Kunjungan Wisman Dongkrak Produk IKM Sulut

0
129
Turis tertarik cinderamata produk UKM Indonesia

MENADO, bisniswisata.co.id: Wisata Meetings, incentives, conferences and exhibitions (MICE) dan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Sulawesi Utara (Sulut) mendongkrak produk industri kecil menengah (IKM) mengalami grafik kenaikan signifikan.

“Meningkatnya permintaan pasar produk lokal, mendorong IKM untuk meningkatkan kapasitas produksi,” kata Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan IKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Alwy Pontoh di Manado.

Dilanjutkan, faktor yang terkait terjadi permintaan pasar produk lokal dipengaruhi oleh banyaknya kegiatan nasional dan internasional yakni MICE dilaksanakan di Manado. Juga, banyaknya kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. “Juga saat ini permintaan produk lokal di marketplace dan online lainnya cukup tinggi,” kata Alwy seperti dilansir Antara, Rabu (10/10/2018).

Memang, sambung dia, guna menjawab permintaan pasar khususnya produk lokal salah satunya adalah IKM didorong untuk meningkatkan kapasitas produksi. Dan untuk membantu peningkatan kapasitas produksi pelaku usaha IKM pangan dan souvenir, adanya sinergitas program dan kegiatan antara stakeholder terkait untuk membantu IKM dalam pengikatan kapasitas produksinya. Antara lain menambah modal usaha, bantuan mesin peralatan, dan pengemasan produk yang premium.

Ansye Lucas, owner IKM Brilliant di Manado mengakui banyaknya permintaan kapasitas produksi dari Toko Oleh-oleh di Manado, Pasar Online dan Toko2 Retail seperti Fresh Mart, Transmart, Hypermart dll, menurutnya ada ekstra budget dalam memenuhi permintaan tersebut.

Senada juga dikatakan Andre Palit owner MIENS Souvenir salah satu toko oleh-oleh di Manado mengakui saat ini banyaknya permintaan pasar produk pangan dan souvenir di tokonya.

Sehingga Andre mengharapkan para supplier untuk meningkatkan kapasitas produksi. “Dengan adanya permintaan pasar produk lokal secara otomatis akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah,” katanya. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.