AIRLINES INTERNATIONAL NEWS

Etihad Cargo Raih Sertifikasi Ulang IATA CEIV Pharma untuk Logistik Farmasi

Etihad Cargo telah berinvestasi secara signifikan dalam produk PharmaLife sejak memperoleh sertifikasi IATA CEIV Pharma untuk logistik farmasi pada tahun 2019. Image Courtesy: Etihad Cargo

ABU DHABI, bisniswisata.co.id: Uni Emirat Arab – Etihad Cargo, cabang kargo dan logistik dari Etihad Aviation Group, telah dianugerahi sertifikasi ulang Farmasi Centre of Excellence for Independent Validators (CEIV) oleh International Air Transport Association (IATA). 

Maskapai ini adalah satu dari hanya 37 maskapai penerbangan yang memegang sertifikasi IATA CEIV Pharma secara global.

Dilansir dari zawya.com, maskapai nasional UEA pertama kali meraih sertifikasi IATA CEIV Pharma pada 2019 sehubungan dengan hubnya di Bandara Internasional Abu Dhabi dan Kargo Layanan Bandara Etihad. 

Etihad Cargo kemudian menjadi maskapai penerbangan pertama di Timur Tengah dan hanya ketiga secara global yang memegang trilogi sertifikasi CEIV Pharma, CEIV Fresh, dan CEIV Live Animals.

Etihad Cargo memperoleh sertifikasi ulang IATA CEIV Pharma setelah audit oleh validator independen yang menilai kapasitas pengangkut untuk mengontrol dan meningkatkan prosesnya melalui daftar periksa yang berfokus pada Sistem Manajemen Mutu Etihad Cargo yang antara lain menggabungkan manajemen pemasok, program pelatihan, proses dan prosedur, program audit, dan peningkatan kualitas.

Pencapaian sertifikasi ulang menunjukkan kepatuhan penuh Etihad Cargo’s dan produk transportasi farmasi khusus PharmaLife terhadap peraturan farmasi tertentu, termasuk Peraturan Kontrol Suhu IATA (TCR), Praktik Distribusi yang Baik (GDP), sistem kualitas untuk gudang dan pusat distribusi yang didedikasikan untuk obat-obatan dan produk ilmu hayati .

“Etihad Cargo bangga mendapatkan sertifikasi ulang IATA CEIV Pharma setelah audit ekstensif. Standar seluruh industri ini memastikan operasi dan staf Etihad Cargo mematuhi semua standar yang berlaku , peraturan dan pedoman yang diharapkan dari produsen farmasi,” kata Martin Drew, Senior Vice President – Global Sales & Cargo di Etihad Aviation Group.

Manfaat dari sertifikasi CEIV Pharma meluas ke pelanggan Etihad Cargo, yang dapat diyakinkan bahwa manajemen kargo farmasi khusus pengangkut terus memantau dan menganalisis kualitas dan keamanan kinerja produk PharmaLife Etihad Cargo.

“Etihad Cargo sepenuhnya mendukung visi Abu Dhabi untuk menjadi pusat ilmu kehidupan dan farmasi. Mencapai sertifikasi ulang dan menyediakan solusi logistik farmasi kelas dunia menunjukkan kemampuan Etihad Cargo dalam mengangkut obat-obatan yang menyelamatkan jiwa dan perawatan terbaru di seluruh dunia dari maskapai penerbangan Abu Dhabi pusat.” tambahnya.

Etihad Cargo telah berinvestasi secara signifikan dalam produk PharmaLife sejak memperoleh sertifikasi IATA CEIV Pharma untuk logistik farmasi pada tahun 2019. Selain meluncurkan penutup termal khusus untuk produk PharmaLife di seluruh stasiun asal farmasi teratasnya, Etihad Cargo baru-baru ini mengumumkan peluncuran -of-the-art, fasilitas farmasi seluas 3.000 meter persegi di pusatnya di Abu Dhabi. 

Fasilitas baru ini, dimungkinkan melalui kemitraan berkelanjutan maskapai dengan Etihad Airport Services Cargo dan Abu Dhabi Airports, akan menggandakan kapasitas cool chain Etihad Cargo untuk membawa dan menampung tambahan 50.000 ton komoditas cool chain, termasuk produk obat-obatan dan ilmu hayati.

Organisasi yang memegang sertifikasi CEIV dan pelanggannya mengakui bahwa sertifikasi CEIV Pharma adalah pembeda utama, menyoroti upaya tambahan yang diambil untuk meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan pengalaman pelanggan. 

“Kami mengucapkan selamat kepada Etihad Cargo dalam mencapai sertifikasi ulang CEIV Pharma. Farmasi mewakili salah satu pasar kargo dengan pertumbuhan tercepat di dunia, ” kata Frederic Leger, IATA, Wakil Presiden Senior Produk dan Layanan Komersial.

Transportasi mereka sangat penting tetapi menantang. Pengirim seperti perusahaan farmasi menyambut baik sertifikasi tersebut karena memberi mereka kepercayaan pada transportasi udara. Upaya Etihad Cargo dalam mencapai sertifikasi ulang mendukung visi memiliki standar global untuk pengangkutan obat-obatan yang aman.”

Membangun status bersertifikasi IATA CEIV Pharma dari pengangkut, Etihad Cargo telah berkomitmen untuk meningkatkan standar di seluruh rantai pasokan farmasi. 

Sebagai anggota pendiri HOPE Consortium, Etihad Cargo bermitra dengan Abu Dhabi Airports Company (ADAC), Perusahaan Bandara Brussels, dan Pharma.Aero untuk meluncurkan Pharma Corridor 2.0 antara Brussels dan Abu Dhabi. 

lInisiatif ini bertujuan untuk memberikan tingkat jaminan tertinggi dalam kualitas penanganan kepada pengirim dan pengirim farmasi melalui pembentukan koridor farmasi antara bandara dengan komunitas penanganan kargo yang disertifikasi di bawah program CEIV Pharma.

 

Evan Maulana