Akses Melancong ke Pantai Pangandaran Makin Mudah

0
130
Pantai Madasari Pangandaran Jawa Barat (Foto: Repro Google)

PANGANDARAN, bisniswisata.co.id: Akses melancong ke Pantai Pangandaran Jawa Barat (Jabar) kini semakin mudah bahkan nyaman. Setelah KA Pangandaran diluncurkan awal Januari 2019, kini sudah ada fasilitas baru agar berwisata lebih nyaman. Fasilitas itu adalah feeder bus (bus pengumpan) dari Stasiun Banjar untuk mengantarkan para wisatawan ke Pantai Pangandaran, yang memiliki panorama sangat indah.

“Saya sudah koordinasi dengan Dishub Jabar bahwa nanti kita akan siapkan feeder, nanti akan ada bus yang direct dari (stasiun) Banjar ke Pangandaran,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik Kurohman, di Gedung Sate Bandung, dilansir Antara, Selasa (05/02/2019).

Penyediaan feeder bus ini, sambung dia, merupakan upaya terkait rencana reaktivasi jalur kereta api dari Banjar ke Pangandaran oleh pemerintah pusat. “Saya juga kemarin telah berkoordinasi dengan PT KAI agar dibuat konektivitas untuk itu, busnya (DAMRI) dan juga bisa dari PO yang lain. Kita dalam waktu dekat akan melakukan itu,” kata dia.

Rencana penyediaan feeder bus di Stasiun Banjar tersebut bertujuan untuk memudahkan para wisatawan pengguna moda transportasi kereta api yang hendak berlibur ke Pangandaran. “Jadi ini pilihan, mau menggunakan kereta, jalan raya, bus atau lainnya,” kata dia.

Feeder bus tersebut saat ini sudah disediakan bagi wisatawan pengguna moda transportasi kereta api yang hendak berwisata ke Garut. “Di Stasiun Cibatu ada feeder bus untuk menuju kawasan wisata di Kabupaten Garut,” ujar dia.

Dilanjutkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sendiri saat ini mencanangkan sektor pariwisata menjadi lokomotif ekonomi di wilayah ini dan salah satu kawasan pariwisata yang menjadi perhatian ialah Kabupaten Pangandaran.

“Seperti Pangandaran ingin ada semacam boulevar-nya, Pangandara sendiri harus dikemas menjadi industri pariwisata. Dan kita harus lihat potensi lokal, potensi seniman dan budayawannya, kulinernya kita akan lihats semua itu, kemudian juga infrastrukturnya akan dibikin,” kata Dedi Taufik.

Ditambahkan, penyediaan bus pengumpan itu adalah upaya pihaknya terkait rencana reaktivasi jalur kereta api dari Banjar ke Pangandaran oleh pemerintah pusat. “Saya juga kemarin telah berkoordinasi dengan PT KAI agar dibuat konektivitas untuk itu, busnya (DAMRI) dan juga bisa dari PO yang lain. Kita dalam waktu dekat akan melakukan itu,” kata dia.

Tercatat ada 35 destinasi wisata yang tersebar di penjuru Pandarangan, namun dari jumlah itu hanya beberapa spot wisata yang keren, hits, ngetrend dan kerap dikunjungi mulai Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian sampai air terjun yang sangat memanjakan mata. Inilah obyek wisata di Pangandaran:

# Wisata Pantai
Tak lengkap memang ke Pengandaran, tidak ke pantainya. Ada beberapa pantai yang sudah akrab ditelinga wisatawan seperti Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, Pantai Keusik Luhur, Pantai Karapyak, Pantai Batu Hiu, Pantai Pananjung, Pantai Lembah Putri, Pantai Karang Nini, Pantai Madasari, Pantai Karang Tirta, Pantai Muaragatah, Pantai Legok Jawa, Pantai Duduk Pangandaran, Pantai Pasir Beusi, Pantai Karang Seugeuh, Pantai Palatar Agung, Pantai Karang Tamaga dan Pantai Kalapa Satangkal. Seluruh pantai ini memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Soal panorama dan keindahnnya, lebih baik buktikan sendiri.

# Cukang Taneuh
Disebut juga Green Canyon oleh seorang berkebangsaan Perancis tahun 1993. Green Canyon terletak di Desa Kertajaya, Cijulang. Objek wisata ini menawarkan keindahan dinding bebatuan ditutupi lumut dan wisatawan dapat menikmatinya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu atau simpan milik warga sekitar. Selama perjalanan susur sungai bisa menikmati indahnya ngarai dengan udara yang sejuk dan juga pemandangan hijau yang menarik.

# Wisata Susur Gua
Ada tujuh gua alam yang menakjubkan di cagar alam Pangandaran. Ketujuh gua itu antara lain Gua Sumur Mudal, Gua Parat (Gua Keramat), Gua Miring (Gua Cemped), Gua Lanang, Gua Panggung, Gua Cirengganis dan Gua Karang Bolong. Dalam sejarah peradaban manusia, gua sering dianggap memiliki nilai mistis atau sejarah tertentu sehingga keberadaanya sering dikeramatkan. Namun kini gua menjadi daya tarik wisata yang kerap dikunjungi wisatawan.

# Curug Bojong
Dulu air terjun atau curug ini bernama Curug Sawangan. Namun sekarang ini lebih terkenal dengan nama Curug Bojong dikarenakan air sungainya berasal dari Kampung Bojong. Jika Anda ingin menujju tempat ini dari Pangandaran, ambil jalur Babakan kemudian Sukahurip dengan jarak tempuh sekiar 6 km saja.

# Santirah River Tubing
Bagi wisatawan suka wisata air yang memacu adrenalin? Anda bisa mendatangi Santirah River Tubing. Di sini Anda akan merasakan serunya berarung jeram tapi tidak dengan menggunakan perahu karet, melainkan dengan menggunakan ban besar. Aliran sungai Santirah yang ada di Desa Selasari akan membuat Anda basah lengkap dengan sensasi terombang ambing di antara arus dan bebatuan sungai. Jarak tempat wisata ini dengan pusat kota hanya 15 km saja.

# Saung Muara
Kalau Anda mencari pantai yang bisa dijadikan area untuk berkemah bersama keluarga atau teman, maka Saung Muara inilah tempatnya. Terletak di ujung Jalan Pamugaran, lokasi ini dapat Anda tempuh dari pintu masuk Pangandaran, belok kanan dan lakukan perjalanan sekitar 1 km. Anda akan mendapati pemandangan alam yang indah dengan udara sejuk dan mangrove di sekelilingnya. Di sini, Anda juga bisa menikmati pemandangan para nelayan yang sibuk mencari ikan. Saung Muara memiliki fasilitas seperti gazebo dan mushola. Anda juga bisa menikmati kuliner yang terdapat di warung-warung sepanjang pantai. Menikmati pemandangan matahari tenggelam sambil ber-BBQ dengan teman atau keluarga akan menjadi pengalaman tak terlupakan di sini.

# Pangandaran Waterpark
Walau termasuk tempat wisata yang masih baru, tapi waterpark ini bisa jadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak sama dengan waterpark lainnya, waterpark di Pangandaran ini letaknya di pinggiran Pantai Lembah Putri. Anda bisa menemukannya sekitar 5 km dari pintu wisata Pangandaran tepatnya di Kecamatan Kalipucang. Ada beberapa kolam yang bisa dinikmati dan juga lapangan untuk berkendara ATV. (NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.