Gunung Agung Batuk, 6 Negara Keluarkan Travel Advice

0
618
Gunung Agung Bali (Foto: http://indotrip.com/)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Gunung Agung sempat batuk-batuk sejak Kamis (28/6) hingga Jumat (29/6) pagi. Kondisi ini, menyebabkan sejumlah negara mengeluarkan travel advice atau peringatan perjalanan kepada warga negaranya yang sedang berkunjung maupun yang ingin berkunjung ke Bali.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata mengatakan terkait erupsi Gunung Agung yang terjadi kemarin, tercatat sampai pada Jumat (29/6) pukul 13.35 WIB, sudah ada enam negara yang telah mengeluarkan peringatan tersebut. “Keenam negara tersebut di antaranya Inggris, Amerika Serikat, Selandia Baru, Singapura, dan Prancis,” ujarnya dalam keterangan resmi Jumat (29/6/2018).

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena penyebaran berita terkait erupsi Gunung Agung yang menyebabkan Bandara I Ngurah Rai, Denpasar, Bali ditutup sementara beredar dengan cepat.

“Kemarin memang sempat ada penutupan sementara di Bandara I Ngurah Rai, Bali. Namun pemerintah bergerak dengan sigap menangani hal tersebut sehingga bandara tersebut kami pastikan sudah mulai beroperasi terhitung hari ini pukul 14.30 WITA,” ujarnya.

Untuk itu, tambah Arief, pihaknya berharap pada negara-negara yang telah mengeluarkan travel advice untuk segera melakukan revisi mengingat suasana di Bali sudah menuju normal.

“Kami minta negara-negara tersebut bisa merevisi peringatannya karena yang terganggu itu lalu lintas udaranya bukan aktivitas kepariwisataan,” tuturnya. (redaksi@bisniswisata.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here