Pesona Goa Jomblang Yang Menyimpan Kisah Tragis 

0
43

Goa Jomblang Gunungkidul (Foto: garudacitizen)

GUNUNGKIDUL, bisniswisata.co.id: Sebuah tayangan terkini Netfilx – layanan streaming film berbayar – menampilkan dua sosok selebritis Asia, yaitu: Penyanyi asal Korea Selatan Lee Seung Gi dan aktor Taiwan Jasper Liu. Mereka memandu acara variety show terbaru bertajuk: “Twogether”. 

Dalam program ini mereka digambarkan tengah menjalankan misi menemukan para fans di Asia. Yang menarik, Yogyakarta terpilih sebagai destinasi pertama dalam seri petualangan tersebut. Salah satu obyek wisata yang dikunjungi adalah Goa Jomblang yang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Goa vertikal yang merupakah surganya dunia pariwisata ini adalah salah satu dari 500 goa yang terletak di pegunungan karst. Disebut goa vertikal karena ia mempunya mulut goa yang vertikal dengan jarak antara bibir gua dengan dasarnya bervariasi. Paling dalam sekitar 80 meter. Dan untuk memasuki Goa Jomblang diperlukan kemampuan teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT).

Namun tak perlu skill yang tinggi untuk mencapai dasar goa, hanya butuh nyali saat bergelantungan 3 menit di atas tali sebelum mencapai dasar goa. Di sana sejumlah penarik sudah disiapkan pengelola agar wisatawan bisa turun. Dua orang pemandu bersiap di dasar goa menyambut dan melepas tali. Saat mencapai dasar goa, seketika kengerian itupun terbayar lunas. Di sana terhampar hutan purba yang hijau dan menakjubkan.

Menurut sejarahnya, goa ini  terbentuk karena fenomena sinkhole yang terjadi jutaan tahun lalu. Di dasar goa, hutan dengan vegetasinya terus hidup dan berkembang biak hingga sekarang. Inilah hutan purba yang hijau dan subur. Aneka pohon yang tak ditemukan di permukaan, aneka lumut, paku-pakuan, semak, hingga pohon-pohon besar tumbuh dengan rapat. 

Goa Jomblang bisa ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih 50 km. Setelah melewati jalan bebatuan sekitar 500 meter, pengunjung akan sampai di rumah kecil yang bisa digunakan untuk beristirahat. 

Pasangan selebritis Seung Gi dan Jasper membayar tiket sebesar Rp 500.000 per orang untuk bisa memasuki kawasan goa ini. Setelah mendapatkan penjelasan dari pemandu, mereka pun dipersilakan memilih sepatu bot dan helm yang merupakan perangkat utama sebelum menuruni goa ini.

Sekadar flashback ke belakang, goa ini menyisakan sedikit sejarah sangat kelam. Menurut cerita yang berkembang, goa ini disebut pernah dijadikan sebagai salah satu lokasi pembunuhan massal anggota PKI. Ratusan anggota PKI diperkirakan menemui ajalnya di sana. Mereka dibunuh dengan cara dijejerkan di bibir gua dengan tangan saling terikat satu dengan yang lain. Ketika salah satu ditembak dan terjatuh ke dalam goa, maka anggota lainnya otomatis akan ikut terjerembab.

Kisah ini sempat membuat takut masyarakat untuk berkunjung, apalagi ada sejumlah cerita angker yang berkembang di goa tersebut. Namun pada 1990-an masyarakat sekitar menggelar doa bersama di tempat ini. Sejak itu, tidak ada cerita seram seperti kejadian penjelajah gua yang hilang ditelan Goa Jomblang Gunung Kidul.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.