Hipmi Sulsel Dorong Milenial Kembangkan Wisata Bahari

0
253
Taman Laut Taka Bonerate (Foto: amabeltravel.com/)

MAKASSAR, bisniswisata.co.id: Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengajak generasi milenial untuk ikut berpartisipasi aktif dalam pengembangan potensi kemaritiman yang melimpah di daerah Sulsel. Bentuk kontribusi aktif itu bisa berupa ikut menjadi stakolder dalam industri sektor kemaritiman, mulai dari perikanan maupun kelautan termasuk pengembangan pariwisata yang berbasis maritim atau bahari.

“Generasi milenial memiliki kapasitas sumber daya yang bisa ikut menunjang pengembangan sektor kemaritiman Sulsel dalam berbagai aspek dengan menjadi stakeholder langsung pada sektor perikanan hingga wisata bahari,” papar Ketua Hipmi Sulsel Herman Heizer di Makassar, Senin (10/9/2018).

Dilanjutkan, segmen milenial memiliki kreativitas, dan jika dipadukan dengan kemaritiman itu bisa menjadi penggerak perekonomian yang sangat atraktif kedepannya. “Baik itu terlibat langsung pada hulu maupun hilirnya jiak memungkinkan, industri kreatif paling tidak dengan mengoptimalkan kemaritiman Sulsel,” ungkapnya.

Menurut dia, sektor kemaritiman yang sangat potensial untuk dikembangkan guna mendorong pertumbuhan ekonomi dengan partisipasi milenial seperti perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan produk komoditas kelautan serta pariwisata berbasis bahari.
“Ini merupakan tantangan kita semua untuk mengoptimalkan potensi maritim kita. Semua stake holder harus bersinergi demi kemajuan bersama,” kata Herman

Herman menyayangkan jika penerimaan devisa dari sektor wisata bahari di tahun 2017 hanya sebesar US$ I Milyar, tertinggal jauh jika dibandingkan dengan negara tetangga, Malaysia yang mampu meraup US$ 8 Milyar dari sektor yang sama. “Kita punya lebih dari 17.000 pulau, Potensinya sangat besar sekali, tapi hingga saat ini kontribusinya masih minim,” pungkasnya

Secara khusus, Herman menjamin jika Hipmi Sulsel siap memberikan fasilitasi dalam beragam bentuk untuk mengakomodir segmen milenial mengeksplorasi kreativitas yang kemudian bisa memberikan nilai tambah dengan mengoptimalkan sumber daya kemaritiman.

Sulawesi Selatan memiliki destinasi wisata bahari yang mempesona dan menjadi hits dikunjungi wisatawan, obyek wisata bahari itu antara lain:

#. Makassar

Ada beberapa obyek wisata bahari di Makassar seperti Pantai Losari yang merupakan ikon Kota Makassar. Objek wisata ini berada di jantung Kota Makassar, tepatnya di Jalan Penghibur. Ada keunikan dan keistimewaan tersendiri dari Pantai Losari. Wisatawan yang berkunjung dapat melihat pemandangan indah matahari terbit dan matahari terbenam. Selama menunggu pemandangan indah tersebut, wisatawan dapat mencoba pelbagai ragam masakan laut yang masih sangat segar.

#. Bulukumba

Bulukumba memiliki wisata bahari dengan menikmati indahnya pantai dan pasir putih. Beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi antara lain Pantai Apparalang, Pantai Bara, Pantai Bira, dan Pulau Kambing. Destinasi wisata Pantai Tanjung Bira yang terletak Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Destinasi wisata Pantai Tanjung Bira yang terletak Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Bagi wisatawan yang lebih senang dengan wisata laut, maka bisa berkunjung ke beberapa obyek wisata tersebut. Sebab atraksi lainnya juga bisa snorkeling di sekitar Pulau Kambing untuk melihat indahnya pesona dalam laut.

#. Kota Benteng

Taman laut Taka Bonerate ini berada di kota Benteng, Kepulauan Selayar. Tempat wisata ini merupakan surga bagi penyelam dan Anda yang suka snorkeling. Saat menyelam, Anda bisa berenang bersama ratusan jenis ikan, penyu dan kura-kura. Kecantikan terumbu karangnya juga membuat Anda semakin betah berlama-lama menyelam di sini. Saat terbaik untuk menyelam di taman laut ini adalah di antara bulan April – Mei. Pada saat itu, arus dan suhu air serta berbagai faktor pendukung lainnya sedang dalam kondisi baik sehingga jarak pandang saat menyelam pun menjadi sempurna.

#. Pangkep
Pangkep memiliki pulau cantik yang asyik buat menghabiskan liburan akhir tahun. Pulau Panambungan, namanya dengan pesonanya yang oke banget. Pulau mungil yang luasnya hanya sekitar 4 hektar ini menyuguhkan pemandangan pasir putih dan air laut yang jernih. Tak hanya itu, rimbunan pohon cemara dan pinus yang tegak menjulang membuat traveler serasa berada di pegunungan. Di pulau ini bisa bermain air di pantai hingga snorkeling. Airnya yang tenang, tentunya tidak akan membuat orangtua khawatir dengan anak-anaknya saat mandi.

#. Selayar

Kabupaten Selayar adalah surga wisata ternama di kaki Pulau Sulawesi. Kawasan ini mempunyai pasir putih menawan, vegetasi unik dan langka khas Selayar. Destinasi lain yang bisa dikunjungi Kampung Penyu, Pantai Pabbaddilang, Pantai Punagaan, Liang Kareta, Air Terjun Patikore, Pantai Batu Karapu dan gugus Mangrove Gusung. Aktifitas wisatawan biasanya snorkeling atau dive gear. Sebagian lainnya, sengaja memilihnya sebagai lokasi pre-wedding atau selfie-wefie modelling demi mendongkrak minat di pasaran.

#. Barru

Kabupaten Barru memiliki beragam lokasi wisata bahari seperti Celebes Canyon, Air Terjun Weisai dan Air Terjum Manuba. Sayangnya, destinasi tersebut dianggap masih memerlukan pemugaran sehingga dapat berjalan maksimal. Di Barru juga terdapat pemandian air panas yang suhu airnya tidak pernah berubah. Hal tersebut dinilai sangat unik dan jarang dimiliki oleh daerah lain di Sulsel sehingga hal tersebut harus diperhatikan. (redaksi@bisniswisata.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.