Sail Nias 2019, Ditargetkan Diserbu 100 Ribu Wisatawan

0
250
Kapal Yacht di Sail Indonesia (Foto: Repro Google)

MEDAN, bisniswisata.co.id: Potensi wisata bahari Kepulauan Nias bakal bertambah semarak, setelah ditetapkan sebagai lokasi Sail Nias 2019. Lomba yacht dan kegiatan pariwisata lainnya, akan dihelat pada Juli 2019 hingga September 2019 di lima Kabupaten/Kota di Pulau Nias.

Selama Sail Nias 2019, ada beberapa kegiatan menarik, antara lain atraksi kesenian tradisional pada puncak acara direncanakan akan digelar pada 14 September 2019 di Teluk Dalam, Nias Selatan. Juga, Wonderful Nias Expo 2019, kejuaraan surfing internasional, pagelaran budaya hingga parade kapal perang oleh TNI Angkatan Laut dan Nias Marathon.

Selain itu, Wind Surfing and Sailing, Free Diving Competition, Festival Lompat Batu Kepulauan Nias, Festival Kebudayaan Kepulauan Batu, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Gebyar Kopi, Kuliner, Fishing Tournament Sail Nias, Wonderful Foto Tourism Expo dan masih banyak lagi event yang menarik.

Menteri Hukum dan Ham selaku Ketua Panitia Sail Nias 2019, Yasonna Laoly dalam telekonferensi yang disaksikan para Bupati dan Wali kota Kepulauan Nias di Medan menjelaskan pemilihan Nias sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2019 karena didukung potensi bahari yang dimilikinya.

“Nias memiliki potensi laut, perikanan, dan pariwisata yang sangat besar. Kami yakin dengan diselenggarakannya acara ini dapat menjadikan Nias sebagai gerbang tujuan wisata dunia,” kata Menteri Yasonna seperti dilansir Antara, Selasa (02/04/2019).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Hidayati menambahkan akan mengundang komunitas surfing, komunitas anak muda dengan mendirikan 1000 tenda dan TNI Angkatan Laut dalam mendukung rangkaian acara di Sail Nias 2019. “Selain mengundang kita juga akan menggelar seminar kebudayaan di Gunungsitoli,” katanya.

“Kami menargetkan 100 ribu kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional pada ajang wisata bahari Sail Nias 2019. Untuk itu, akan gencar mempromosikan potensi budaya dan wisata yang ada di Sumatera Utara ke seluruh dunia. Ayo mari dukung kita bersama,” lontarnya,

Terkait persiapan pendanaan, sambung dia, Pemerintah provinsi Sumatera Utara dan semua Kabupaten serta kota di Sumut, berupaya menganggarkan dana yang sesuai dengan kemampuan masing-masing daerahnya untuk membantu beberapa event yang akan digelar.

Bupati Nias Selatan Hilarius Duha mengapresiasi atas ditunjuknya Kepulauan Nias sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2019 yang puncaknya dilangsungkan pada 10 – 14 September itu. Agar ajang nasional tersebut berjalan sukses, pihaknya mengajak semua masyarakat Nias dan masyarakat seluruh Sumut dan Indonesia mendukung kegiatan tersebut.

“Mari kita doakan kegiatan Sail Nias sukses dan menjadi harapan kita ke depan bahwa ini adalah sebagai batu loncatan dalam upaya memajukan pariwisata kita di Indonesia khususnya di Sumatera Utara dan Nias,” katanya.

Sail Indonesia merupakan ajang tahunan wisata bahari yang telah diselenggarakan sejak 2009. Daerah terakhir yang menjadi tuan rumah penyelenggara Sail Indonesia ini adalah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada September 2018 yaitu Sail Moyo Tambora. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.