AIRLINES INTERNATIONAL NEWS

Pernyataan Bersama tentang Rekomendasi UE Baru untuk Perjalanan dari Tiongkok

BRUSSEL, bisniswisata.co.id:  Maskapai yang diwakili oleh A4E (Airlines for Europe) dan IATA (International Air Transport Association), bersama dengan bandara yang diwakili oleh ACI EROPA (Airports Council International), menyesali rekomendasi yang disepakati bersama oleh negara anggota UE yang mensyaratkan negatif COVID-19  tes untuk penumpang yang bepergian antara China dan Uni Eropa ( UE).

Rekomendasi semacam itu bertentangan dengan penilaian yang diterbitkan oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) pada 3 Januari 2023 , yang menegaskan bahwa lonjakan kasus COVID-19 saat ini di Tiongkok diperkirakan tidak akan berdampak pada epidemiologis situasi di UE/EEA.

Hal ini karena varian COVID-19 yang beredar di China sudah ada di EU/EEA, serta kekebalan yang lebih tinggi yang diperoleh penduduk EU.  Dengan demikian, secara sistematis menguji pelancong yang datang dari Tiongkok tidak dapat dianggap sebagai tindakan yang didorong secara ilmiah dan berbasis risiko.

A4E, ACI EROPA, dan IATA mendukung menjauh dari pengujian penumpang sebagai cara untuk melacak COVID-19.  Dalam hal ini, rekomendasi untuk menguji air limbah dari bandara dan pesawat yang datang dari China menawarkan alternatif. 

Namun hal ini harus dilakukan dengan pertimbangan terperinci tentang kepraktisan teknis dan operasional sebelum keputusan apa pun diambil untuk menerapkan pengambilan sampel air limbah di bandara dan pesawat terbang.  

Jika diperlukan, bandara dan maskapai penerbangan akan melakukan yang terbaik untuk memfasilitasi pengambilan sampel tersebut – dengan pengertian bahwa hal itu perlu dilakukan oleh otoritas kesehatan yang kompeten, karena staf bandara dan maskapai penerbangan tidak memenuhi syarat untuk melakukannya.

Meskipun sangat disesalkan bahwa rekomendasi yang disepakati sebagian besar merupakan reaksi spontan, sekarang penting bahwa rekomendasi tersebut diterapkan oleh negara-negara anggota UE dengan cara yang sepenuhnya seragam.

Sesuai sepenuhnya dengan tambahan pada Protokol Keselamatan Kesehatan Penerbangan UE untuk  akan diterbitkan dalam beberapa hari mendatang oleh EASA dan ECDC.  Tambahan ini akan memberikan panduan terperinci mengenai pengujian penumpang dan pengujian air limbah.

A4E, ACI EROPA dan IATA berharap untuk lebih terlibat dengan UE dalam penilaian ulang rekomendasi ini pada pertengahan Januari 2023. 

Kami mendesak negara-negara anggota UE dan China untuk bekerja sama dan mempertimbangkan kembali pada kesempatan paling awal persyaratan mereka untuk pra-keberangkatan sistematis  pengujian wisatawan berdasarkan penilaian risiko yang didorong secara ilmiah.

 

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)