“System Outage”, Puluhan Ribu Penumpang “Stranded” di Bandara Heathrow

0
18

LONDON, bisniswisata.co.id: AKIBAT system outage (gagal fungsi) mengakibatkan puluhan ribu penumpang angkutan udara dari bandara tersibuk Eropa, Heatrow mengalami penundaan keberangkatan ber jam- jam dan pembatalan keberangkatan. Sampai hari Senin (17/02/2020) waktu London, tercatat 172 penerbangan dibatalkan keberangkatannya dari Heathrow ke penjuru dunia.

Dikutip dari SimpleFlying.com kegagalan sistem dimulai dan pada Sabtu (15/02) pukul 10.26 waktu Heathrow.  Awalnya karena kondisi cuaca yang parah, British Airways bermaksud untuk membatalkan sekitar 20 penerbangan tetapi membatalkan 80 lebih lanjut.
Seorang penumpang yang keberangkatannya ke Dusseldorf dari Terminal 5, dua jam terlambat dari jadwal. Pada satu titik ia berlari naik turun terminal bersama ratusan orang. Dia pertama kali diberitahu bahwa penerbangannya ada di gerbang 18 di ujung T5 (terminal 5). Kemudian mereka diberitahu, mereka harus ke gerbang 6 yang benar-berada di ujung berlawanan dari gate 18 dan akhirnya diberangkatkan melalui gerbang A 11 di tengah.
Pengelola bandara Inggris mengatakan bahwa itu bukan kesalahan mereka, tetapi karena, karena sistemyang digunakan operator penerbangan, pelanggan bandara Heathrow. “Bukakankah jaringan teknologi komunikasi menjadi tanggungjawab pengelola sebagai bagian upaya menjaga pelanggan mereka, “ ujar juru bicara British Airways mempertanyakan tanggungjawab pengelola bandara.
Masalah teknis yang berdampak pada sistem IT di semua terminal dan mempengaruhi sejumlah maskapai. Kondisi yang mendorong pihak operator penerbangan memberlakukan kebijakan khusus dan mendatangkan staf tambahan untuk membantu pelanggannya mendapatkan akomodasi bagi pelanggan yang keberangkatannya dibatalkan.

Kasus system outage yang mempengerahu  layanan ke dating dan keberangkatan angkutan udara di bandara Heathrow tercatat sudah ke tiga kalinya terjadi. Pada Agustus 2019 kasus serupa menyebabkan 100 penerbangan dibatalkan dan 200 penerbangan delay. Saat masa sibuk spring holiday tahun 2017, kerusakan IT menyebabkan 726 penerbangan batal diberangkatkan dan puluhan ribu penumpang stranded diterminal keberangkatan bandara Heatrow.

Layanan penerbangan ke dan dari bandara Heathrow berangsur normal pada Selasa (18/02/2020) siang waktu London.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.