Manjakan Wisatawan, Infrastruktur Jalan Zona Pariwisata Lampung Dibangun

0
24
Taman Nasional Way Kambas Lampung (Foto: .lampung.co)

BANDAR LAMPUNG, bisniswisata.co.id: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bersinergi dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional XIX Bandar Lampung, untuk membangun pengembangan infrastruktur jalan zona pariwisata di Lampung. Infrastruktur zona pariwisata tersebut akan mendorong potensi ekonomi dan keamanan di wilayah destinasi wisata juga memanjakan wisatawan menuju lokasi wisata secara cepat.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, sinergitas dalam peningkatan akses jalan menuju destinasi wisata menjadi program pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan potens ekonomi, industri, serta keamanan.

“Saya mendukung pelaksanaan peningkatan pembangunan jalan nasional di wilayah tertentu, yang mempunyai kepentingan program pemerintah pusat dan pariwisata. Terlebih Presiden telah menginstruksikan infrastruktur jalan harus dibangun, terutama di wilayah wisata,” kata Gubernur Arinal Djunaidi seperti diunduh laman Republika, Jumat (08/11/2019).

Dilanjutkan, jalan nasional harus memiliki kualitas dan kelebaran sesuai standarnya, serta harus didukung dengan aspek keamanan. Agar jalan nasional ini memiliki kualitas yang baik, tentunya harus ada peraturan yang melarang kendaraan dengan tonase berlebih dan peraturan ini harus ditegaskan.

Untuk itu, sambungnya , Bina Marga dan Dinas Perhubungan harus bersama-sama membuat prosedur tetap (protap), sehingga jalan nasional tetap terjaga dan terpelihara. Gubernur mengusulkan sejumlah ruas jalan provinsi untuk menjadi jalan nasional. Pelebaran jalan nasional juga dilakukan guna mendukung program pemerintah pusat dan pemerintah daerah, apalagi menyangkut daerah destinasi wisata.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional XIX Bandar Lampung M Insal U Maha mengatakan, sinergitas dengan Pemprov Lampung dilakukan untuk mempermudah pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan nasional utamanya pada akses destinasi wisata daerah.

Dijelaskan, usulan gubernur agar sejumlah ruas jalan provinsi menjadi jalan nasional, dan adanya pelebaran pada jalan nasional, akan segera disampaikan kepada jajaran pemerintah terkait agar dapat dikaji pada Kementerian PUPR.

Perubahan status jalan provinsi menjadi jalan nasional ini harus diusulkan terlebih dahulu ke Kementerian PUPR. Mengingat SK Menteri PUPR akan keluar di tahun 2020, dan SK ini terbitnya dalam kurun lima tahun sekali. “Oleh karena itu, hal ini harus segera diusulkan, sehingga dapat dikaji tim Kementerian PUPR,” sambungnya.

Selama ini Lampung dikenal dengan destinasi wisata Gunung Anak Krakatau, ternyata gunung merapi yang kerap erupsi bukan satu-satunya objek wisata menarik yang bisa dikunjungi di Lampung, berikut ini sejumlah objek wisata menarik lainnya:

 Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas merupakan rumah dari ratusan gajah dan juga pusat konservasi yang memiliki fokus untuk melindungi spesies gajah di Indonesia. Jika wisatawan berkunjung ke tempat ini mereka juga dapat melihat berbagai pertunjukkan yang dilakukan oleh kawanan gajah terlatih. Berjarak 110 km dari kota Bandar Lampung, taman nasional ini dapat ditempuh dengan waktu dua sampai tiga jam dengan kendaraan bermotor.

Air Terjun Putri Malu

Terletak di wilayah Way Kanan, Air Terjun Putri Malu adalah salah satu tempat wisata di Lampung yang mungkin jarang Anda dengar namanya. Nama unik Air Terjun Putri Malu berasal dari bentuk air terjun yang bengkok sehingga terkesan seperti malu-malu. Air Terjun Putri Malu mempunyai ketinggian kurang lebih 80 meter, dilengkapi dengan lingkungan yang asri dan sejuk. Air Terjun Putri Malu banyak dikunjungi oleh para pecinta alam yang kemudian berfoto-foto dan berenang di danau yang ada di bawah Air Terjun Putri Malu. Selain itu, di lokasi ini Anda juga dapat menikmati wisata panjat tebing, berkemah, dan trekking.

. Mata Air Way Sumpuk

Mata Air Way Sumpuk mempunyai air yang sangat jernih sampai memungkinkan wisatawan untuk mengambil foto dengan berbagai pose di dalam air. Namun ada baiknya para wisatawan yang datang membawa perlengkapan berenang atau menyelam mereka sendiri, dikarenakan belum ada pengembang yang memelihara tempat ini, sehingga tidak terdapat peralatan berenang yang dapat disewakan. Terletak di tengah perkebunan, destinasi wisata ni memang tidak luas, tapi airnya sangat jernih, sehingga cocok buat yang ingin berfoto di dalam air.

Teluk Kiluan

Tersembunyi di ujung Pulau Sumatera, sekitar 80 kilometer dari Kota Bandar Lampung, Teluk Kiluan kini menjadi spot destinasi yang diincar para wisatawan. Mirip seperti Pantai Lovina di Bali, Teluk Kiluan juga menyajikan atraksi lumba-lumba yang melompat di perairan terbuka Teluk Kiluan. Lumba-lumba yang akan menghampiri kapal Anda adalah lumba-luma jenis hidung botol (Tursiops aduncus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris). Teluk ini juga terkenal dengan keindahan biota lautnya, para wisatawan dapat berwisata dengan menyewa perahu untuk melihat kekayaan laut di Teluk Kiluan. Jika wisatawan tersebut sedang beruntung maka mereka akan dapat melihat lumba-lumba berenang di sekitar perahu mereka.

