Kuliner Khas Boyolali Menggoda Selera

0
115
Soto seger khas Boyolali (Foto:.travelingyuk.com)

BOYOLALI, bisniswisata.co.id: Kota Boyolali belakangan jadi populer dan bahan pembicaraan di dunia maya. Kota ini jadi pembicaran karena ucapan dari pidato calon presiden kompetitornya Jokowi. Namun sudahkah Anda berkunjung ke salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini? Kabupaten yang terletak sekitar sekitar 25 kilometer sebelah barat Kota Surakarta ini memiliki beragam objek wisata yang indah.

Bahkan kota ini terkenal dengan sentra susu segarnya, sehingga bisa memiliki pilihan banyak macam makanan yang wajib kalian coba. Tidak hanya Susu Segar yang jadi andalan kota ini, Kuliner Boyolali juga menyuguhkan makanan yang wajib kalian coba.

Kuliner Boyolali ternyata juga beragam, apalagi kota yang terkenal dengan sentra susu segarnya ini memiliki pilihan banyak macam makanan yang wajib kalian coba. Kuliner apa saja yang bisa dinikmati di sana?

#. Soto Seger Boyolali
Boyolali juga punya soto yang nikmat yang legendaris. Soto dengan kuah yang sangat khas, berasal dari kaldu dan aneka rempah yang kuat, membuat Soto ini menjadi idola para pelancong ketika berkunjung ke Boyolali. Kuah kaldu ini dibuat dari rebusan daging ayam kampung ataupun daging sapi. Di dalamnya soto ini diberi isian bihun, toge panjang, daging ayam suwir, dan seledri. Warna kuning dari soto ini juga tak terlalu tebal seperti jenis-jenis soto lainnya. Sekilas soto ini mirip seperti soto kudus.

#. Bebek Goreng Pak Pinggir

Bebek Goreng Pak Pinggir ini mungkin sudah sangat akrab di telinga warga Boyolali, karena reputasi bebek gorengnya yang menggugah selera. Sebenarnya Warung Pak Pinggir ini tidak hanya menyediakan Bebek goreng saja, melainkan ada ayam goreng dan burung dara goreng. Tapi yang jadi primadona tetap Bebek Gorengnya. Sebenarnya bebek goreng pak pinggir ini berada di kawasan Pengging, namun kini sudah ada cabangnya yang lebih mudah aksesnya karena letaknya berada di kawasan kota Boyolali dan berada di dekat jalur utama Solo-Semarang.
Hal yang membuat Bebek Goreng Pak Pinggir menjadi idola adalah rasa gurih dan terpenting tidak ada lagi bau khas daging bebek yang anyir membuat kamu bakal ketagihan melahap nikmatnya santapan Bebek Goreng Pak Pinggir Boyolali ini.

#. Jenang pecel

Pecel dengan sayur dan siraman bumbu kacang ternyata tak cuma cocok untuk disantap dengan nasi atau lontong. Pecel ternyata juga nikmat disantap dengan tambahan bubur sumsum yang unik. Kombinasi rasanya yang unik diperkaya dengan tambahan tekstur lembut dari bubur sumsum dan renyahnya aneka sayuran.

#. Merbabu Penyet

Bagi kalian penyuka makanan penyetan wajib mencoba Merbabu Penyet khas Boyolali. Warung yang sudah berdiri sejak tahun 2006 ini tidak pernah sepi pengunjung, hal tersebut dikarenakan kenikmatan olahan penyet warung besutan pak Sumadi ini terkenal kelezatannya. Merababu Penyet ini menyediakan aneka paket yang terjangkau kantong. Menu yang ditawarkan juga lumayan bervariasi, ada ayam atau bebek penyet utuh, ada seafood juga dan masih banyak lainnya, jadi tidak usah ragu untuk berkunjung ke Merbabu Penyet ini.

#. Tahu susu Boyolali

Bukan cuma Bandung yang punya tahu susu. Sebagai kabupaten dengan peternakan sapi perah yang besar. Susu ini diolah menjadi salah satu bentuk produk olahan susu yang populer dari Boyolali.

#. Sego tumpang

Olahan nasi juga populer sebagai hidangan khas dari Boyolali, yaitu sego tumpang. Sego tumpang ini merupakan olahan nasi dengan tambahan tumpang atau tempe bosok. Olahan tumpang ini dibuat dari tempe bosok yang diberi tambahan bumbu kencur, bawang, daun salam, lengkuas, dan cabai.

#. Kuliner Iga
Kuliner Boyolali lainnya yang terkanal dengan Warung Iga Pak Wid, jika kalian suka dengan iga bakar kalian harus coba mengunjungi tempat ini. Tempat ini cukup populer di kalangan warga Boyolali karena terkenal dengan kelezatan Iga bakar dengan siraman kuah yang kecoklatan yang membuat selalu menggugah selera. Penyajiannya juga menarik, di samping iga yang legit dan nikmat itu tersedia kuah bening yang gurih sebagai penetralisir rasa iga bakar dan menjadi perpaduan yang sangat menggoyang lidah, dijamin kamu akan ketagihan.

#. Dodol dan Keju susu

Selain tahu susu, olahan susu lain dari hasil sapi ternak ini adalah dodol susu. Karena rasanya yang manis dan kenyal, dodol susu juga menjadi oleh-oleh khas dari Boyolali. Boyolali juga memiliki pabrik pembuat keju pertama di Jawa Tengah. Keju susu Boyolali awalnya tercipta karena panenan susu yang belum dimanfaatkan dengan maksimal. Rasa Keju Susu Indrakila di Boyolali ini diklaim tak berbeda dengan keju-keju buatan luar negeri.

#. Rujak Boyolali

Kamu sedang cari yang seger-seger tapi menyehatkan ? mampir saja ke rujak Mbah Joko saja, salah satu Rujak buah yang legendaris di kota Boyolali ini. Rujak mbah Joko ini terdiri dari aneka buah-buahan kemudian di parut dan diberi sambal khas rujak yang pedas manis. Untuk menemukan Rujak Mbah Joko ini kamu bisa mencarinya di dekat Bank Jateng tidak jauh dari taman kota Boyolali. Orang di sekitar tempat itu pasti tau. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.