Demi Jaga Jarak Sosial, Robot Barista pun Bertugas

0
15

Robot Barista direkrut untuk pastikan jaga jarak sosial (foto: Reuters)

SEOUL, bisniswisata.co.id: Grafik penularan virus corona di banyak negara mulai melandai. Penerapan lockdown pun dilonggarkan. Kafe dan restoran diizinkan kembali buka dengan syarat tetap menerapkan praktik “social distancing” atau menjaga jarak sosial.

Korea Selatan termasuk negara yang berhasil mengendalikan wabah virus corona yang telah menginfeksi lebih dari 11.000 oang dan menewaskan 267. Pemerintah setempat perlahan mulai melonggarkan aturan dari semula intensive social distancing menjadi apa yang disebut sebagai “distancing in daily life.”

Banyak cara dilakukan untuk mensiasati agar praktik menjaga jarak sosial tetap terlaksana. Sebuah kafe di Daejeon, kota terbesar kelima di Korea Selatan, ‘mempekerjakan’ robot barista yang dengan sopan dan sigap melayani pengunjung cafe.

“Ini teh latte Rooibos pesanan Anda. Silakan menikmati. Sebaiknya diaduk dulu,” kata sang robot saat mengantar pesanan ke pelanggan. Gelas-gelas pesanan diletakkan di nampan yang terpasang dalam komputer besar berbentuk kapsul warna putih.

Robot-robot ini diyakini mampu memastikan penerapan jaga jarak sosial di tempat-tempat umum terlaksana, kata Lee Dong-bae, direktur penelitian di Vision Semicon, perusahaan penyedia smart factory solution yang bersama-sama lembaga sains milik negara mengembangkan robot barista ini, seperti dilansir Reuters. Mereka berencana memasok robot-robot barista ke setidaknya 30 kafe tahun ini.

“Sistem yang kami bangun tidak memerlukan input (data) pelanggan mulai dari pemesanan hingga pengiriman. Meja-meja disusun berjarak agar robot-robot dapat leluasa bergerak. Ini cocok dengan kampanye menjaga jarak jauh,” imbuhnya.

Pemesanan enam minuman akan diproses di sebuah kios dan siap tersaji hanya dalam tujuh menit. Satu-satunya karyawan manusia di kafe berlantai dua itu adalah pastry chef, orang yang bertanggung jawab menyiapkan kidangan kue-kue khas Eropa seperti kue tar, mousse, kue kering, dan sebagainya. Dia juga bertugas melakukan bersih-bersih dan mengisi ulang bahan-bahan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.