Mbangun Ngamarta, Wayangan Suran dari Pemda Yogyakarta

0
19

Dalang Suharsono (Ki Cermo Sugondo) membawakan lakon Mbangun Ngamarta. ( Foto: Satrio Purnomo)

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: Pagelaran wayang kulit  dengan lakon Mbangun ngamarta  mempunyai nilai yang sangat penting karena disamping dapat memberikan ruang kepada seniman untuk berkreasi di tengah pandemi global, juga dapat memperkenalkan dan menanamkan kecintaan akan khasanah budaya Indonesia kepada generasi muda, kata Drs. Kadarmanta Baskara Aji, Sekda DIY.

“Tidak sekedar menghadirkan tontonan saja, namun juga tuntunan, melalui cerita yang penuh filosofi dan ajaran luhur yang tercermin dari watak dan karakter tokoh-tokoh wayang yang mencerminkan kepribadian kita,” ujarnya saat membuka acara.

Wayang mempunyai pengertian “Wewayanging Ngaurip” yang artinya gambaran kehidupan kita bersama. Potensi kesenian wayang ini merupakan sesuatu yang sangat strategis untuk dikembangkan.

Tidak saja untuk membendung arus besar budaya populer yang cenderung mengesampingkan norma dan nilai kemanusiaan, akan tetapi seni pertunjukan wayang ini diharapkan dapat meminimalisasi pandangan yang sempit tentang nilai kehidupan serta kemanusiaan, tambahnya. 

Untuk itulah pihaknya menyambut baik serta menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY dan Paguyuban Dalang Muda “Sukrokasih” DIY yang telah menyelenggarakan pementasan wayang kulit ini.

Bintang tamu a.l Elisha Orcarus Alasso, Sugeng Iwak Bandeng dan  Aldo Iwak Kebo.

” Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Dalang Suharsono (Ki Cermo Sugondo), beserta seniman lainnya yang telah bersedia untuk menghibur kita semua dengan kreasi yang memadukan konsep yang memuat unsur seni serta pesan moral dengan melibatkan seniman lokal, ” 

Disamping itu, wayang sekaligus dapat dipakai sebagai sarana kegiatan kita dalam memajukan nilai-nilai universal seperti keadilan, kesetaraan dan demokrasi serta nilai-nilai kebangsaan sehingga harus dipertahankan mempertahankan khasanah seni budaya yang sudah ada sejak dulu.

Menurut dia dengan sebanyak mungkin menampilkan pertunjukan-pertunjukan seni budaya ditengah masyarakat maka seni budaya akan terus diturunkan bagi generasi selanjutnya untuk dilestarikan dan dijaga keberadaannya.

Agenda Wayangan Suran Pemda Yogyakarta yang rutin digelar menyambut bulan Suro ini mengambil tema  Mbangun ngamarta Dalang: Ki Gondo Suharno, S.Sn. ( MB Cermo Sugondo) dengan pengiring dari Sanggar Kademangan. Bisa ditonton YouTube LIVE Streaming TasteOfJogja Disbud DIY,  Sukra Kasih Channel Ki Gondo Suharno Channel. Hadir pula bintang tamu a.l Elisha Orcarus Alasso, Sugeng Iwak Bandeng dan  Aldo Iwak Kebo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.