UNWTO Apresiasi Kenaikan Turis di Indonesia Tercepat di Dunia

0
195
Wisman mulai kembali datang ke Gili Trawangan Lombok NTB

LONDON, bisniswisata.co.id: United Nations The World Tourism Organization (UNWTO) mengapresiasi perkembangan pariwisata di Indonesia, terutama kenaikan jumlah wisatawan yang termasuk tercepat di dunia. Apresiasi itu dilontarkan delegasi UNWTO saat berkunjung ke paviliun Indonesia pada event World Travel Market London, Selasa (06/11/2018).

Kunjungan Deputi Sekretaris Jenderal UNWTO Jaime Alberto Cabal Saclamente dilanjutkan dengan pertemuan dengan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang membahas berbagai program strategis antara Kemenpar-UNWTO. “Kenaikan tercepat ini merupakan hasil dari transformasi digital,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan resminya, Jumat (09/11/2018).

Menpar melanjutkan Indonesia dapat menjadi model bagi negara lain untuk melakukan digital tourism. Selain itu, ada kebijakan Visa Free, Sustainable Tourism Observatories dan Conservatories, Go Digital, Story Telling on Tourism, dan Homestay yang dimunculkan sejak tahun 2016 hingga sekarang ini, sehingga menunjukkan hasil yang sangat baik bagi kemajuan pariwisata Indonesia.

“Sustainable Tourism Development di Indonesia juga sangat diapresiasi UNWTO melalui pengembangan 5 Sustainable Tourism Observatories (STOs). Dengan pertemuan ini diharapkan semakin mempererat hubungan antara Indonesia dan UNWTO,” lontar Menpar.

UNWTO merupakan salah satu badan PBB yang menangani masalah pariwisata dunia yang markas besarnya berada di Madrid, Spanyol. Dibentuk pada tahun 1998, UNWTO kini telah menaungi 158 negara sebagai anggotanya. Sustainable tourism dan digital tourism menjadi topik pembahasan yang menarik. UNWTO juga mendukung sepenuhnya implementasi teknologi pada pengembangan pariwisata di Indonesia, yang sejalan dengan visi UNWTO.

Tercatat, Kunjungan wisatawan mancanegara periode Januari-September 2018 ke Indonesia sebanyak 11,93 juta orang atau naik 11,81 persen disbanding periode yang sama di 2017 yang berjumlah 10,67 juta orang, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Namun, jika dibandingkan dengan Agustus 2018, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di September 2018 mengalami penurunan sebesar 10,56 persen. Wisatawan mancanegara pada September 2018 yang melancong ke Indonesia sebesar 1,35 juta orang, dibandingkan dengan Agustus yang mencapai 1,51 juta orang. Penurunan jumlah wisawatan asing tersebut, antara lain seiring berakhirnya Asian Games 2018 dan musim liburan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.