HALAL INTERNATIONAL LIFESTYLE NEWS

Masjid Pertama Kanada Membuka Tempat Penampungan untuk Tunawisma

EDMONTON, bisniswisata.co.id:  Masjid Al-Rashid di Edmonton, Kanada telah membuka pintunya sebagai tempat berlindung bagi warga Edmonton yang rentan, selama empat tahun berturut-turut, menawarkan tempat tidur gratis dan ruang hangat bagi para tunawisma selama cuaca dingin yang ekstrem.

Masjid dibuka ketika Kota Edmonton mengaktifkan respons cuaca ekstremnya pada 29 November untuk membantu menjaga warga Edmonton yang rentan tetap aman selama cuaca dingin yang diperkirakan terjadi di musim dingin.

 “Menjadi perhatian dan kasih sayang untuk sesama manusia adalah bagian sentral dari Islam.  Keberadaan warga tunawisma yang tak terhitung jumlahnya di Edmonton menunjukkan perlunya kita semua untuk maju dan mengulurkan tangan membantu,” kata Sadique Pathan, imam penjangkauan Masjid Al Rashid.

Dilansir dari aboutislam.net, ambang batas untuk mengaktifkan respons cuaca ekstrem Kota adalah suhu -20 derajat Celcius dengan angin dingin setidaknya selama tiga malam berturut-turut dan tingkat pemanfaatan shelter lebih dari 90 persen.

Menurut Homeward Trust, lebih dari 2.700 warga Edmonton adalahi tunawisma.Dari jumlah tersebut, lebih dari 800 diyakini tinggal di luar ruangan.

Masjid ini menawarkan 75 tempat tidur, buka dari jam 6 sore sampai jam 8 pagi setiap hari. Selain tempat berteduh, masjid menawarkan makanan hangat dan kebutuhan pokok kepada para tamu agar tetap aman dan hangat.

Bantuan Islam Juga

 Pengeloka Masjid berterima kasih kepada Islamic Relief Canada karena telah menyediakan 100 alat penghangat musim dingin untuk tempat penampungan.Islam mewajibkan semua tetangga untuk saling mencintai dan bekerja sama, berbagi kesedihan dan kebahagiaan.

Itu memerintahkan bahwa mereka harus membangun hubungan sosial di mana seseorang dapat bergantung pada yang lain dan menganggap hidup, kehormatan, dan hartanya aman di antara tetangganya.

Tindakan ramah dari Masjid Al Rashid ini sejalan dengan pola serupa yang diadopsi oleh beberapa masjid dan pusat Islam, melayani kebutuhan para tunawisma.

Januari lalu, ia membuka pintunya untuk melindungi anggota komunitas yang menghadapi musim dingin di jalanan.

Pada Januari 2020, masjid membuka pintunya untuk para tunawisma dan tunawisma selama cuaca musim dingin.

Setahun sebelumnya pada Februari 2019, masjid yang sama membuka pintunya untuk menampung orang miskin dan tunawisma dari semua agama.

 

  

 

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)