Label Fesyen Prancis Tolak Model Remaja

0
152
Model remaja (Foto: Repro Google)

PARIS, bisniswisata.co.id: Grup label fesyen asal Prancis, Kering, mengabarkan komitmennya untuk tidak mempekerjakan model di bawah umur atau remaja. Komitmen itu muncul seturut keinginan untuk memperketat pedoman etika dalam industri fesyen. Kering merupakan grup konglomerat fesyen yang membawahi sederet label mewah Prancis.

Beberapa label yang tercatat di antaranya Gucci, Saint Laurent, Balenciaga, dan Alexander McQueen. Kebijakan itu bakal mulai berlaku pada musim gugur 2020 mendatang hingga seterusnya. Mereka hanya akan mempekerjakan model di atas 18 tahun pada peragaan busana dan sesi pemotretan.

Direktur Eksekutif Kering, Francois-Henri Pinault mengatakan bahwa sebagai grup label fesyen mewah, pihaknya memiliki tanggung jawab besar dalam industri tersebut. “Kami percaya bahwa kami memiliki tanggung jawab untuk mengedepankan praktik terbaik di sektor fesyen,” lontar Pinault pada KTT mode di Kopenhagen, Denmark seperti dilansir Reuters, Jumat (17/05/2019).

Kebijakan itu juga muncul bersamaan dengan harapan perubahan dalam industri fesyen. Pinault ingin kebijakan anyar Kering ini menjadi contoh bagi label fesyen dunia lainnya. “Kami berharap dapat menciptakan gerakan yang mendorong pihak lain untuk mengikutinya,” ujar Pinault.

Kebijakan ini adalah langkah anyar sederet konglomerat fesyen untuk melindungi kesejahteraan model. Sebelumnya, bekerja sama dengan LVMH, Kering menerbitkan piagam bersama pada 2017. Mengutip The Guardian, piagam itu mencatat sederet aturan industri fesyen, yang salah satunya mencakup pembatasan usia.

Beleid dalam piagam menyebut usia minimum 16 tahun untuk seorang model yang dipekerjakan. Model berusia 16-18 tahun harus disertai dengan kehadiran pendamping.

Persoalan usia model di Eropa menjadi perdebatan dalam beberapa waktu belakang. Mengutip Vogue, peragaan musim gugur 2019 menghadirkan sederet model-model muda dan segar. Tengok saja model asal Inggris, Emily Driver, yang baru berusia 17 tahun pada peragaan koleksi Stella McCartney.

Model muda bukan hal baru dalam dunia fesyen. Kate Moss memulai karier modelnya pada usia 14 tahun. Namun, perubahan besar menghampiri industri model dalam dua tahun terakhir.

Sejak Agustus 2018, peragaan busana di New York tak lagi menggunakan model-model di bawah umur. Standar anyar itu membuka percakapan yang lebih besar tentang inklusivitas usia dalam New York Fashion Week 2019 di mana catwalk diwarnai oleh model-model dari segala usia.

Mereka adalah para legenda yang kembali. Seperti Patti Hansen (62) yang melenggok di atas catwalk peragaan koleksi Michael Kors dan Christy Turlington (50) yang kembali ke atas catwalk setelah bersembunyi lebih dari dua dekade akibat tawaran Marc Jacobs. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.