Komunitas Suzuki Katana Ngumpul di Lampung

0
122
KOmunitas Suzuki Katana di Pantai Lombang Madura

LAMPUNG, bisniswisata.co.id: Lampung mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah Jambore Nasional Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIin) ke-6, pada 17-18 November 2018. Jambore Skin ini kegiatan besar dan berskala nasional para komunitas Suzuki Katana. Event ini bagi Lampung untuk berkesempatan mempromosikan wisata, kuliner, potensi daerah, dan memperkenalkan Lampung di mata komunitas yang datang dari penjuru nusnatara

“Lampung siap menerima pecinta Suzuki Katana Jimny dari seluruh Indonesia pada jambore yang berlangsung di Zona 235 Kemiling, Bandar Lampung, pada 17-18 November 2018,” kata Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri saat menerima audiensi Komunitas SKIn Lampung di Rumah Dinas Wakil Gubernur Lampung, seperti dikutip antara, Jumat (9/11/2018).

Komunitas SKIn Lampung juga memanfaatkan even besar sebaik-baiknya. Kemudian, berkolaborasi dan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata maupun dinas terkait, sehingga memberikan kesan baik kepada seluruh komunitas yang datang dari se Indonesia. “Saya berharap nanti dapat bekerja sama dengan Dinas Pariwisata terkait kunjungan wisata, komunitas atau dengan dinas terkait,” katanya.

“Mungkin nanti kita bisa promosikan kopi Lampung atau pertontonkan seluruh budaya yang ada di Provinsi Lampung, sehingga memberikan kesan yang baik dan positif kepada para komunitas SKIn. Buat mereka tertarik untuk berkunjung kembali ke Lampung,” ujar Bachtiar.

Pada audiensi tersebut, Ketua SKIn Lampung, M Iwan Syarif, menyebutkan telah terdaftar sekitar 450 peserta akan hadir membawa 210 kendaraan. Persiapan Komunitas SKIn Lampung kurang lebih berlangsung empat bulan dengan persentase mencapai 80 persen.

“Kami sudah persiapkan dari mulai terpilihnya Lampung saat ajang Jambore SKIn Ke-5 di Surabaya tahun lalu. Jadi sekarang semua sudah dilakukan, registrasi selesai dan jumlah peserta fix. Tinggal persiapan teknis lapangan saja,” tambah Iwan.

Lampung memiliki lebih dari 120 objek wisata yang menaik, unik dan instagramnabel. Ada wisata alam, bahari, relegi, budaya, situs bersejarah, spot foto-foto dengan lansekap ikonik, penangkara hewan eksotik hingga air terjun yang memanjakan mata. dari jumlah itu ada beberapa destinasi wisata Lampung yang menjadi Hits, antara lain:

#. Lihat Lumba-Lumba di Teluk Kiluan

Letak Teluk Kiluan memang tersembunyi, sekitar 80 kilometer dari kota Bandar Lampung. Di teluk ini bisa melihat lumba-lumba hidung botol (Tursiops aduncus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris) berkejaran, mengejutkan dengan lompatannya. Atau jika beruntung, Anda bisa mengelus punggung mereka dari pinggir perahu.

#. Bercengkrama dengan Gajah di Taman Nasional Way Kambas

Berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas, bisa menyaksikan salah satu mamalia terbesar di darat, yaitu gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranensis), sebagai atraksi utamanya. Taman ini tak hanya menjadi taman konservasi gajah, tapi juga menjadi tempat pelatihan dan perlindungan gajah sumatera. Anda pun bisa melihat pelatihan seperti apa yang dijalani para gajah

#. Menelusuri Hutan mangrove

Ingin menghabiskan waktu datang ke Pantai Dewi yang menawarkan suasana dan spot menelusuri Dermaga Asmara dengan latar panorama hutan mangrove, kemudian Dermaga Cinta yang berbentuk hati dan masih ada lagi spot lainnya. Bahkan, Pantai Dewi Mandapa sudah biasa menjadi spot spesial bagi mereka yang mengambil foto prewedding.

#. Menikmati Wisata Pulau

Ada tiga pulau di Lampung yang terkenal yakni Pulau Mengkudu, Pulau Balak, dan Pulau Tangkil. Aktifitas wisata pulau antara lain sensasi menguji adrenalin lewat aktivitas seru di air, mulai dari banana boat, flying fish, snorkeling, kano, jetski, glass bottom dan parasailing. Melihat pemandangan terumbu karang indah di bawah permukaan laut Jika beruntung, Anda bisa melihat Nemo, si ikan badut, berseliweran di antara terumbu karang, atau bahkan penyu sisik.

