Home INDEX Depok: Kaya Situ, Miskin Pengelolaan

Depok: Kaya Situ, Miskin Pengelolaan

0
144
Situ Cilodong Depok (Foto: Repro Google)

DEPOK, bisniswisata.co.id: Depok kaya dengan situ atau danau, yang tersebar di sejumlah wilayah. Setidaknya ada 23 situ yang digunakan untuk pengairan, juga dapat dimanfaatkan menjadi obyek wisata untuk skala lokal. Sayangnya, keberadaan situ masih sangat miskin pengelolaannya. Bahkan penanganannya kurang baik. Sehingga harapan menjadi obyek wisata pun tak terwujud.

Kini, Pemerintah Kota Depok mulai melakukan membenahan beberapa situ. Bahkan, mengajukan sejumlah anggaran ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk penataan situ-situ agar lebih bagus, lebih banyak wisatawan yang datang yang pada akhirnya terjadi peningkatan pendapatan masyarakat.

Ada empat situ dari 23 situ yang ada ditetapkan untuk dijadikan tempat wisata yaitu Situ Sidomukti, Pengasinan, Cilangkap dan Cilodong. “Jadi, untuk pemanfaatan situ yang ada di Kota Depok tentunya tak hanya sebagai resapan atau kantong air saja tapi lebih dari itu dapat dijadikan salah satu sarana rekreasi, wisata air, santai, olahraga dan lainnya,” tutur Wali Kota Depok Muhammad Idris,

Untuk itu, Wali Kota Depok Mohammad Idris telah mengusulkan rencana penataan situ itu kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil agar dapat dijadikan destinasi wisata.

Sementara Kepala Bidang Pariwisata dan Budaya Depok, Yelis Rosdiana menjelaskan revitalisasi itu berupa pembangunan dermaga bagi wisatawan di empat titik dimulai April tahun 2017. Rencananya, di Situ Sidomukti dan Cilangkap akan dibangun dermaga situ, sedangkan di Situ Cilodong akan dibangun pendopo yang menampilkan kebudayaan lokal. Sementara untuk Situ Pengasinan, fondasi dan atap dermaganya yang sudah rusak akan direnovasi.

Dilanjutkan realisasi pengembangan tersebut bersifat renovasi dan dilakukan sebagai upaya meningkatkan pelayanan, sekaligus keinginan membangun destinasi wisata yang ikonik di Depok. “Kita ingin budaya kita tampil di situ-situ tersebut, karena Pemkot hanya punya situ sebagai wisata air,” ujarnya.

Diperkirakan anggaran yang akan digunakan untuk setiap situ yakni sekitar Rp100 sampai Rp150 juta. Karena itulah pemerintah Kota Depok bekerja sama dengan dinas terkait akan membangun infrastruktur dan fasilitas yang dibutuhkan. Terutama Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) selaku pemegang kewenangan situ dan perizinan di bawah pemerintah pusat.

“Membuat perubahan bukan berarti tak terkendala. Dan untuk mengembangkan situ sebagai objek wisata cukup kompleks. Sebab, hampir semua situ di Depok sudah termakan garis sepadannya. Terutama yang dijadikan permukiman warga, padahal sangat potensial dijadikan objek wisata. Misalnya situ Rawa besar yang letaknya strategis di tengah kota,” kata Yelis seperti dikutip Tempo.co, Kamis (28/03).

Ditambah, akses jalan menuju situ juga terbatas. Untuk itu, solusi pemerintah melarang pembangunan permukiman di wilayah situ sangat penting. Tahun 2018, pemerintah akan mengadakan program tour de situ. Yakni mengelilingi situ-situ dengan sepeda, serta beberapa kegiatan besar untuk promosi mendukung program.

Selain keempat situ yang akan dikembangkan sebagai wisata air, Kota Depok saat ini juga sedang gencar mencanangkan diri sebagai Kota Bersahabat atau Friendly City. Cukup banyak perencaanaan yang dibuat, mulai dari perbaikan dan penambahan fasilitas, juga lokasi wisata.

Untuk sarana publik, Pemkot Depok telah membangun banyak ruang terbuka hijau (RTH), mulai dari taman, sarana bagi kaum difabel, hingga zebra cross bagi warga berkebutuhan khusus. Depok juga akan memiliki alun-alun sebagai tempat berkumpulnya warga, sekaligus jalan tol untuk mempermudah akses. Dengan kata lain, perbaikan ini akan menambah minat dan kunjungan wisatawan.

