Jatim Tawarkan Wisata Kebun Teh

0
168
Kebun Teh Wonosari Singosari Malang (Foto:/explorewisata.com)

SURABAYA, bisniswisata.co,id: Berwisata ke alam terbuka dapat menghilangkan penat dan memberi kesegaran pikiran. Sehingga banyak wisatawan yang memilih untuk menghabiskan liburannya dengan berwisata di alam. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan begitu banyak destinasi wisata alam yang memesona. Salah satunya adalah destinasi agrowisata berupa perkebunan teh.

Berwisata di kebun teh dapat menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu libur. Selain pemandangannya yang indah, udara di wisata kebun teh juga terkenal sejuk. Jika berkunjung ke Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk mencoba berwisata di beberapa perkebunan teh yang ada di sana. Hamparan hijau pohon teh sepanjang mata memandang ditemani udara yang segar akan membuatmu betah berlama-lama berada di sana.

Wisata kebun teh tidak hanya memberi kesegaran pada pikiran tetapi juga menyejukkan mata. Selain itu, kamu juga dapat mengambil foto yangg Instagramable di kebun teh tersebut. Berikut beberapa wisata kebun teh di Jawa Timur yang ditawarkan ke wisatawan seperti dirangkum laman Liputan6., Kamis (31/10/2019).

Kebun Teh Gambir, Jember

Kebun Teh Gambir terletak di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember. Berlokasi di lereng Gunung Argopuro di ketinggian 900 Mdpl membuat udara di kebun teh ini terasa sejuk. Bagi kamu yang suka camping, di wisata kebun teh ini tersedia area camping ground yang bisa kamu gunakan untuk bermalam. Namun bagi kamu yang tidak berminat untuk camping, kamu juga bisa bermalam di penginapan yang ada di sekitar area perkebunan teh. Bahkan di sini juga disediakan fasilitas olahraga seperti lapangan voli dan tennis.

Kebun Teh Sirah Kencong, Blitar

Kebun Teh Sirah Kencong terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Kebun teh seluas 219 hektar ini menawarkan pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Kamu dapat mengambil foto Instagramable di tempat ini. Setelah puas berkeliling kebun teh kamu juga dapat berkunjung ke air terjun Sirah Kencong yang lokasinya tidak jauh dari perkebunan teh. Selain itu, kebun teh yang terletak di kaki Gunung Kawi ini memiliki fasilitas yang cukup menarik, seperti camping ground, gazebo, dan outbond.

Kebun Teh Jamus, Ngawi

Kebun Teh Jamus terletak di kaki Gunung Lawu tepatnya di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Karena berada pada kawasan pegunungan, membuat suasana di Kebun Teh Jamus terasa sejuk. Ditambah dengan pepohonan yang tumbuh rindang di sekitar kebun membuat suasana semakin asri dan segar. Bagian yang paling favorit dari kebun teh ini adalah Bukit Borobudur. Disebut demikian karena bentuknya yang berundak-undak menyerupai candi Borobudur. Setelah puas berkeliling, kamu juga dapat menikmati fasilitas kolam renang yang tersedia di kawasan wisata Kebun Teh Jamus.

Kebun Teh Andung Biru, Probolinggo

Kebun Teh Gambir terletak di Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Kebun teh seluas 300 hektar ini ditanami dengan berbagai macam jenis pohon teh seperti teh hijau, teh rengganis, dan teh kolas. Jadi kamu dapat berkeliling sambil mengenal berbagai jenis pohon teh. Karena masih tergolong wisata baru, fasilitas yang tersedia masih minim. Namun pengelola sudah menyediakan toilet dan mushola.

Kebun Teh Kertowono, Lumajang

Kebun Teh Kertowono terletak di Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang. Berada pada ketinggian 500-4000 mdpl membuat udara di sana sangat sejuk. Kamu bisa menikmati kebun teh seluas 2.267 hektar ini dengan cara menggunakan sepeda atau motor trail. Selain itu pengunjung juga diizinkan untuk melihat proses pembuatan teh dipabriknya. Bagi kamu yang suka berburu foto, kamu juga dapat mengambil foto Instagramable dengan latar Gunung Semeru, Lemongan, daan Raung.

Kebun Teh Wonosari, Singosari Malang

Kebun Teh Wonosari terletak di kaki Gunung Arjuna, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Di kebun teh ini kamu dapat berjalan-jalan dan mengambil foto selfie di jembatan yang baru dibangun beberapa waktu lalu. Fasilitas di wisata kebun teh ini juga tergolong lengkap, seperti kereta mini yang digunakan untuk berkeliling kebun teh, kebun binatang mini dan pemandian air hangat yang cocok sekali buat kamu yang ingin berendam di tengah udara sejuk pegunungan. Selain itu juga masih terdapat berbagai wahana seru lainnya. (ndy/Liputan6)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.