Perlengkapan Mendaki Yang Wajib Anda Miliki

0
7

CHESHIRE, Inggris, bisniswisata.co.id: Apakah Anda berencana untuk segera mendaki? Itu ide yang bagus, tetapi apakah Anda yakin mengetahui semua hal yang harus Anda bawa? Setiap pejalan kaki harus mempelajari daftar hal-hal penting luar ruangan untuk menikmati jalur tanpa mengambil risiko terlalu banyak.

Panduan oleh pakar pendakian cleverwander.com seperi dilansir dari Tourism review ini memberikan daftar lengkap perlengkapan pendakian 2021 yang penting sehingga Anda dapat menggunakannya untuk mempersiapkan bahkan untuk jalur terpanjang.

Sepatu Trail

Sepatu mungkin adalah perlengkapan terpenting bagi pendaki manapun. Berbeda dengan rata-rata yang Anda kenakan setiap hari, sepatu hiking dirancang untuk memberikan dukungan ekstra pada pergelangan kaki serta lebih banyak traksi dan stabilitas. 

Anda juga bisa memilih untuk memakai sepatu trail yang lebih ringan dan biasanya terasa sedikit lebih lembut. Kedua jenis tersebut memiliki sol luar yang diperkuat, ventilasi yang sangat baik, dan bantalan ekstra untuk melindungi kaki dari guncangan terus menerus yang disebabkan oleh berbagai jenis medan.

Socks for Hikers

Mengupgrade kaus kaki Anda adalah tahap terpenting kedua setelah memilih sepatu hiking / trailing yang tepat. Jangan pernah pergi mendaki dengan memakai kaus kaki katun biasa jika Anda tidak ingin menderita terlalu lama. 

Katun adalah bahan yang menjaga kelembapan di dalam kaus kaki, membuat kaki Anda berkeringat. Kesalahan seperti itu dapat merusak hari Anda. Bahan kaus kaki paling populer di kalangan pendaki berpengalaman adalah wol karena dapat mengatur suhu di dalam kaus kaki secara alami. Bahan seperti nilon, spandeks, sutra, dan poliester biasanya disertakan juga untuk menambah kekuatan pada jari kaki, tumit, dan pergelangan kaki kaus kaki.

Kaos anti lembab

Kaki tidak hanya akan berkeringat di jalan setapak dan mirip dengan kaki, tetapi tubuh Anda juga harus sekering mungkin. Itulah mengapa Anda membutuhkan T-shirt khusus kelembaban atau lengan panjang. 

Ini akan menyerap kelembapan berlebih dari tubuh bagian atas dan menguapkannya tanpa menghalangi ventilasi, menempel pada kulit, atau menambah beban. Anda juga dapat memilih T-shirt dengan pelindung matahari terintegrasi jika Anda akan mendaki di bawah cahaya musim panas yang terik.

Ransel

Pergi untuk hiking sehari, Anda harus membawa tas ransel dengan ukuran optimal untuk membawa semua kebutuhan dan tidak lebih. Untuk jalur yang lebih jauh, disarankan untuk memilih antara tas punggung 20 hingga 30 liter. 

Volume seperti itu akan memungkinkan mengemas semua hal penting dari daftar tanpa berlebihan. Cari hanya model ransel yang dirancang khusus untuk hiking dan berkemah karena Anda memerlukan semua fitur, seperti pelindung hujan dan kantong eksterior untuk botol.

Hidrasi + Penjernih Air

Air berdiri di atas makanan dalam daftar oleh cleverwander.com ini karena jauh lebih penting. Tidak mungkin untuk bertahan hidup lebih dari 4 hari tanpa air (2-3 hari dalam cuaca sangat panas), tetapi Anda dapat bertahan hingga 30-40 hari jika Anda terhidrasi dengan baik. 

Anda harus minum setidaknya 30% lebih banyak air daripada yang Anda pikir butuhkan untuk merasa nyaman di sepanjang jalan. Pilihan terbaik adalah mengemas tandon air dan 2 botol 1,5 liter tambahan untuk diisi ulang saat dibutuhkan. Jika ada air mancur di tempat peristirahatan di jalan setapak, jangan ragu untuk mengisi ulang botolnya juga.