 Wisata Danau

Lampung memiliki dua wisata danau yang terkenal. Danau Suoh dan Danau Ranau. Danau Suoh berada di Lampung Barat dan terkenal dengan wisata geothermalnya. Dikawasan ini, ada empat danau, yakni Danau Asam, Danau Minyak, Danau Belibis, dan Danau Lebar. Karakteristik keempat danau tersebut berbeda-beda sesuai namanya, seperti Danau Asam dengan air pH rendah dan rasanya asam atau Danau Minyak yang permukaannya terlihat berkilau, seperti minyak mengambang. Di sekitar Danau Belibis terdapat padang ilalang yang tumbuh liar dan salah satu titik favorit untuk berfoto. Sementara Danau Ranau menjadi salah satu obyek wisata favorit karena pemandangan yang menghampar luas. Saat mampir ke lokasi ini, terlihat Gunung Seminung yang menghiasi latar belakang pemandangan di Danau Ranau. Juga tersedia kolam pemandian air panas.

 Wisata Pantai

Ada tiga pantai yang ngetop di Lampung. Pantai Tanjung Setia, Pantai Dewi Mandapa, Pesawaran dan Pantai Pasir Putih. Pantai Tanjung Setia terkenal di kalangan wisatawan asing karena spot selancar. Pantai ini ibarat tempat rahasia yang menawan. Banyak sekali titik selancar yang menarik dan menantang. Berbagai aktivitas seru bisa Anda lakukan. Selain berselancar, Anda juga bisa berenang, menyelam, berperahu, berlayar, snorkeling, memancing, berjemur matahari, menyusuri pantai, mengumpulkan karang dan berfoto. Di sekitar lokasi juga tersedia beberapa cottage sehingga para wisatawan tak kesulitan untuk mencari tempat menginap. Sementara Pantai Pasir Putih Berlokasi di Ranggai Tri Tunggal ini, bukan hanya pasir dan pemandangannya saja yang menawan, namun kegiatan seperti snorkeling, surfing, dan kano juga mungkin dilakukan di tempat wisata ini.

 Goa Pantai Minang Rua, Bakauheni
Kabupaten Lampung Selatan jadi gudangnya wisata pantai indah, seperti salah satunya Pantai Minang Rua. Salah satu daya tarik yang ada di sana bukan hanya garis pantainya, bukit batu, dan gua juga menambah wibawa pantai ini.

 Wisata Bahari Pulau

Tercatat Lampung memiliki dua wisata bahari pulau yang sangat keren. Pulau Tegal Mas dan Pulau Kubur. Tak kalah dengan pulau dan pantai eksotis di Bali, pasir putih, birunya laut, serta cottage dan vila bergaya tropical mewarnai Pulau Tegal Mas. Beragam kegiatan air yang bisa kamu lakukan di sana, seperti snorkeling hingga bermain kano. Sementara di Pulau Kubur mungkin terdengar seram bagi sebagian orang, namun sebenarnya Pulau Kubur adalah surganya para pecinta kegiatan memancing. Menurut cerita warga setempat, pulai ini dinamai Pulau Kubur karena dulunya pulau ini digunakan untuk acara penaburan abu jenazah. Berlokasi di Teluk Lampung, pulau ini dapat dicapai dengan menggunakan perahu dalam waktu kurang lebih 20 menit. Pulau Kubur relatif sepi pada hari-hari biasa, namun pada hari libur dapat terlihat cukup banyak wisatawan yang datang untuk memancing. Ikan di sekitar Pulau Kubur sangat banyak dan beragam karena ada banyak karang besar yang merupakan habitat ikan di sekitar Pulau Kubur.

Muncak Teropong Laut

Muncak Teropong Laut memungkinkan kamu menikmati keindahan Teluk Lampung beserta perkotaan dari atas ketinggian. Birunya laut dan sejumlah pulau kecil akan menjadi latar berfoto yang kian indah seiring datangnya senja. Ada sejumlah gardu berbentuk unik yang bisa kamu gunakan untuk berfoto. Sekilas, tempat ini terlihat seperti versi mininya The Lodge Maribaya, Bandung.

#. Kebun Karet Trikora

Perkebunan Karet Trikora yang ada di Lampung Selatan ini katanya mirip banget dengan pemandangan di Korea Selatan. Pohon-pohon karet di kanan dan kiri jalan saling bertautan, membentuk terowongan alami yang keren dan Instagramable. Gak salah kalau tempat ini sering jadi jujugan anak-anak muda lampung buat hunting foto, mulai dari sekadar isi feed Instagram sampai kebutuhan pre wedding. Area perkebunan ini di bawah kepemilikan PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN 7). Serunya lagi, kamu bisa melihat proses penyadapan karet dan pembekuannya. Jadi bisa wisata sekaligus belajar hal baru, deh.

 Goa Pantai Minang Rua, Bakauheni

Kabupaten Lampung Selatan jadi gudangnya wisata pantai indah, seperti salah satunya Pantai Minang Rua. Salah satu daya tarik yang ada di sana bukan hanya garis pantainya, bukit batu, dan gua juga menambah wibawa pantai ini. (ndy/Republika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.