Penerbangan Dipindah, Bandung Yakin Wisatawan Tak Berkurang

0
89
Chnatown Bandung (Foto: .travelingyuk.com)

BANDUNG, bisniswisata.co,id: Bandung tetap optimis kunjungan wisatawan tidak akan berkurang bahkan tidak berdampak signifikan terhadap kedatangan wisatawan, meski terjadi pemindahan rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka. Sebanyak 12 rute penerbangan domestik tak lagi melalui di Kota Bandung.

“Bisa dikatakan orang akan kaget karena pada awalnya 12 penerbangan hilang dari Kota Bandung. Tapi saya katakan tidak khawatir (turun). Insya allah kita positif,” papar Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Aswin Sulaeman, di Bandung seperti diunduh laman Merdeka, Ahad (23/06/2019).

Dilanjutkan, Kota Bandung memiliki daya tarik sendiri dari sisi pariwisara. Karena itu diyakininya kota kembang tetap menjadi destinasi wisata favorit di Jawa Barat yang menjadi pilihan wisatawan. Kota Bandung dikenal sebagai kota kreatif yang selalu memiliki daya tarik. Banyak juga, potensi dari wisata kuliner, fesyen, dan selfie yang dimiliki Kota Bandung.

“Karena ekonomi akan terus berjalan. Bagaimana terus berjalan ini yang saya andalkan di masyarakat Kota Nandung. Kreativitas orang-orang Kota Bandung itu luar biasa,” ujarnya.

Diakui, sejumlah alternatif disiapkan untuk menyikapi kebijakan ini. Selain akses jalan yang sedang dibangun pemerintah lewat Tol Cisumdawu, kata dia, paket-paket wisata juga sudah dirancang dengan kondisi pemindahan bandara ke Kertajati. Intinya, ia memastikan Kota Bandung tetap siap memenuhi kebutuhan kemudahan perjalan wisata ke Kota Bandung.

Tahun 2018 wisatawan yang datang ke Kota Bandung mencapaii tujuh juta orang baik dari lokal dan mancanegara. Dari jumlah tersebut didominasi wisatawan yang datang melalui bandara sekitar 75-90 persen.

Aswin meminta masyarakat ataupun pelaku usaha di Kota Bandung tidak pesimis menyikapi kebijakan pengalihan penerbangan ini. Ia mendorong agar masyarakat Kota Bandung semakin kreatif untuk memancing wisatawan tetap datang ke kota kembang.

“Kita dorong masyarakat. Sekali lagi didorong agar masyarakat muncul ke permukaan. Kalau pemerintahnya saja yang muncul besok juga pareum (tutup) tempat wisata. Tapi kalau masyarakat maka akan tambah besar tambah besar,” katanya.

Sebagai salah satu destinasi yang sering dikunjungi, wisata kota Bandung sudah sangat terkenal baik bagi wisatawan asing maupun domestik. Tempat Wisata Kota Bandung seakan selalu menawarkan sejuta keindahan yang tak pernah ada habisnya. Dengan keindahannya, sudah banyak film film yang melakukan pengambilan gambarnya di Bandung.

Inilah dsetinasi wisata di Kota Bandung yang kerap disambangi wisatawan antara lain,

#. Gedung Sate

Gedung sate merupakan salah satu wisata Kota Bandung yang sangat ikonik. Ciri khasnya adalah ornamen menyerupai 6 tusukan sate di atas pucuk bagunannyaGedung Sate ini juga merupakan pusat pemerintahan Kota Bandung sampai sekarang. Karena bangunannya yang ikonik dan bersejarah, Gedung Sate telah menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan di Bandung. Taman di sekeliling Gedung Sate adalah lokasi favorit untuk wisatawan berfoto ria. Pengunjung juga dapat memasuki Gedung Sate ini namun pada waktu tertentu dan harus memperoleh izin dari staf keamanan.

#. Masjid Raya Bandung dan Alun-alun Bandung

Jika berwisata ke kota Bandung tak lengkap jika tak singgah ke alun-alun Bandung, yang juga merupakan taman kota di depan Masjid Raya Bandung. Tempat ini telah menjadi objek wisata yang sangat populer di Bandung. Salah satu wisata Kota Bandung ini sudah sangat ramah pengunjung dengan berbagai macam renovasi dan memiliki banyak fasilitas. Lahan parkir disulap menjadi taman seluas 1.200 meter persegi dibungkus dengan rumput hijau sintetis. Di sini pengunjung bisa bersantai dengan teman atau keluarga. Alun-alun ini memiliki fasilitas seperti arena bermain anak, perpustakaan, dan juga tersedia jaringan WiFi. Di sebelah utara alun-alun, terdapat sebuah halte bus yang cukup panjang untuk melengkapi fasilitas di taman pusat kota ini.

