Thakhek, dan Loei-Luang Prabang;

Untuk Thailand dan Malaysia: Hat Yai-Sadao-Kuala Lumpur-Melaka, Satun-Padang Besar-Perlis-Langkawi, dan Hat Yai-Pattani-Yala-Betong-Pengkalan Hulu-Penang-Kedah.

Ada juga 25 rute yang disarankan di Thailand sendiri. Dinamakan dengan menarik, ini termasuk:

Perjalanan Penuh Petualangan di Laut Andaman (Krabi-Satun-Phang-nga),

‘Lihat Pegunungan dan Berkendara Langsung ke Prachuap (Phetchaburi-Prachuap Khiri Khan),

‘Mengembara Melalui Pelukan Pegunungan’ (Nakhon Ratchasima-Nakhon Nayok),

‘Jalan-Palooza ke Isan Selatan!’ (Buri Ram-Surin-Si Sa Ket),

‘Rute Dharma dan Alam’ (Chiang Mai-Chiang Rai),

‘Lingkaran Mae Hong Son-Chiang Mai dan Lautan Kabut’ (Mae Hong Son-Chiang Mai).

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)