Pariwisata Sumsel Raih Juara Umum API 2018

0
100
Gubernur Sumsel Herman Deru memegang piala Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 sebagai juara umum (Foto: Republika.co.id)

PALEMBANG, bisniswisata.co.id: Pariwisata Sumatera Selatan (Sumsel) meraih gelar juara umum Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018. Juara ini diraih setelah menggalkan kompetitor provinsi lainnya, juga meraup beberapa kategori dalam API. Selain itu, menunjukkan komitmen Sumsel dalam pariwisata benar-benar komitmen untuk memajukannya.

Menjadi juara umum mendapat apresiasi Gubernur Sumsel Herman Deru. Di kantor Gubernur Sumsel Jalan Kapten A Rivai, Jumat (23/11), Gubernur Herman Deru menerima langsung piala juara umum API 2018 dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupar) Irene Camelyn.

“Alhamdulilah keberhasilan Sumatera Selatan sebagai juara umum API 2018 harus menjadi pemantik untuk mendorong semakin banyaknya kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Sumatera Selatan,” kata Herman.

Herman mengaku, bangga dengan prestasi yang diraih Sumsel dari tujuh kategori. Salah satunya untuk kategori Wisata Halal Terpopuler yang berhasil meraih juara pertama untuk Alquran Al Akbar, Palembang.

“Kita turut bangga sebab destinasi halal kita sudah diakui menjadi yang terpopuler. Ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan saat ini,” ujarnya.

Gubernur mengharapkan, prestasi tersebut bisa dipertahankan dan ditingkatkan. “Pada API yang akan datang Sumatera Selatan dapat menambah kemenangan dari kategori yang lain,” pesannya.

Atas prestasi menjadi juara umum API 2018 menurut Kepala Disbudpar Sumsel Irene Camelyn, saat ini pariwisata Sumatera Selatan masih terus berbenah. “Masih banyak potensi wisata terus digali, ada wisata alam, kuliner hingga pakaian khas daerah,” katanya.

Pada API 2018, dari 18 kategori yang dilombakan, pariwisata Sumsel berhasil masuk nominasi dalam tujuh kategori. Menurut Irene Camelyn, dari tujuh kategori tersebut seluruhnya berhasil meraih menjadi juara I dan II.

“Untuk juara I Sumsel berhasil kategori wisata halal terpopuler yaitu Alquran Al Akbar – Kota Palembang, kategori kampung adat terpopuler Kampung Al Munawwar – Kota Palembang dan juara I kategori wisata kreatif terpopuler yaitu Pelancu – Kabupaten Lahat,” ujarnya.

Pada empat kategori lainnya, pariwisata Sumsel berhasil meraih juara II untuk kategori dataran tinggi terpopuler : Gunung Dempo – Kota Pagaralam, katgeori objek wisata unik terpopuler : Taman Nasional Sembilang – Kabupaten Banyuasin, kategori wisata olahraga & petualangan terpopuler : Mountain Bike Bukit Sulap – Kota Lubuklinggau dan kategori promosi pariwisata digital terpopuler : Pesona Sriwijaya (IG/TW) – Provinsi Sumatera Selatan. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.