Jalur Puncak Normal, Wisatawan Takut Berwisata

0
257
Puncak Bogor sepi kunjungan wisatawan

CIANJUR, bisniswisata.co.id: Jalur Bogor-Puncak-Cipanas sudah kembali normal, pasca beberapa titik mengalami longsor akibat hujan deras dan cuaca yang ektrem. Sayangnya kunjungan wisatawan ke kawasan Puncak belum normal. Pengelola tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, mencatat angka kunjungan masih sangat sedikit dan belum sesuai harapan.

Koordinaor Ketertiban kebersihan keindahaan K3 ODTW objek daerah tujuan wisata Cibodas, Adih Saputra mengaku sejak ditutupnya jalur Bogor-Puncak, akibat longsor, angka kunjungan menurun tajam. Bahkan memasuki minggu kedua bulan Maret, angka kunjungan belum terlihat tinggi meskipun jalur yang ditutup sudah dapat dilalui normal dari kedua arah sejak beberapa pekan terakhir.

“Mungkin wisatawan masih takut berwisata di Puncak, karena cuaca eskrem masih kerap terjadi. Bahkan, intensitas hujan yang cukup tinggi setiap hari masih terjadi di kawasan ini, sehingga wisatawan enggan datang,” lontar Adih di Puncak, Senin (19/3/2018).

Dilanjutkan, meski sudah ada jaminan jalur Bogor hingga Cipanas, layak dan aman untuk dilalui kendaraan, namun hal tersebut belum berdampak kembali tingginya angka kunjungan wisatawan ke wilayah Cipanas juga kawasan Puncak.

“Penurunan kunjungan sampai 60 persen dari hari libur panjang akhir pekan biasanya. Libur akhir pekan biasanya 3.000 lebih pengunjung yang datang ke Cibodas, namun libur kemarin cuma sampai 1.000 pengunjung,” ungkapnya seperti diunduh laman Republika.co.id

Pelaksana gerbang retribusi Cibodas, Asep Badru, menambahkan, hingga bulan ini angka kunjungan ke kawasan wisata Cibodas masih rendah dibandingkan bulan-bulan sebelum longsor melanda kawasan Bogor.

“Sampai minggu kemarin libur panjang akhir pekan, angka kunjungan tidak sampai 1.000 orang. Harapan kami angka kunjungan kembali normal, seiring dengan cuaca yang kembali normal karena hingga saat ini, intensitas hujan menjadi faktor minimnya kunjungan,” katanya. (REP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here