Jika Anda melakukan perjalanan jauh, sebaiknya bawalah pemurni air kompak. Biasanya berupa pompa kecil dengan filter yang memungkinkan pengambilan air bersih dari sungai dan bahkan genangan air. 

Ada juga opsi yang lebih ringan, seperti botol air dengan filter terintegrasi, filter portabel, dan tablet pemurni air (opsi paling ringan tetapi tidak dapat digunakan kembali). Semua pengobatan ini dapat menghilangkan hampir 100% bakteri berbahaya dan membantu Anda tetap terhidrasi dengan baik dalam kondisi ekstrim.

Nutrisi Utama + Camilan Ekstra

Mirip dengan persediaan air, kemasan makanan harus lebih besar dari yang Anda harapkan. Rencanakan berapa kali Anda akan makan selama seluruh pendakian. Anda harus makan camilan terjadwal tersebut meskipun tidak merasa lapar, karena penting untuk menjaga diri Anda tetap segar sepanjang hari.

Solusi terbaik adalah makan makanan padat yang mengandung lebih banyak kalori dalam kemasan ukuran lebih kecil. Ini termasuk kacang-kacangan, granola dan batang energi, batang protein, buah kering, dendeng, dll. Anda dapat menggunakan kalkulator kalori mendaki untuk melihat berapa banyak yang Anda butuhkan sepanjang hari.

Lampu

Mengambil sumber cahaya sangat penting bahkan jika Anda tidak berencana untuk mendaki dalam kegelapan karena akar mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk lewat. 

Pilihan terbaik adalah lampu depan karena ringan dan membuat tangan Anda tetap bebas. Handlamp modern dilengkapi dengan bohlam LED yang sangat terang dan biasanya memiliki mode lampu strobo sehingga Anda dapat menghubungi bantuan dalam keadaan darurat. 

Jangan lupa membawa baterai ekstra dalam kemasan tahan air. Jika perjalanan akan memakan waktu beberapa hari, Anda juga harus mempertimbangkan obor dengan dinamo yang memungkinkan untuk menyalakan lampu saat Anda kehabisan baterai atau kehilangannya karena alasan tertentu.

Tabir surya

Ingatlah bahwa Anda mungkin terbakar matahari bahkan pada hari-hari yang paling terbuang karena sinar UVA dapat menembus awan. Jenis tabir surya yang  dibutuhkan bergantung pada jenis kulit Anda, tetapi solusi yang paling populer adalah losion dengan 50 SPF. 

Bergantung pada mereknya, Anda harus menerapkan lapisan baru setiap 50-100 menit. Jika Anda memiliki jenis kulit putih pucat, itu solusi yang baik untuk memakai lengan panjang untuk membatasi jangkauan sinar matahari ke kulit Anda. Kunjungan ke dokter kulit akan menjadi ide yang baik jika Anda tidak yakin seberapa besar perlindungan yang dibutuhkan jenis kulit Anda.

Topi

Walaupun sangat membantu, tabir surya mungkin tidak melindungi leher dan wajah Anda dari sinar matahari yang keras karena kulit di bintik-bintik ini terlalu lembut. Di situlah topi bertepi lebar akan membantu Anda yang terbaik. 

Topi hiking yang tepat menutupi wajah, leher, dan yang terpenting, kulit kepala dari kepanasan. Terkena serangan panas sangat berbahaya, jadi jangan abaikan langkah ini meskipun Anda tidak merasakan panasnya. Topi yang bagus juga akan memberikan keringat ekstra dan perlindungan dari angin dan hujan.

Kacamata hitam

Kita semua memiliki kacamata hitam, dan memakainya adalah kebiasaan pada hari-hari cerah, tetapi kenyataannya adalah kacamata hitam harian Anda tidak akan cukup menahan sinar matahari saat Anda menempuh perjalanan jauh.

