CRUISE INTERNATIONAL LIFESTYLE

Qatar Siap Sambut 120 Kapal Pesiar Dan 200.000 Penumpang Musim Depan

DOHA. bisniswisata.co.id: Qatar mengharapkan 120 panggilan kapal pesiar dan hingga 200.000 pengunjung di musim 2023/24. Negara Teluk kecil kni menghabiskan miliaran untuk menarik kapal pesiar dengan pembangunan terminal multi-juta pound, yang akan dibuka seminggu sebelum dimulainya Piala Dunia FIFA pada bulan November.

Pembukaan akan bertepatan dengan upacara penamaan 6.774 penumpang kapal terbesar dan terbaru MSC Cruises World Europa. MSC Poesia bergabung dengan World Europa — dengan MSC Opera di dekatnya — untuk Piala Dunia (20 November-18 Desember) yang menawarkan akomodasi resmi yang dapat dipesan oleh penggemar melalui FIFA.  Emerald Azzurra yang disewa secara pribadi dan beberapa kapal Ponant akan sandar di dekatnya.

Kemudian bisnis terminal tumbuh dengan mantap. “Kami sudah memiliki 120 kunjungan kapal pesiar yang diusulkan pada 2023-24, dengan hingga 200.000 pengunjung,” kata Phil Dickinson, VP International Markets Qatar Tourism.

Pihaknya membawa jalur pelayaran seperti MSC Cruises dan Costa. Ponant Le Bougainville memiliki musim yang singkat di sini, Windstar akan datang musim dingin berikutnya dan Silversea pada 2024-25. Negara ini juga mengembangkan rencana untuk berlabuh kapal-kapal kecil di distrik Mina  .

 “Bagian dari strategi kami adalah meminta eksekutif jalur pelayaran mengunjungi Qatar — sebagian besar belum pernah ke sini — untuk menunjukkan mengapa kami bisa menjadi pelabuhan balik atau pelabuhan asal mereka.”

Saat ini aktivitas sedang berlangsung cepat karena pekerjaan bergegas untuk menyelesaikan interior yang mewah — para tamu akan mendapatkan kedatangan dan keluar yang menakjubkan melalui terowongan kaca melalui akuarium terbesar di Timur Tengah.

Struktur panjang dan elegan dalam gaya Arab dengan 1.174 lengkungan terletak di ujung jalan panjang seperti dermaga yang ditandai dengan lampu hiasan.

Dermaga sepanjang 800m akan muat dua kapal besar;  pintu masuk kembar masing-masing akan mampu mengatasi 7.000 pengunjung. Bangunan ini juga menampung Galeri Seni Kota, yang saat ini mulai terbentuk, dan dikelilingi oleh taman.

 Di satu sisi jalan pendekatan, sebuah kawasan pejalan kaki umum memiliki pemandangan indah melintasi pantai Corniche yang melengkung dan pemandangan kota yang menjulang tinggi.

Setengah jalan berbelok tajam ke Distrik Mina, bentangan bangunan berwarna pastel yang tampak baru namun kuno yang akan menjadi toko, restoran, hotel butik, dan apartemen.  Aula besar akan menampung pasar ikan dengan restoran.

Terminal berjarak 40 menit berjalan kaki dari taman tepi laut Museum Seni Islam, yang dirancang oleh arsitek Amerika IM Pei dan dibuka kembali musim gugur ini setelah lama menata ulang.  Sedikit lebih jauh adalah Museum Nasional Qatar yang dibuka saat Covid melanda, sebuah prestasi arsitektur yang menakjubkan berdasarkan bentuk mawar pasir, yang mencolok di dalam maupun di luar.

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)