Jatim Park Dilengkapi Kampung Wisata Edukasi

0
323
Jatim Park 3 (Foto: Malanglife.com)

KOTA BATU, bisniswisata.co.id: Jatim Park, tempat rekreasi dan taman belajar di Kota Batu, Jawa Timur (Jatim), kini jadi icon wisata. Objek wisata ini memiliki 36 wahana, ada kolam renang raksasa dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring, spinning coaster, drop zone. Juga Wahana pendidikan Volcano dan Galeri Nusantara, tanaman agro, diorama binatang langka, dan miniatur candi.

Kini Jatim Park dilengkapi Kampung Wisata Edukasi yang mengintegrasikan 89 rumah di selatan area Jatim Park 3 dengan lebel nama Kampung Hijau. “Dibangunya wahana baru ini karena banyak permintaan agar mengubah kawasan Jatim Park 3 jadi objek wisata serupa Kampung Warna Warni Jodipan (KWJ),” ucap Dosen Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang, Jamroji

Pengembangan kampung wisata sangat memungkinkan disajikan kepada wisatawan. Pasalnya, tiap daerah mempunyai potensinya masing-masing. Bahkan bisa jadi lebih besar potensinya daripada Jodipan.

Di Batu, selain akan mempercantik kampung menjadi warna-warni, di tiap rumah juga bakal dipasang tanaman hidroponik, atau budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah. Teknik ini menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

“Apapun yang dilakukan mereka (mahasiswa praktikum) itu based on research. Anak-anak Jodipan saja riset di sana selama dua minggu. Door to door ke rumah warga. Harus mendapatkan insight (wawasan) dulu dari sana. Menyampaikan maksud Indana di sana juga,” lontarnya.

Dilanjutkan, tiap karya keatif dalam praktikum seperti hadirnya kawasan KWJ, prinsip yang senantiasa diterapkan adalah untuk menumbuhkan potensi.

Taman bermain superbesar ini bisa dikatakan merupakan paket wisata yang lengkap. Bukan hanya sekadar menawarkan hiburan, tetapi juga edukasi. Ada Jatim Park 1 yang terkenal dengan wahana permainan airnya, Jatim Park 2 dengan museum satwa, kebun binatang, dan taman yang dipenuhi dengan tumbuh-tumbuhan hijau.

Kini dikembangkan Jatim Park 3, yang menawarkan sensasi berbeda dibandingkan dua park yang lebih dulu lahir. Apa saja yang dipersembahkan di Jatim Park 3?

#. Jaman prasejarah

Jaman prasejarah terkenal dengan Dinosaurus. Makhluk hidup ini, tak pernah dilihat langsung oleh manusia, cuma di film layar lebar. Tak heran jika Dinosaurus digandrungi banyak orang, terutama anak-anak. Kini, kisah jaman prasejarah bisa ditemukan di Wahana Museum Dino. Bukan sekadar patung dan replika saja, juga ada info tentang riwayat singkat Dinosaurus, mendengarkan suara dari beragam jenis dinosaurus. Bahkan ada wahana Jelajah 5 Zaman dengan menumpang dua kereta raksasa berkapasitas 48 orang, yang membawa Anda menyaksikan perkembangan kehidupan dinosaurus pada era prasejarah.

#. Jaman Es: Ice Age

Film animasi Ice Age menginspirasi lahirnya wahana ini, yang bisa bertemu dengan tokoh-tokoh di film Ice Age. Jangan lupa siapkan pakaian tebal ala musim dingin. Wahana ini khusus menampilkan binatang-binatang purbakala yang pernah hidup pada saat Zaman Es, yakni zaman ketika bumi mengalami suatu suhu dingin yang ekstrem. Sejumlah makhluk seperti Mammoth, Smilodon, dan Sloth siap menemani penjelajahan waktu.

#. Infinite World

Wahana ini menawarkan sensasi mandi cahaya yang bergelimangan. Dengan desain interior yang sangat unik karena sekeliling dindingnya dihiasi kelap-kelip lampu dengan warna yang beragam. Perpaduan cahaya lampunya membuat sensasi seakan-akan tengah disirami lautan cahaya tanpa ujung – sesuai namanya, Infinite World, yang berarti tak terbatas. Dindingnya didominasi kaca semakin menguatkan sensasi berada di tengah dunia cahaya yang tidak bertepi.

