Dongkrak Kunjungan Wisman, Batam Tourism and Promotion Board Dibentuk

0
183
Wisman asal China kunjungi Batam (Foto: Sumutpos)

BATAM, bisniswisata.co.id: Kota Batam membentuk tim khusus untuk melakukan penetrasi pasar. Tim tersebut diberi nama Batam Tourism and Promotion Board. Sesuai namanya, tim ini akan mempromosikan pariwisata Batam. Tujuannya, untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman).

“Batam Tourism and Promotion Board (BTPB) atau Badan Promosi Pariwisata Batam, beranggotakan 10 orang. Terdiri dari stakeholder, asosiasi pariwisata, profesi dan orang-orang yang paham dan mengerti akan dunia pariwisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, dalam keterangan tertulis, Senin (21/01/2019).

Menurut Ardi, Pemkot Batam masih melakukan penjaringan terhadap para calon yang nantinya bertugas sebagai pengambil kebijakan di BTPB. Terkait aturan, Ardi mengatakan pembentukan BTPB ini sudah tertuang di Peraturan Walikota Batam (Perwako). “Nomornya saya lupa, tapi sudah ada. Saat mencari anggotanya, semoga bulan depan badan sudah bisa segera bekerja,” ucapnya.

Selain 10 orang pengambil kebijakan. BTBP nantinya akan diawaki beberapa orang sebagai operator atau pelaksana dari setiap keputusan pengambil kebijakan. “Ranah kerja BTBP ini membantu Pemkot dalam mempromosikan Kota Batam. Nantinya 10 orang pengambil kebijakan akan membuat program kerja juga,” ucapnya.

Dijelaskan Ardi, target promosi wisata Batam mencakup dalam dan luar negeri. Dan tentunya setiap pameran pariwisata, BTBP akan hadir. “Kami sangat yakin hadirnya BTBP akan memberikan daya dobrak bagi promosi pariwisata Kota Batam,” ucapnya.

Ardi menambahkan, terobosan demi terobosan memang diperlukan untuk memaksimalkan potensi pariwisata Kota Batam. Terlebih Batam adalah daerah strategis dan crossborder. Yang artinya, relatif mudah mendatangkan wisman. Keuntungan Batam adalah berdekatan dengan Malaysia dan Singapura.

Kemampuan Batam menyedot wisman akan berimbas pada keberhasilan pencapaian target secara nasional. Tahun ini, Kemenpar ditargetkan dapat menjaring 20 juta wisman ke Indonesia.

“Karena Kepulauan Riau (Kepri) merupakan pintu masuk terbesar ke 3 wisman ke Indonesia dan Batam menjadi kunci keberhasilan keberhasilan Kepri. Ini tentunya harus didukung dengan strategi promosi yang baik. Dan yang pasti Kemenpar juga akan all out membantu Bantam untuk mencapai target tersebut,” ujarnya.

libur bersama keluarga tentunya menjadi saat-saat yang menyenangkan dan berkesan untuk mengisi libur panjang. Terlebih jika anak-anak sangat menikmati setiap waktu yang dihabiskan bersama kedua orang tuanya. Nah, jika Anda berencana untuk berlibur bersama keluarga di Kota Batam, berikut ini adalah tempat wisata keluarga yang bisa Anda kunjungi bersama anak-anak.

1. Ocarina Park
Bila di Jakarta ada Dunia Fantasi (Dufan), maka di Batam ada juga taman hiburan bernama Mega Wisata Ocarina Park. Tempat wisata seluas 40 hektare ini berada di kompleks perumahan mewah Costarina, Pasir Putih, Batam. Dikelilingi oleh lautan yang indah, taman hiburan ini menyajikan berbagai wahana bermain yang menyenangkan. Beberapa wahana yang paling disukai adalah Giant Wheel atau Kincir Raksasa. Anda dapat mencoba Sky Runner, Kiddy Land, Flying Fox, trampolin, atau berenang di water park. Setiap hari Minggu sore, jam 5 dan 7 malam, Anda dan anak-anak dapat menikmati serunya mandi busa di sini.

2. Hutan Wisata Mata Kucing

Hutan Wisata Mata Kucing atau yang dikenal dengan Kebun Binatang Mini ini berlokasi di Jalan Taman Bukit Golf, Tanjung Riau. Kawasan ini merupakan tempat wisata keluarga. Di sini Anda dan anak-anak dapat menikmati alam sembari mengenalkan berbagai macam satwa, seperti burung elang, buaya, aneka primata, ikan, dan masih banyak yang lainnya. Letaknya yang berada di tengah hutan, membuat tempat ini unik dan menarik karena memiliki keindahan yang alami. Selain melihat aneka satwa, Anda dapat mencoba kegiatan lain seperti flying fox, mendaki bukit, atau merasakan sensasi berenang seperti di alam liar. Untuk harga tiket masuknya, Anda hanya dikenakan biaya Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak.

3. Miniature House Indonesia
Berlokasi di kawasan wisata Golden City Bengkong, taman miniatur rumah ini merupakan versi lebih kecil dari Taman Mini Indonesia Indah yang berada di Jakarta. Berbagai macam replika rumah adat dari Sabang hingga Marauke ditampilkan di sini. Anda dapat menyusuri jalan setapak sambil menikmati pemandangan dan berfoto. Anak-anak juga dapat mengenal berbagai rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia.

4. Golden City Go-kart
Berada dalam area kompleks Golden City Bengkong, satu lokasi dengan Miniature House Indonesia yang sebelumnya telah dibahas, Golden City Go-kart merupakan salah satu dari dua lokasi permainan gokart yang ada di kota Batam. Di sini, Anda dapat merasakan berkendara bak seorang pembalap. Tidak perlu khawatir dengan keamanannya karena permainan ini diawasi oleh tenaga profesional. Selain gokart, Anda dan anak-anak dapat mencoba wahana lain seperti paint ball, flying fox, taman bermain, dan arena ATV.

5. Pantai Sekilak

Pantai Sekilak terletak di Batu Besar, Nongsa, berdekatan dengan Tanjung Mbemban. Luasnya area pantai ini mencapai 30 hektare. Adapun pemandangannya begitu menawan karena dihiasi pohon-pohon rindang dan suara debur ombak. Tak hanya untuk menikmati wisata alam, di Pantai Sekilak, Anda dan keluarga dapat menghabiskan waktu sembari menikmati olahraga air, seperti naik perahu kayak, perahu naga, atau banana boat. Hal menarik lainnya yang dapat Anda lakukan adalah melihat kura-kura di pantai. Selain bersenang-senang, kegiatan ini tentunya bermanfaat untuk mengajarkan anak-anak menjaga kelestarian alam dan populasi hewan di kawasan pantai. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.