Lonely Planet: 10 Kota Wisata Terbaik 2020

0
21
. Salzburg, Austria

MELBOURNE, bisniswisata.co.id: Kota Salzburg di Austria, tempat lahir Wolfgang Amadeus Mozart dan lokasi syuting film ‘The Sound of Music’, terpilih sebagai kota wisata terbaik untuk tahun depan versi Lonely Planet. Ada 10 kota wisata terbaik, sayangnya kota di Indonesia tak ada yang lolos

Dikutip dari CNN Travel, Selasa (22/10/2019), Salzburg disebut menawarkan keindahan pemandangan dan keunikan budaya yang pasti menjadi magnet kedatangan wisatawan. Berada di antara utara dan selatan Eropa, kota ini juga dikenal dengan festival musim panas Salzburg Festival. Dalam festival ini turis bisa menikmati pertunjukan musik, teater, di seni budaya di seantero kota.

Kota yang masih padat dengan bangunan berarsitektur Baroque dan kental dengan budaya Jerman-Italia ini juga masuk dalam daftar Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO. Dalam menyusun daftar ini, Lonely Planet memilih kota-kota yang masih jarang dikunjungi wisatawan namun memiliki daya tarik yang khas.

Tim redaksi dan kontributor Lonely Planet diminta memberikan rekomendasi kota-kota pilihan yang lalu disaring untuk masuk dalam daftar yang sudah terbit untuk ke-15 kalinya pada tahun ini. “Kota-kota ini adalah destinasi wisata terbaik untuk menghabiskan waktu pada thaun 2020,” kata Tom Hall, wakil presiden Lonely Planet.

“Tahun ini daftar ‘Best in Travel’ kami memberikan penekanan khusus pada pengalaman wisata yang berkelanjutan di seluruh dunia, memastikan wisatawan akan memiliki dampak positif ke mana pun mereka pergi.”

Selain Salzburg, kota-kota lain yang masuk dalam daftar itu ialah Washington (Amerika Serikat); Kairo (Mesir); Galway (Irlandia)s; dan Bonn (Jerman). Washington masuk dalam posisi ke-dua karena kota ini bakal mendapat sorotan dalam pemilihan presiden pada tahun depan.

Hall mengatakan kalau kota ini selalu menarik untuk dikunjungi, karena ada banyak wisata sejarah yang bisa dinikmati, seperti datang ke Smithsonian Museum.

Kota ke-tiga, Kairo, masuk dengan banyak kejutan. Sebelumnya kota ini dirudung duka karena banyaknya kasus terorisme yang membuat turis enggan datang.
Namun tahun depan Grand Egyptian Museum di Giza akan kembali dibuka. Museum terbesar di dunia ini bakal menyedot banyak turis mancanegara untuk datang.

Selain museum, Kairo juga memiliki banyak objek wisata menarik, mulai dari berkunjung ke pasar tradisional Souk Al Khayamiya untuk belanja sampai wisata kuliner. Sementara itu Galway di Irlandia disebut Hall sebagai kota yang sangat dinamis. Pertunjukan musik dan geliat ekonomi kreatif di sana disebutnya sangat menyenangkan.

Kota yang berpatokan dengan kalender Celtic ini mengadopsi empat musim api; Imbloc, Bealtaine, Lughnasa dan Samhain. Festival seni budaya sudah pasti banyak digelar di sana. Jangan lupakan juga soal keindahan alam liarnya. Nama terakhir di posisi lima teratas yakni kota Bonn di Jerman. Kota ini sempat menjadi ibu kota Jerman Barat sebelum penyatuan Jerman pada tahun 1990.

Di sinilah Ludwig van Beethoven lahir. Hari ulang tahunnya yang ke-250 bakal dirayakan tahun depan dengan banyak festival meriah. Selain itu, bar, kafe, butik, dan galeri seni kekinian sudah pasti banyak ditemui di sini.

Berikut daftar lengkap kota terbaik untuk wisata tahun depan versi Lonely Planet:

1. Salzburg, Austria
2. Washington, D.C., Amerika Serikat
3. Kairo, Mesir
4. Galway, Irlandia
5. Bonn, Jerman

6. La Paz, Bolivia
7. Kochi, India
8. Vancouver, Kanada
9. Dubai, Uni Emirat Arab
10. Denver, Amerika Serikat *CNN travel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.