Sleman Dipercaya Jadi Tuan Rumah Festival Indonesia Moskow 2018

0
339
Taman Breksi – Kab. Sleman masuk kategori tujuan wisata baru yang populer (Foto: ExploreWisata.Com_

SLEMAN, bisniswisata.co.id: Kedutaan Besar RI untuk Rusia rencana menggelar Festival Indonesia Moskow 2018 di Kabupaten Sleman pada Agustus 2018. Dipilihnya Sleman salah satunya memiliki destinasi wisata sejarah, budaya, alam dan kuliner yang sangat lengkap. Juga melalui even ini, Sleman dapat memanfaatkan untuk memasarkan produk lokal ke luar negeri, menggali peluang bisnis dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Kami yakin banyak potensi lokal seperti olahan salak, produk kerajinan, batik pewarna alam, kuliner dan lainnya perlu ditingkatkan kualitas dan pemasarannya,” papar Duta Besar Indonesia untuk Rusia, M Wahid Supriyadi, saat bertemu Wakil Bupati Sleman dan pelaku usaha di Kabupaten Sleman.

Seperti dilansir laman Republika.co.id, Rabu (21/02/2018) Dubes menjelaskan, peningkatan total perdagangan Indonesia-Rusia periode Januari-November 2017 sebesar 39,56 persen atau 2,96 miliar USD. Dan, peningkatan kunjungan wisman terbesar berasal dari Rusia sebesar 37,28 persen atau 110.529 kunjungan.

Supriyadi berpendapat, capaian ini salah satu dari efek penyelenggaraan even festival tersebut. Festival Indonesia Moskow 2018 akan dilaksanakan di lahan seluas 18 hektare dengan target pengunjung 120 ribu orang. “Di sana akan digelar berbagai macam potensi Indonesia baik kerajinan, kuliner, fashion, dan lainnya,” kata Supriyadi.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun menyampaikan, festival ini menjadi peluang emas untuk Kabupaten Sleman memasarkan berbagai macam produknya ke luar negeri. Menurut Sri, pengunjung Festival Indonesia Moskow sangat antusias dengan produk-produk. “Para pengunjung sangat antusias, stan nasi goreng dalam setengah jam langsung habis,” ujar Sri.

Untuk membahas Festival Indonesia Moskow, Pemerintah Kabupaten Sleman turut mengundang 16 pelaku usaha dengan tujuh macam jenis usaha di antaranya mebel, batik, kulit, kuliner. Mereka akan melakukan diskusi dengan Duta Besar RI untuk Rusia demi mendapat gambaran langsung.

Harapannya, mereka akan benar-benar mendapatkan gambaran tentang festival itu, sehingga dapat membuka peluang pengembangan ekonomi kreatif. Terlebih, dari Rusia, Indonesia baru mengekspor meubel.

Sleman juga mengenalkan destinasi wisata yang sudah mendunia. Tercatat ada 32 tempat wisata di Sleman yang kerap dikunjungi wisatawan.
Diantaranya wisata candi ada Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Istana Ratu Bako, Candi Sari, Candi Sambisari, Candi Ijo, Candi Barong, dan Candi Banyunibo.

Juga ada wisata gunung seperti Lava Tour Merapi, Museum Merapi, Bunker Merapi, Lava Bantal. Obyek wisata lain Goa Jepang, Museum Affandi, Kaliurang, Taman Breksi, Monumen Jogja Kembali, Museum Dapur Tradisional, Museum Dirgantara Mandala dan Sendratari Ramayana. (NDHYQ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.