Menteri PUPR Ingin Jalur Selatan Jadi Lokasi Piknik Pemudik

0
288
Wisata alam Green Canyon Ciamis butuh bandara agar ramai dikunjungi wisatawan

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berbenah memperbaiki jalan jelang momen arus mudik Lebaran 2018. Salah satu rute mudik yang giat dipersiapkan adalah jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono turut mempromosikan ruas jalan nasional sepanjang 1.405 kilometer (km), yang menghubungkan Kabupaten Pandeglang, Banten di ujung barat pulau, hingga Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur di ujung timurnya.

Menurutnya, jalur tersebut layak dipakai oleh para pemudik lantaran kondisi jalan sudah terbangun dengan baik. Selain itu, pemudik juga bisa sekalian piknik sebab Pansela menawarkan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

“Kami sudah mengecek Pansela, sangat bagus dan di sana pun sangat banyak sekali destinasi wisata. Di samping memperlancar atau jadi alternatif jalur mudik, kita juga bisa menikmati destinasi wisata di Pantai Selatan Jawa,” ungkap Menteri PURR seperti dilansir laman Liputan6, Jumat (01/06/2018).

Mengacu data Kementerian PUPR, setidaknya ada sekitar 36 objek wisata pantai di sepanjang jalur selatan. Dari jumlah tersebut, beberapa yang telah terkenal di antaranya Pantai Congot, Pandansimo, Parangtritis, Soge, Laguna Glagah, Kwaru, dan Bantul.

Selain itu, saat ini sudah banyak hotel dan tempat peristirahatan di Pansela yang lebih murah dibanding di kawasan Pantai Utara (Pantura). Tidak hanya itu, lalu lintas di jalur selatan pun cenderung lebih sepi, serta punya pemandangan indah dan banyak tempat wisata.

Terkait kondisi ruas, jalur yang memiliki lebar jalan 5-7 meter tersebut sudah tersambung baik di empat provinsi, yakni dari Banten-Jawa Barat-Jawa Tengah-Yogyakarta.

Menteri Basuki menegaskan, pengerjaan akan terus dikejar demi menyelesaikan sebagian jalur Pansela yang belum tersambung utuh, yakni dari Trenggalek-Tulung Agung-Malang-Banyuwangi.

“Jalur Pansela sudah bagus dari Banten sampai Yogyakarta, hanya sedikit di Kebumen ada ruas yang belum dilebarkan dan akan dikerjakan tahun ini. Selanjutnya dari Yogyakarta hingga Ponorogo, beberapa waktu lalu saya lewati, jalannya sudah cukup lebar,” tukas dia.

Pulang kampung alias mudik menjadi tradisi penduduk Indonesia menjelang Idul Fitri. Bagi pengguna jalur darat, kemacetan seakan sudah tidak bisa dihindarkan. Ibarat pepatah, selalu ada kesempatan dalam kesempitan. Saat melintas di Jalur Selatan atau Jalur Utara, sebenarnya ada banyak objek wisata yang bisa didatangi.

Berikut ini rekomendasi tempat wisata sepanjang jalur mudik Lebaran Jalur Selatan:

#. Kawah Putih di Bandung

Setelah Gunung Patuha meletus pada abad ke-10, sebuah danau belerang cantik yang dinamakan Kawah Putih terbentuk. Berkat penjelajahan ilmuwan Dr. Franz Wilhelm Junghuhn pada 1837, saat ini danau yang dulu disebut mematikan itu ramai dikunjungi wisatawan.

#. Kampung Naga di Tasikmalaya

Sama seperti Pemukiman Badui, Kampung Naga merupakan saksi hidup peralihan pengaruh Hindu ke Islam di Jawa Barat. Saat ini, alamnya masih lestari, walau sempat dibumihanguskan oleh kelompok DI/TII pada 1956.

#. Sentra Kerajinan Bordir di Tasikmalaya
Masyarakat Tasikmalaya dikenal dengan kerajinan tangannya yang apik. Segala tekstil dengan metode bordir bisa didapatkan di Sentra Kerajinan Bordir, tentu saja harganya lebih murah dari yang sudah ada di pasaran.

#. Sentra Kerajinan Anyaman Rajapolah di Ciamis

Siap-siap kembali berbelanja di Ciamis, karena ada Sentra Kerajinan Anyaman Rajapolah. Bagi yang sedang mencari pernak-pernik dekorasi rumah bisa mendapat banyak pilihan di sini.

#. Green Canyon di Ciamis

Selain belanja, Ciamis juga memiliki wisata alam yang telah dikenal luas, yaitu Green Canyon. Berenang atau berlayar dengan kapal kecil bisa jadi aktivitas menarik di sini.

#. Baturaden di Purwokerto

Berada di kaki Gunung Slamet, Lokawisata Baturaden menyediakan segala kegiatan wisata dalam satu tempat, mulai dari air terjun, kereta mini sampai kolam renang.

#. Pantai-pantai di Pacitan

Ada banyak pantai cantik di Pacitan, lima di antaranya yang terkenal ialah Pantai Banyu Tibo, Pantai Buyutan, Pantai klayar, Pantai Srau dan Pantai Watu Karung.

#. Jatim Park di Batu

Sama seperti Baturaden, Malang juga memiliki lokawisata Jatim Park. Pilihan wisatawanya mulai dari museum, kebun binatang sampai perkebunan apel yang siap dipetik. (NDHIK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.