Kreasi Baru Sambal Khas Indonesia Dengan Campuran Daun Koja  

0
221
JAKARTA, bisniswisata.co.id
Bagi mereka yang suka bersantap, rasanya ada yang kurang kalau tidak ada rasa pedas dalam menunya. Untuk memenuhi kebutuhan para pecinta kuliner itu, kini banyak bermunculan aneka sambal dengan berbagai rasa dan level kepedasannya.
Salah satunya Sambal Koja kreasi baru tim dapur Sailendra Restaurant, JW Marriott Hotel Jakarta.
Sambal of Sailendra dengan produk perdananya Sambal Koja ini baru saja diluncurkan.
Terbuat dari bahan-bahan unik khas Indonesia. Bahan dasarnya cabai rawit hijau, daun koja, bawang putih, terasi, kemiri, daun melinjo, air jeruk limau dan garam. Daun koja atau daun salam koja banyak tumbuh di daerah Aceh, dan dikenal dengan daun kari atau daun temurui.
Banyak digunakan oleh masyarakat Aceh untuk campuran masakan. Daun koja bisa menimbulkan aroma wangi. Salah satu masakan Aceh adalah menu ayam tangkap, yang memakai daun koja yang digoreng kering. Aromanya wangi dan mengundang selera.
Heri Purnama, Executive Sous Chef Sailendra Restauran JW Mariott Hotel Jakarta, yang menciptakan Sambal Koja, menuturkan daun koja biasa dipakai untuk bahan kari.  “Saya berkreasi untuk membuatnya jadi sambal yang khas. Rasanya tidak memakai level pedas,” ujarnya, hari ini.
Heri menjelaskan sambal koja ini bagus juga untuk kesehatan. Sebab, cabe rawit, garam, dan daun koja, jika dicampur dengan daun melinjo bagus sebagai anti oksidan.
Sambal koja bisa tahan sampai tiga bulan kalau dipakai dengan benar.
“Kami tidak pakai bahan pengawet. Yang membuatnya tahan lama adalah dari kadar bawang putih,” ungkapnya. Selain itu sambal koja juga bisa dipakai sebagai bahan bumbu aneka masakan. Sambal ini juga bisa dinikmati oleh semua kalangan.
Adeza Hamzah, Cluster Director of Marketing Communications dari JW Marriott Hotel Jakarta dan The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan, menjelaskan dalam waktu bersamaan, pihaknya juga luncurkan buku resep yang berisi aneka kreasi hidangan khas Indonesia yang menggunakan sambal koja.
“Kami juga bekerjasama dengan GrabFood dalam layanan pesan antar untuk setiap pembelian Sambal of Sailendra. Selain itu juga akan hadir Sambal Gallery di  area lobi JW Marriott Hotel Jakarta,” ujar Adeza.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here