Semester I, Turis China Habiskan US$127,5 Miliar untuk Melancong

0
18
Turis China (Foto: Okezone.com)

BEIJING, bisniswisata.co.id: Tudingan selama ini wisatawan Tiongkok paling irit mengeluarkan uangnya, ternyata tudingan itu dipatahkan alias tidak benar. Data SAFE, badan valuta asing China mencatat turis Negeri Panda menghabiskan uang sekitar 127,5 miliar dolar AS di luar negeri selama semester pertama 2019.

Pasar wisata Asia meraup 54 persen konsumsi wisatawan China. Disusul Amerika Serikat dan Eropa yang bisa menyerap konsumsi wisatawan China, masing-masing 24 dan 13 persen. Banyaknya wisatawan China yang menghabiskan uang di luar negeri tersebut berkat eratnya hubungan perdagangan dan investasi negara itu dalam kerangka Prakarsa Sabuk Jalan (BRI).

SAFE juga menunjukkan semester pertama tahun 2019 ini, turis China telah menghabiskan 14,9 miliar dolar AS di beberapa negara yang terikat kerja sama BRI.
Transaksi pembayaran melalui aplikasi mobile selama periode tersebut sama dengan semester pertama tahun lalu, karena penggunaan kartu debit dan kartu kredit masih menjadi metode transaksi utama.

Belanja barang masih menjadi komponen utama pola konsumsi turis China. Namun, tidak ada perubahan signifikan nilai belanja warga China luar negeri. Berbeda dengan pola belanja dalam negeri warga China yang terus meningkat seperti pernyataan pihak SAFE.

Menurut Organisasi Pariwisata Dunia (UN-WTO), jumlah wisatawan akan mencapai 1,8 miliar pada 2030. Menurut China Daily, Ahad (06/10/2019) China diperkirakan akan mengalami pertumbuhan pasar pariwisata yang sangat pesat dan akan berperan penting dalam pembangunan sektor pariwisata. (ndy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.