Sambut Jokowi, Warga Bersihkan Pantai Pangandaran

0
214
Pantai Pangandaran dibersihkan (Foto: Danu'blog - WordPress.com)

PANGANDARAN, bisniswisata.co.id: Sejumlah warga Pangandaran, Jawa Barat, menggelar aksi membersihkan kawasan Pantai Pangandaran maupun di sekitar lingkungan permukiman penduduk. Aksi ini dilakukan untuk menciptakan suasana yang nyaman guna menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Selasa (24/4).

“Ratusan orang melakukan aksi bersih-bersih di Pangandaran, ini dalam rangka menyambut Presiden Jokowi,” kata Ketua Forum Koordinasi Tagana Kabupaten Pangandaran Nana Suryana di sela-sela aksi bersih-bersih sampah di Pantai Pangandaran, Ahad (22/4).

Menurut Nana, aksi bersih-bersih itu melibatkan sukarelawan dari berbagai organisasi, komunitas, sejumlah instansi, seperti Dinas Pariwisata dan masyarakat umum yang tersebar seluruh titik kawasan Pantai Pangandaran.

Mereka, kata Nana, memungut seluruh sampah yang tersebar di kawasan pantai, maupun di jalan-jalan, khususnya di tempat yang akan dikunjungi Presiden Jokowi di Pelabuhan Cikidang, Babakan, Pangandaran. “Persiapan bersih-bersih dipusatkan di lokasi yang dikunjungi Presiden di Pelabuhan Cikidang dan daerah-daerah lainnya seperti sepanjang Pantai Pangandaran,” jelasnya.

Nana menyampaikan, masyarakat Pangandaran antusias menyambut kedatangan Jokowi yang baru pertama kalinya datang ke Pangandaran, setelah Presiden RI sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninjau bencana tsunami di Pangandaran.

Nana berharap, kedatangan kepala negara itu dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Pangandaran terutama guna memperhatikan pembangunan di Kabupaten Pangandaran yang masih membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat. “Pembangunan di Kabupaten Pangandaran ini sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah pusat, karena kalau mengandalkan dari anggaran Pemkab Pangandaran sangat terbatas,” katanya.

Tokoh masyarakat Pangandaran, Dadang Gunawan menyatakan, masyarakat Pangandaran dan berbagai organisasi, termasuk pemerintah daerah selalu berupaya menjaga daerahnya tetap bersih dari sampah. Sebelumnya, kata dia, aksi bersih-bersih itu agenda rutin yang sering dilaksanakan setiap Jumat sebagai bentuk kepeduliaan masyarakat Pangandaran dalam menjaga kebersihan daerah.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan Karamba Jaring Apung Lepas Pantai di PPI Cikidang, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Selasa (24/4). (ANT/END)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.