#. Forest Walk

Salah satu destinasi yang bisa dikunjungi di Bandung adalah Forest Walk yang berada di Taman Hutan Babakan Siliwangi. Pengunjung bisa berjalan menyusuri hutan kota sambil menghirup udara sejuk. Bahkan Anda juga bisa menemukan aneka ragam satwa seperti burung dan tupai. Anda juga tak perlu repot karena wisata alam ini terletak di tengah Kota Bandung. Tak lupa sambil berkeliling, dapatkan spot-spot foto yang instagramable.

#. Little Seoul Bandung

Little Seoul Bandung ini merupakan wisata Kota Bandung selanjutnya. Buat kamu penyuka Korea Selatan, dan belum sempat berkunjung kesana, khususnya Ibukot Seoul kamu bisa pemanasan dulu ke Little Seoul Bandung ini. Terletak tidak jauh dari Stasiun Bandung, salah satu wisata Kota Bandung ini benar-benar bernuansa Seoul dari desainnya. Disini kamu juga bisa menikmati wisata kuliner ala Korea dan juga berdandan ala orang orang Korea.

#. Ranca Upas

Ranca Upas terkenal sebagai lokasi camping ground yang lokasinya tak jauh dari obyek wisata Kawah Putih. Bila Anda berkemah di sana, Anda dapat menikmati mulai dari udara yang sangat sejuk, suasana tenang, milky way, hingga indahnya matahari terbit di pagi hari. Selain berkemah, di sana Anda dapat menemukan kolam air panas, area outbond, serta penangkaran rusa.

#. Dago Dream Park

Dago Dreampark berlokasi di kawasan Dago Giri, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Terdapat sekitar 30 macam wahana di sana. Ada dua kawasan di Dago Dreampark, yakni wahana bagian atas dan wahana bagian bawah. Wahana atas didominasi dengan tempat-tempat bermain anak seperti tempat memberi makan kelinci dan kambing, kereta yang ditarik ATV, mandi bola, track sepeda, hammock, dan panahan. Sementara itu, wahana bawah meliputi berkuda, kora-kora, memancing, flying fox, perahu, ATV, dan Antigravity. Harga tiket masuknya sekitar Rp 20.000.

#. Chinatown Bandung

China Town Bandung ini menjadi salah satu wisata Kota Bandung yang selalu ramai. Di tempat ini sering diadakan atraksi Barongsai, yang menjadi salah satu daya tarik utamanya. Selain itu, sesuai namanya, tempat wisata Kota Bandung ini tentunya menawarkan suasana seakan berada di China. Disini juga terdapat museum Bandung China Town yang berisi informasi mengenai perkembangan China peranakan di Kota Bandung serta sejarah yang berkaitan dengan kebudayaan Tionghoa. Tempat ini juga menyimpan barang-barang antik bukti sejarah keberadaan kebudayaan Tionghoa sejak zaman dulu di Indonesia

#. Tebing Keraton

Tebing Keraton berlokasi di Kampung Cihargem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, tebing ini masih berada dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir H Juanda. Dari pintu gerbang Taman Hutan Raya Ir H Juanda, pengunjung hanya perlu mengikuti jalan lurus sepanjang kurang lebih 500 meter, hingga menemukan papan penanda jalan menuju Tebing Keraton. Sesampainya di sana, Anda akan disuguhkan pemandangan indah dari ketinggian. Pengunjung biasanya mengincar matahari terbit dari atas puncak Tebing Keraton. Tak heran saking cantiknya, tempat ini menjadi spot foto yang instagramable.

#. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest berada di Jalan Raya Lembang, Desa Cikole, Kabupaten Bandung Barat, sekitar lima kilometer dari Alun-alun Lembang. Di sana Anda akan menemukan mulai dari ragam koleksi anggrek, pohon pinus, flying fox, Rabbit Forest, camping ground, hingga jembatan kayu gantung atau wooden bridge. Uniknya, pada malam hari, wooden bridge pun berubah menjadi taman lampu yang indah. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here