Itulah mengapa Anda harus mencari model wrap-around sporty yang memberikan perlindungan mata penuh bahkan saat matahari bersinar dari samping. Juga disarankan untuk menggunakan lensa terpolarisasi karena dapat menghilangkan silau untuk mengurangi stres mata, dan lebih sulit untuk menggaruknya. Kacamata hiking terpolarisasi yang bagus harganya mulai dari US$18 hingga US$35.

Jas hujan

Tidak perlu mengambil jas hujan jika ramalan cuaca untuk beberapa hari mendatang menjanjikan nol kejatuhan. Namun, jika Anda melihat probabilitas setidaknya 10% atau Anda merencanakan pendakian beberapa hari, Anda harus membawanya dengan pasti. 

Beratnya sangat rendah dan tidak memakan banyak ruang. Jas hujan juga akan menyelamatkan Anda jika mengalami situasi yang ekstrim. Tetap kering sangat penting untuk kesehatan Anda. Ada juga opsi untuk menggunakan jubah plastik sekali pakai jika Anda adalah pendaki  sesekali dan ingin berhemat. Namun, mereka tidak sekuat jas hujan yang dapat digunakan kembali.

Pakaian Ekstra

Di beberapa wilayah AS dan di seluruh dunia, Anda mungkin menghadapi kondisi cuaca yang sering berubah, terutama jika Anda mendaki menuju puncak gunung atau di sepanjang pantai samudra. Jika Anda akan mengikuti uji coba beberapa hari, juga harus ingat bahwa suhu turun pada malam hari.

Jika itu masalahnya atau ramalan cuaca tidak jelas, Anda harus membawa beberapa pakaian ekstra untuk bisa menggantinya jika cuaca terlalu dingin. Lebih mudah melepas mantel saat Anda panas daripada menghangatkan diri saat suhu turun.

Bank Daya

Power bank (bagian belakang baterai portabel) adalah aksesori yang sangat nyaman yang memungkinkan Anda mengisi daya ponsel cerdas, navigator, perangkat pensinyalan elektronik, atau bahkan lampu depan Anda (jika didukung dengan baterai internal).

Power bank modern memiliki dari 5000 mAh hingga 20000 mAh, yang cukup untuk mengisi daya rata-rata smartphone hingga penuh dari 2 hingga 10 kali. Bawalah baterai dengan kapasitas terbesar jika Anda akan mendaki selama lebih dari satu hari, mengambil foto, menelepon, dan menggunakan navigasi.

Pertolongan pertama

Tidak perlu menjelaskan betapa pentingnya untuk dapat membantu diri sendiri dan rekan pendaki jika Anda atau seseorang terluka. Anda dapat membeli kotak P3K yang sudah jadi atau mengumpulkan semua yang penting sendiri. 

Dalam kedua kasus tersebut, perlengkapan Anda harus mencakup perban, penjepit baja tahan karat, handuk kecil antiseptik dan antiseptik cair, pembalut kain kasa, dan selimut darurat. Beberapa ahli juga merekomendasikan penggunaan lem bio yang membantu memperbaiki luka dengan sangat cepat, serta plester untuk menutup luka terbuka kecil.

Sebaiknya Anda juga mengunjungi Kelas Pertolongan Pertama Wilderness di kota Anda untuk mengetahui cara memberikan pertolongan pertama di alam liar dengan benar. Ini sangat berbeda dari pertolongan pertama pada umumnya dan membutuhkan pengetahuan.

Perangkat Pensinyalan

Pilihan paling sederhana adalah dengan membuat peluit tiup dan cermin sinyal. Dengan menggunakan kedua alat dengan sumber api / asap, Anda dapat dengan mudah membiarkan tim penyelamat memperhatikan Anda dari jauh. 

Ini adalah item yang penting tetapi tidak pasti paling efektif. Anda juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dari perangkat elektronik, seperti perangkat SMS satelit atau suar darurat industri. Harganya cukup mahal, tetapi tingkatkan peluang Anda untuk mendapatkan bantuan dengan cepat beberapa kali. 

