AIRLINES

Sepuluh Panduan Etiket Dalam Melakukan Penerbangan

CYPRUS, bisniswisata.co.id: Meskipun liburan itu mengasyikkan dan menyenangkan, kita semua takut dengan penerbangan yang menyertai mereka – dan tidak ada yang lebih buruk daripada terjebak di samping sesama penumpang yang tidak mengindahkan aturan sederhana dari perilaku sopan dalam penerbangan. 

Dilansir dari Traveldailynews.com berikut adalah daftar 5 hal yang harus dilakukan dan 5 yang tidak boleh dilakuian saat terbang.

Boleh dilakukan: 

1.Sapa sesama penumpang

Meskipun tidak ada dari kita yang ingin terjebak di samping tetangga yang cerewet, kesopanan umum memang mengharuskan Anda tersenyum dan menyapa tetangga saat mengambil tempat duduk.

Apalagi jika ini penerbangan yang panjang, Anda akan terjebak bersama untuk waktu yang lama, sehingga sangat penting untuk menciptakan suasana yang menyenangkan sebelum lepas landas.

2.Siapkan sikat gigi untuk penerbangan jarak jauh.

Kebersihan dasar sama yang Anda praktikkan di rumah berlaku di pesawat terbang. Jika Anda bepergian jarak jauh atau bermalam, pastikan Anda bisa menyikat gigi. 

Tidak hanya membuat Anda merasa lebih segar dalam situasi yang cukup kotor, tetapi juga jauh lebih menyenangkan bagi orang yang duduk di samping Anda yang mungkin harus mencium bau napas Anda. Kita semua tahu seberapa banyak bau tak sedap diperkuat saat berada berdekatan.

3.Kemas produk nikotin

Jika Anda adalah pengguna nikotin, penerbangan panjang benar-benar bisa menjadi mimpi buruk karena Anda tidak dapat menggunakan beberapa produk dengan nikotin.

Di sinilah kantong nikotin berguna – karena tidak mudah terbakar, tidak berbau, dan tidak perlu diludah. Faktanya, kecuali teman duduk Anda melihat Anda memasukkan kantong nikotin di bawah bibir Anda, diragukan mereka bahkan akan menyadari bahwa Anda sedang menggunakannya.

Alasan praktis lainnya untuk membawanya adalah karena pas di saku Anda dan tidak memerlukan aksesori seperti korek api.

4.Pertimbangkan penumpang yang bepergian bersama.

Jika Anda melihat bahwa teman-teman, atau terutama keluarga dengan anak-anak, terpaksa berpisah karena pengaturan tempat duduk yang terlalu padat, dan Anda dapat membantu – maka lakukanlah.

Tentu saja, jangan membantu dengan mengorbankan diri Anda sendiri dari grup atau keluarga Anda sendiri, tetapi pertimbangkan untuk membantu sesama wisatawan jika Anda mampu.

5.Berhati-hatilah dengan Corona

Bepergian telah berubah dalam setahun terakhir, dan penting untuk mengingat pembatasan Corona bahkan saat dalam penerbangan. Meskipun aturan jarak dua meter yang disukai mungkin tidak memungkinkan, penting bahwa Anda selalu ingat untuk memakai masker dan membersihkannya sesering mungkin. Jangan mengambil risiko yang dapat membahayakan Anda atau wisatawan lain.

Jangan Dilakukan

6.Jangan membungkus tas tangan Anda secara berlebihan.Tidak ada yang lebih buruk dari antrean cadangan di lorong saat seseorang berjuang untuk mengangkat tas tangan mereka ke kompartemen di atas kepala. 

Aturan sederhana untuk tas tangan adalah ini: jika Anda tidak dapat mengangkatnya di atas kepala, keluarkan beberapa barang. Tidak ada tanggung jawab orang lain untuk mengangkat tas untuk Anda. Selain itu, mengeluarkannya dari kompartemen di atas kepala nanti bisa menjadi mimpi buruk dan benar-benar berbahaya.

7.Jangan minum terlalu banyak

Harap diingat bahwa satu minuman di udara adalah seperti tiga minuman di darat. Tidak ada yang lebih buruk dari pemabuk yang sembarangan di pesawat. Meskipun Anda merasa sedang menghibur – percayalah, Anda tidak. Minumlah untuk bersantai dan kemudian beralih ke air. Tetap terhidrasi selama penerbangan adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan.

  1. Jangan menyebar

Ekonomi terbang berarti ada ruang terbatas untuk semua orang, jadi cobalah untuk tidak melebarkan kaki Anda ke area duduk tetangga Anda. Aturan serupa berlaku untuk sandaran tangan – etiket tak terucapkan menyatakan bahwa orang yang di tengah mendapatkannya saat mereka terjepit di antara dua orang.

9.Jangan membawa makanan berbau ke dalam pesawat.

Kita semua suka membawa beberapa makanan ringan untuk membantu kita saat berada di udara, tapi tolong jauhi makanan dengan bau yang sangat berbeda.

Makanan seperti tuna, durian, telur, dan burger yang bisa dibawa pulang memang enak tapi memang menimbulkan sedikit bau. Sebaliknya, pilihlah cokelat dan buah-buahan seperti apel.

  1. Jangan berbaring jika tidak perlu

Topik tentang apakah akan merebahkan kursi Anda merupakan topik yang diperdebatkan. Kursi tersebut dibuat untuk direbahkan karena suatu alasan, dan tentunya Anda harus merasa senyaman mungkin selama penerbangan Anda. 

Tetapi selalu pastikan bahwa orang di belakang Anda tidak makan atau menggunakan meja sebelum Anda berbaring. Pada penerbangan yang lebih pendek, banyak orang bepergian untuk bekerja dan mungkin meletakkan laptop mereka di atas meja. Jika ya, mungkin Anda bisa mencoba mencari sarana kenyamanan lain selama penerbangan singkat tersebut.

Arum Suci Sekarwangi