NASIONAL NEWS

Pemkab Wakatobi Abadikan Spot Dive Terbaik Sebagai Dive Spot Jokowi Point

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana saat melepas Tukik di Wakatobi Patuno Resort.          ( Foto: Seketariat Presiden) 

WANGI-WANGI, bisniswisata.co.id: Pemerintah Kabupaten Wakatobi memberikan anugerah Dive Spot Jokowi Point kepad⁸a Presiden Jokowi dalam kunjungan membuka GTRA Summit 2022 dan aksi Konservasi transplantasi karang di tepi pantai depan Wakatobi Patuna Resort, hari ini.

Bupati Wakatobi H. Haliana mengatakan bahwa penganugerahan itu lahir dari hati nurani masyarakat Wakatobi terutama komumitas pecinta lingkungan, komunitas selam, stakeholder pariwisata, pelajar, mahasiswa  pecinta selam.

Selain rasa syukur, sejak Wakatobi ditetapkan sebagai 10 Destinasi Prioritas Nasional oleh Presiden pada 2016 telah banyak kemajuan dan perubahan yang pesat. Harkat dan martabat daerah terangkat begitu tinggi karena memiliki posisi strategis di level nasional bahkanbdunia, kata Bupati H. Haliana.

“Oleh karena itu kami ingin mengabadikan nama Presiden Jokowi di tempat penyelaman terbaik di dunia bertepatan dengan beberapa momentum penting terkait misi konservasi seperti Hari Lingkungan Hidup sedunia 5 Juni, Peringatan World Ocean Day, 8 Juli dan bertepatan pula dengan Coral Triangle Day yang jatuh hari ini pada 9 Juni 2022 dan diperingati di seluruh dunia,” kata bupati.

Dive spot yang didedikasikan pada Presiden Jokowi merupakan dive spot terbaik di pulau Wangi-wangi sebagai ibukota Wakatobi, tepatnya di Sombu Dive. Tempat penyelaman ini memiliki keunggulan berupa akses yang mudah, visibility yang jernih dan relatif aman dari arus yang ekstrim.

“Selain itu memiliki keragaman biota yang tinggi dan panorama bawah laut yang sangat indah. Keseluruhan atribut duve spot ini menurut penilaian kami mewakili profil Presiden Jokowi sebagai sosok pimponab merakyat, ramah, plural dan bekerja nyatavuntuk bangsa,” ungkap bupati Wakatobi H. Haliana.

Menurut dia, selama ini Presiden Jokowi juga sangat aktif mempromosikan pariwisata Indonesia bahkan kemana saja Presiden berkunjung ke destinasi wisata terjadi Jokowi Effect karena Presiden otomatis menjadi influencer atau key opinion atau key opinion leader yang mempengaruhi preferensi perjalan wisata banyak orang.

Wakatobi di tingkat nasional masuk 10 Destinasi unggulan. di tingkat global ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu cagar biosfer bumi ke 8 di Indonesia pada 2012 dan di tingkat Regional Asean, Wakatobi ditetapkan ssbagai Asean Heritage Park.

Wakatobi  memiliki potensi sumberdaya alam yang tinggi khususnya wilayah laut dan pesisirnya antara lain keragamaln halyati bawahblaut tertinggi di dunia mencapai 750 species terumbu karang dari 850 species yang ada di dunia.

Kabupaten Wakatobi memiliki 942 jenis ikan serta memiliki bentangan atol tunggal terpanjang di dunia yaitu meliputi 48 km yang menjadikan Wakatobi sebagai destinasi penyelam dunia.

Presiden yang datang bersama ibu negara Iriana Jokowi juga melepas 100 anak tukik bersama Siti Nurbaya Bakar, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dalam aksi konservasi sekaligus menandai nama site Jokowi Point.

” Semoga menjadi inspirasi bagi Indonesia dan dunia untuk tingkatkan tanggungjawab bersama mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan,” kata H.Haliana.

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)