Sebenarnya, bahkan ponsel cerdas Anda pun dapat membantu. Jika tidak ada sinyal di area tersebut, Anda masih dapat menggunakan senter di ponsel sebagai lampu sorot atau memanjat pohon atau bukit yang tinggi untuk mengejar sinyal. Selalu coba semua yang Anda miliki untuk mendapatkan bantuan lebih cepat.

Navigasi

Tentu saja, smartphone modern dapat berfungsi sebagai kompas digital, tetapi mereka menjadi sama sekali tidak berguna saat Anda meninggalkan zona jangkauan sel atau menenggelamkan gadget di aliran hutan. Di situlah kompas plastik atau logam klasik dapat menyelamatkan hidup Anda.

Tentunya juga sangat mudah menggunakan kompas untuk bernavigasi dengan peta kertas. Jika Anda ingin memanfaatkan teknologi dalam kondisi lanskap apa pun, disarankan untuk membeli navigator elektronik khusus tahan air dan tahan guncangan.

Obat nyamuk

Bergantung pada waktu dan area yang dijelajahi, Anda mungkin membutuhkan obat nyamuk untuk mengusir semua serangga yang berpotensi berbahaya dan mengganggu. Pengobatan alami seperti minyak esensial dari lemon eucalyptus dan tanaman serupa dapat membantu dengan cukup baik. 

Namun, mereka tidak dapat memberikan perlindungan sebanyak DEET dan solusi berbasis picaridin. Repelan terbaik datang sebagai semprotan dan lotion. Efisiensi perangkat pengusir ultrasonik tidak disetujui oleh pengujian apa pun, sementara lilin serai wangi yang populer hanya berfungsi saat Anda tinggal di kamp dan tidak ada angin sama sekali.

Api

Jika Anda seorang pramuka berpengalaman dan diajari cara menyalakan api dengan beberapa tongkat dalam keadaan apa pun, Anda mungkin tidak memerlukan nasihat. Jika tidak, jangan lupa untuk membawa sebungkus korek api tahan badai yang akan tetap kering meskipun Anda tidak sengaja mandi di kolam. Sebaiknya Anda juga memasukkan kapas ke dalam kotak korek api untuk menyalakan api lebih cepat saat bahan kering tidak cukup.

Pilihan lain termasuk korek api tahan angin, kaca pembesar (hanya bekerja saat cerah, korek api militer tahan air, korek api biasa, starter api silika. Sangat menyenangkan juga mengetahui cara menggunakan bor busur buatan tangan untuk menyalakan api. 

Bagaimanapun, Anda harus menjaga api di bawah pengawasan ketat dan memulainya hanya di area yang diizinkan. Ada banyak kasus ketika pejalan kaki yang tersesat memulai kebakaran hutan yang mencoba meminta bantuan. Berhati-hatilah.

Kit Perbaikan

Membangun tempat berlindung, mencari bahan mentah, dan membuat / memperbaiki apa pun dalam keadaan normal dan darurat mengharuskan Anda untuk memiliki setidaknya satu set alat dasar, termasuk selotip / lakban, pisau multitool, dan kabel listrik. Memiliki semua ini, Anda akan dapat bertahan lebih lama jika terjadi keadaan darurat.

Bivvy + Shelter untuk Keadaan Darurat

Bivvy (kependekan dari bivak) adalah tempat berlindung yang baik untuk keadaan darurat yang tidak memakan banyak tempat di tas punggung Anda yang sudah penuh. Ini akan membantu Anda bermalam di hutan jika Anda tidak membawa kantong tidur atau berada dalam situasi darurat.

Ambil Perlengkapan yang Cukup

Apakah ada kebutuhan untuk membawa semuanya ke jalan setapak? Tentu saja tidak. Anda harus memutuskan jarak yang akan ditempuh dan memahami seperti apa cuaca pada siang hari.

Aspek-aspek ini akan memberi tahu Anda berapa banyak peralatan, pakaian, makanan, air, dan perlengkapan lain yang benar-benar Anda butuhkan. Aturan praktisnya adalah semakin jauh Anda melangkah, semakin banyak perlengkapan yang Anda butuhkan. Selamat mendaki!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.