Staf Cathay Pacific Dilarang Terbang ke China, Kenapa?

0
35

BEIJING, bisniswisata.co.id: Staf maskapai penerbangan Cathay Pacific yang terlibat demonstrasi Hong Kong akan dilarang memasuki China daratan. Hal itu disampaikan oleh regulator aviasi Negeri Tirai Bambu pada Jumat, 9 Agustus 2019. Tak hanya itu, para karyawan maskapai tersebut juga dilarang untuk terbang melintasi wilayah kedaulatan Beijing.

Pihak yang sama juga memerintahkan Cathay Pacific untuk memberikan identitas seluruh staf yang bertugas dalam penerbangan mulai Minggu, esok hari. “Penerbangan yang tidak disetujui, tidak akan diizinkan masuk,” lapor Channel News Asia dikutip Sabtu (10/8/2019).

Tak hanya itu, regulator penerbangan China juga mengultimatum maskapai, meminta Cathay menyerahkan laporan tentang langkah-langkah untuk memperkuat kontrol internal sebelum 15 Agustus.

Maskapai itu memang telah menjadi sasaran China sejak beberapa waktu lalu. Khususnya setelah beberapa krunya terlibat dalam protes massa pro-demokrasi di Hong Kong, dengan media menyebut salah satu pilot Cathay pacific terlibat kerusuhan.

Sementara serikat pramugari Cathay Pacific juga mendukung aksi protes Hong Kong. Mereka memberikan pernyataan bersama pada Senin, setelah beberapa dari mereka terlibat pemogokan.

Akibatnya, Cathay Pacific dikecam China daratan. Tagar seperti #BoycottCathayPacific ramai digunakan dalam platform media sosial China. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 17 juta orang menggunakan tagar tersebut.

Pimpinan Cathay Pacific John Slosar pada Rabu telah membela stafnya, dengan alasan kebebasan berpikir. “Kami mempekerjakan 27.000 staf di Hong Kong untuk melakukan segala jenis pekerjaan yang berbeda,” kata Slosar pada konferensi pers setelah rilis hasil perusahaan yang menunjukkan protes telah memengaruhi pemesanan masuk pada Juli.

“Anda akan dengan mudah membayangkan bahwa dalam 27.000 itu kita memiliki hampir setiap pendapat tentang setiap masalah … kita tentu tidak akan bermimpi untuk memberi tahu mereka apa yang harus mereka pikirkan tentang sesuatu.”

Tetapi regulator China telah menuntut, mulai Sabtu, maskapai harus menghentikan semua personel yang terlibat atau mendukung “protes ilegal” agar tidak terbang ke daratan atau di wilayah udara China. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.