Untuk wisata, ekowisata Ciliwung yang menonjolkan kegiatan rafting telah dilirik sebagai salah satu tujuan wisata unggulan. Pun pemeliharaan Jembatan Panus yang usianya telah menginjak 100 tahun untuk meningkatkan wisata budaya.

“Saat ini, ada beberapa situs yang akan dikembangkan seperti bangunan-bangunan tua yang sedang didata. Tahun lalu kita sudah memberikan bantuan terhadap situs bersejarah Sumur Tujuh Beringin Kurung di Beji, dan situs Telapak Kaki di Sawangan,” tutup Yelis.

Empat situ yang ditata dalam waktu dekat, antara lain:

1. Situ Cilodong
Situ Cilodong terletak di Jalan Abdul Geni, Kalibaru, Depok. Dari Stasiun Depok ke Situ Cilodong sekitar 6,9 kilometer. Waktu tempuh dengan sepeda motor sekitar 16 menit. Situ itu sudah sering dimanfaatkan warga sebagai tempat wisata permainan air. Situ Cilodong memiliki luas 6,4 hektare, dilengkapi saung, 12 permainan bebek air, satu perahu, permainan mandi bola.

#. Situ Sidomukti
Situ Sidomukti atau lebih dikenal dengan sebutan Situ Studio Alam TVRI kondisinya sangat memprihatinkan. Situ berlokasi di Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, selain tak terawat juga banyak dipenuhi sampah. Tak hanya itu. Situ yang awalnya memiliki luas lahan sekira 7 hektar tersebut juga sudah mengalami pendangkalan di bagian sisi Timur. Awalnya, kedalaman Situ Sidomukti mencapai 2 meter. Namun saat ini kedalaman situ yang sebenarnya berfungsi untuk konservasi, cadangan air dan wisata air ini hanya tinggal 1 meter saja.

#. Situ Pengasinan
Situ ini berada Kecamatan Sawangan memiliki luas 6 hektar ini memiliki banyak fasilitas terutama bagi yang ingin berwisata air. Di sini pengunjung dapat menjelajahi danau menggunakan sepeda air. Kendaraan air ini sangat cocok terutama bila Anda datang bersama buah hati karena memiliki bentuk-bentuk unik seperti bebek, kuda laut, angsa, dan ikan paus. Anda dapat menjelajahi setengah dari keseluruhan wilayah danau menggunakan perahu kayuh tersebut. Di tempat rekreasi ini pengunjung juga dapat menikmati wahana flying fox.
Bagi yang gemar memancing, tempat ini juga merupakan destinasi yang tepat.

Pemandangan di sekitar Situ Pengasinan juga cukup indah. Pengunjung dapat memanfaatkan keteduhan pohon kelapa, pohon rambutan, pohon mangga, serta pepohonan lain yang tumbuh di tepi situ untuk berpiknik. Pengelola telah menyediakan balai-balai bambu bagi pengunjung yang ingin duduk santai sambil menikmati panorama danau. Bila ingin berjalan-jalan Anda dapat memanfaatkan jalur pejalan kaki yang sengaja dibuat mengelilingi situ.

#. Situ Cilangkap

Situ Cilangkap berada di daerah Cilangkap yang terletak di kelurahan Cilangkap kecamatan Tapos kota Depok. Situ Cilangkap berada di dekat perbatasan Kabupaten Cibinong. Danau ini sudah dibuat trotoar di sepanjang situ sehingga dapat dikembangkan sebagai tempat wisata air, dan kuliner. Situ ini salah satu daerah tangkapan air untuk daerah Jabodetabek dan secara geografis merupakan daerah yang memiliki banyak setu dan sungai. Kawasan Situ Cilangkap diberdayakan dengan budi daya ikan air tawar dan produksi buah-buahan.

Kondisi permukaan perairan Situ Cilangkap jernih dan bersih. Namun di sisi lain dari Situ Cilangkap masih terdapat jaring apung yang Kemudian warga sekitar pun mengadakan kegiatan kerja bakti untuk membersihkan area Situ Cilangkap. Selama ini, arga sekitar pun banyak yang memanfaatkan kawasan Situ Cilangkap untuk sekedar berjalan-jalan menikmati sore hari, dan juga memancing. (NDY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.