DESTINASI ENTREPRENEUR EVENT INTERNATIONAL

Potensi Pertumbuhan MICE Kota Busan

BUSAN, Korsel, bisniswisata.co.id: Pada tahun 2023, kota MICE Busan mampu menarik dan menjadi tuan rumah berbagai acara MICE global, sehingga membuatnya berkembang menjadi destinasi MICE yang terkenal di dunia.

Misalnya, kota ini mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah Konferensi Tahunan Asosiasi Pariwisata Asia Pasifik (APTA) 2025 dan Kongres Statistik Dunia (WSC) 2027, dan berhasil menjadi tuan rumah Kongres Mikroskop Internasional ke-20 (IMC20), di samping sejumlah konferensi besar lainnya acara MICE.

Namun, upaya Busan untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan sebagai kota MICE lebih dari sekadar menarik dan menyelenggarakan acara.

Pilih Busan untuk Kesuksesan Acara MICE

CVB BTO menghabiskan tahun 2023 dengan menarik acara MICE baru dan bersiap menjadi tuan rumah acara MICE yang dijadwalkan akan diadakan di Busan. Kongres Dunia Organisasi Proteom Manusia (HUPO 2023) tahun 2023 dan Kongres Dunia Biosensor tahun 2023

Event-event itu dihadiri oleh para profesional bioteknologi dari seluruh dunia, terselenggara dengan sukses di Busan, mengukuhkan reputasi kota tersebut sebagai kota tuan rumah utama untuk acara sains dan teknologi global.

Busan juga menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan ke-11 Organisasi Asia untuk Crohn dan Kolitis, yang diadakan bersamaan dengan Pertemuan Internasional ke-6 tentang Penyakit Usus dan Kongres Tahunan Asosiasi Korea untuk Studi Penyakit Usus.

Ada pertukaran akademis terkemuka mengenai penyakit radang usus. , dihadiri oleh lebih dari 900 ahli dari 20 negara, dan Kongres Dewan Internasional Mesin Pembakaran tahun 2023, dihadiri oleh lebih dari 800 ahli dari 38 negara. Peristiwa-peristiwa ini memperjelas potensi besar Busan sebagai kota MICE yang dapat menyelenggarakan berbagai acara di berbagai industri.

CVB BTO secara aktif mempromosikan Busan sebagai kota tuan rumah pada acara MICE besar yang diadakan di seluruh dunia, yang merupakan salah satu cara mereka menarik acara MICE ke kota tersebut.

Hasilnya, pada tahun 2024, Sesi ke-5 Komite Negosiasi Antarpemerintah PBB tentang Polusi Plastik dijadwalkan berlangsung di Busan. Acara ini diharapkan dapat memberikan momentum bagi proyek-proyek Busan di bidang lingkungan laut, termasuk pembentukan klaster sirkulasi sumber daya.

Kongres Geografis Internasional 2024, konferensi internasional terkemuka di bidang geologi, juga akan diadakan di Busan tahun depan. Acara ini tidak diragukan lagi akan membantu upaya kota ini dalam mendaftarkan Geopark Nasional Busan sebagai Warisan Dunia UNESCO.

Konferensi Relawan Dunia 2024 adalah acara internasional lainnya yang akan diadakan di Busan. Ini akan menjadi peluang bagi Busan untuk memimpin perubahan positif dalam paradigma global tentang niat baik dan kerja sukarela.

Dengan diadakannya acara MICE global besar di Busan pada tahun 2024, CVS BTO sedang membuat persiapan yang diperlukan. Setelah pandemi COVID-19, CVB BTO telah melakukan upaya agresif untuk menarik lebih banyak konferensi internasional ke Busan.

Upaya tersebut mampu menyelenggarakan sejumlah event besar, antara lain Asia Pacific Tourism Association (APTA) Annual Conference 2025, Korea-Japan Conference on Ferroelectrics 2027, dan World Statistics Congress (WSC) 2027.

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)