#. The House of Zombie

Mendengar kata Zombie, yang terekam sesuatu yang seram, menakutkan, mengerikan. Membayangkannya saja membuat bulu kuduk merinding. Wahana ini menghadirkan markas zombie, tempat berkumpulnya para zombie. Rasanya seperti terjebak di sarang penyamun. Wahana ini menawarkan sensasi yang menantang adrenalin. Meski Zombienya hanya boneka, tetapi suasananya yang gelap, dingin, dan mencekam membuat siapapun merasa seolah-olah zombie begitu nyata.

#. The Legend Star

Wahana ini mempertemukan pengunjung dengan tokoh terkenal dan legendaris di dunia. Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Michael Jordan, Jackie Chan, Abraham Lincoln, Pangeran William, misalnya. The Legend Star mewujudkan mimpi menjadi kenyataan. Sesuai namanya, The Legend Star menampilkan koleksi sejumlah tokoh legendaris dan terkenal dari seantero dunia dalam bentuk patung lilin layaknya di Museum Madam Tussaud.

#. Around the World

Keliling dunia cukup sehari, demikian wahana baru ini. Mulai Zona Jepang dengan suasana Kuil, pagoda, rumah tradisional beraksen kayu dan busana tradisional Kimono. Zona Korea bisa menikmati arsitektur kastil dan rumah tradisional khas Korea. Zona London dengan dunia sihir Harry Potter. Zona Amsterdam dengan bangunan berarsitektur khas Negeri Kincir Angin, lengkap dengan Bandara Schippol. Zona Indonesia dengan Kerajaan Majapahit yang disuguhkan sejumlah replika bangunan peninggalan masa lampau Majapahit seperti Candi Tikus, Gapura Wringin Lawang, dan rumah tradisional khas Majapahit.

#. Istana Negara

Wahana ini menampilkan replika Istana Negara. Pengunjung bisa berpose layaknya seorang presiden atau bersama presiden. Tak harus berpakaian formal dan resmi. Cukup berpakaian yang casual dan insta-worthy, sudah layak untuk berpose bak kepala negara di depan Istana Negara. Jika ingin terlihat lebih menarik, ajak pasangan dan buah hati Anda untuk berpose bersama-sama di depan Istana Negara.

#. Fun Tech Plaza

Wahana ini diciptakan untuk Bermain, Belajar, dan Sains menjadi satu. Wahana ini mengasah kreativitas di Aqua Sketch. Si kecil bisa mewarnai gambar hewan-hewan laut sesuai imajinasinya. Hasil karya Anda dan si kecil akan dipindai melalui mesin pemindai dan voila! Makhluk laut tersebut akan tampil dan hidup di layar virtual lebar berukuran 6×3 meter. Lalu yang nggak kalah mantap dan canggih adalah hujan yang dilengkapi sensor, sehingga tidak akan membasahi kita apabila berjalan.

#. Cyclo Movie

Wahana ini terkait dengan olahraga visual. Mengayuh sepeda sambil mengikuti gerakan sesuai film yang ditampilkan di layar depan deretan sepeda. Juga Boxer Boxer secara virtual bisa meniru gaya para petarung boxer. Ikutilah gerakan yang ada di layar depan dan selamat bertarung secara virtual. Tenis secara virtual dengan mengikuti gerakan yang ada di layar. Juga ada Fruit Ninja, permainan yang mengajak kita untuk memotong buah-buahan sebanyak mungkin di layar gawai. Jika bermain Fruit Ninja secara virtual dengan layar berukuran besar? Wah pastinya akan lebih seru.

#. Galeri Musik Dunia

Wahana ini demi menghargai dunia musik. Pengunjung disambut area Pilar Musik. Pilar-pilarnya yang kokoh terdiri dari susunan beragam alat musik yang menunjukkan bahwa musik memiliki kontribusi bagi perkembangan dunia ini. Juga diajak berkeliling dunia dan menyaksikan beragam jenis alat musik yang dimiliki oleh sejumlah negara, seperti Cina, Jepang, Korea, Skotlandia, Amerika, India, Afrika, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, penjelajahan dengan mengenal tiga maestro legendaris musik Indonesia, Gesang, Dara Puspita, dan Koes Plus. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.