#. Wisata Curug atau Air Terjun

Lampung memiliki pesona surga wisata tersembunyi air terjun atau curug antarea lain Curup Gangsa, Air Terjun Ciupang, Air Terjun Putri Malu. Memang menuju wisata air terjun dibutuhkan perjalanan panjang, sulit dan menantang. Namun selama perjalanan dibayar mahal dengan menyaksikan indahnya pemandangan alam, lanskap yang istimewa dan hawa pegunungan yang sejuk. Saat paling mengesankan melihat curug adalah struktur bebatuan air terjun itu sendiri. Tebing batu hitam menjadi background yang menarik untuk berswafoto. Pohon yang menjulang tinggi apalagi cucuran air terjun menjadi tak seberapa deras karena merambat di dinding tebing, meski juga tak bisa dianggap remeh.

#. Menyaksikan gunung berapi legendaris: Gunung Krakatau

Tak sedikit yang mengenalnya sebagai salah satu gunung api aktif dan paling berbahaya di dunia. Namun tak banyak pula yang mengetahui keindahan dan eksotisme yang ditawarkan. Untuk bisa mendapatkan sensasi dan kesan tak terlupakan dari krakatau, wisata trekking menjadi kegiatan yang harus Anda lakukan. Tracking ke Anak Krakatau yang tidak terlalu tinggi. Dengan medan yang berpasir, dibutuhkan tenaga ekstra untuk bisa sampai titik aman terakhir menuju puncak.

#. Jelajah Wisata Bukit

Menjelajah kawasan perbukitan di Lampung pasti mengasyikkan dan bikin seru. Ada beberapa bukti namun ini paling hits, yakni Bukit BLT di Kabupaten Pringsewu. Bukit Pangonan juga di Pringsewu. Bukit batu di Tanjung Bintang. Bukit Mandi Angin Lumbok Seminung. Bukit Batu Bara & Bukit Batu Dampit Linggapura. Wisata bukit ini memiliki pemandangan yang seru. Dan untuk bisa menikmati semaksimal mungkin panorama alam yang indah. Dengan sedikit tracking, Anda sudah tiba di spot yang pas untuk menikmati keindahan ciptaan Tuhan itu. Tak hanya perbukitan, Anda juga bisa melihat hamparan sawah, aliran sungai hingga perumahan warga lewat lanskap yang istimewa.

#. Unjuk Gigi di Pantai Gigi Hiu

Pantai identitik dengan Pasir putih, gelombang air yang tenang dan laut kebiruan. Namun di Pantai Gigi Hiu tak akan menemukan itu, tapi jauh lebih ekstrem lagi. Di pantai ini, pasti kesulitan menemukan tempat untuk bisa berenang. Hanya menemukan spot yang menarik untuk foto-foto dengan latar belakang yang eksotik. Yang menjadi andalan dari pantai ini adalah lansekap yang tidak biasa. Batu-batu karang menjulang dengan kesan tajam dan lancip layaknya deretan gigi ikan hiu menjadi ciri khasnya. Yang menjadikan spot ini istimewa adalah momen kala matahari terbit atau tenggelam, yang menjadikan semburat cahaya dari sang surya menambah eksotisme gugusan batu karang. Jika Anda mencari ketenangan, namun dengan atmosfer yang eksotis dan eksentrik, Pantai Gigi Hiu, atau juga disebut Pantai Pegadungan atau Karang Pegadungan, atau Pantai Batu Layar bagi warga lokal, adalah jawabannya.

#. Mengarungi danau terbesar kedua di Sumatera: Danau Ranau

Danau Ranau menawarkan segudang keistimewaan, mulai dari tempat wisata yang keren, hingga pengalaman dan sensasi yang tiada duanya. Hal istimewa pertama yang bisa Anda saksikan dan rasakan langsung adalah pemandangan alam yang indah dari Danau Ranau itu sendiri, juga Gunung Seminung sebagai latar belakang, dan Pulau Marisa di tengah danau. Bila si kecil ingin bersenang-senang di pinggiran danau, ada taman wisata air Danau Ranau yang bisa jadi jujukan. Istimewanya adalah bermain air dengan pemandangan danau, pegunungan dan pulau kecil nan asri.

#. Kawah Keramikan Suoh yang sangat unik

Suoh di Lampung Barat menyajikan fenomena alam vulkanik yang tidak ada di tempat lain, yaitu kawah keramik hasil dari Cincin Api. Kawah keramik ini merupakan hamparan lempengan batu yang mengeras, menyerupai kerak ketel uap panas dengan asap yang membumbung tinggi. Tak sedikit pula muncul air panas yang menyembur di beberapa sudut. Di bawah hamparan lempengan tersebut merupakan sumber air panas yang meletup-letup, ada yang membentuk kubangan dalam ukuran besar maupun kecil, yang tak sedikit mengalirkan air hangat. Terlihat menantang, tapi juga eksotis. Dan untuk bisa sampai ke lokasi Kawah Keramikan ini bukan hal yang mudah. Trek yang harus dilalui merupakan jalan tanah, yang tak bisa dilalui oleh kendaraan biasa. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.