Home INDEX Budaya Kopi di Indonesia dan Tempat Menemukan Kopi Terbaik

Budaya Kopi di Indonesia dan Tempat Menemukan Kopi Terbaik

0
35
Budaya ngopi masyarakat Nusantara

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Indonesia dikenal dengan budaya kopinya dan merupakan penghasil kopi terbesar ke-4 di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Kopi tumbuh di seluruh nusantara dan Anda akan menemukan kedai kopi sederhana yang menjual kopi instan atau minuman kopi tradisional di hampir setiap sudut jalan.

Dilansir dari Seasia.co, dalam beberapa tahun terakhir konsumsi kopi juga meningkat di Indonesia dan semakin banyak kedai kopi bermunculan yang ditujukan untuk peningkatan kelas menengah dan peningkatan jumlah pengunjung ke Indonesia. Dengan pemikiran tersebut, jika Anda ingin secangkir kopi di Indonesia maka Anda tidak perlu mencari jauh-jauh.

Sejarah kopi berkembang di Indonesia

Konsumsi kopi di Indonesia memiliki sejarah yang panjang karena biji kopi pertama kali dibawa ke Indonesia pada abad ke-17 oleh Belanda pada masa penjajahan. Biji kopi tumbuh subur di tanah subur di sekitar Jawa, Sumatera, Bali, dan Sulawesi, dan sekarang Anda dapat menikmati varietas kopi dari seluruh nusantara.

Di masa lalu, Arabika adalah jenis kopi paling terkenal di Indonesia, tetapi saat ini pelancong  juga bisa mendapatkan campuran Robusta yang digunakan dalam persentase minuman berbasis kopi di seluruh negeri. Ini sangat tergantung di mana Anda berada, tetapi jika  berada di Sumatera, lebih mungkin menemukan kopi Robusta daripada di bagian lain negara ini.

Daerah penghasil kopi di Indonesia

Terdapat beberapa daerah penghasil kopi di seluruh Indonesia namun sebagian besar berada di Sumatera yang merupakan penghasil kopi terbesar di Indonesia. Anda juga akan menemukan perkebunan di tempat lain seperti Jawa, Sulawesi dan Bali.

Tetapi satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa ini biasanya kecil dan sebagian besar pertanian dan penanam tidak bekerja untuk perusahaan melainkan bekerja di sebidang kecil tanah mereka sendiri yang merupakan hanya beberapa hektar saja.

Artinya, tidak banyak tur kopi khusus di Indonesia seperti yang Anda harapkan karena banyak perkebunan yang sangat kecil, tetapi beberapa memang ada dalam skala yang lebih besar dan lebih terorganisir jika Anda tahu ke mana mencarinya.

Sumatra

Salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia adalah pulau Sumatera yang memiliki berbagai macam campuran kopi termasuk Karo, Lintong, Mandailing dan Kerinci.

Jika  ingin mencoba beberapa kacang-kacangan dan berwisata perkebunan maka Anda perlu menuju ke kota Berastagi di Kabupaten Karo yang dapat diakses melalui kota Medan. Bisa juga terbang ke Medan dan kemudian naik mobil atau bus ke Berastagi di mana sejumlah wisata perkebunan kopi ditawarkan serta wisata kebun buah-buahan dan perkebunan stroberi.

Bali

Bali juga dikenal dengan perkebunan kopinya dan Anda dapat terbang ke pulau tersebut melalui Bandara Internasional Ngurah Rai dan kemudian naik mobil pribadi atau bus ke perkebunan setempat.

Banyak di antaranya terletak di dalam dan sekitar kota Ubud yang juga dikenal dengan teras sawah berundak, jadi ini adalah tempat yang tepat untuk melihat bagaimana kopi Indonesia ditanam dan dibuat.

Salah satu perkebunan utama di sini dikenal sebagai Perkebunan Kopi Satria dan Anda dapat mendaftar untuk tour serta mencicipi beberapa minuman terkenal pada saat bersamaan.

Jawa

Pulau Jawa tentunya identik dengan kopi dan ada sejumlah tempat di mana Anda bisa mengunjungi perkebunan sekaligus minum kopi yang nikmat. Beberapa tempat terbaik untuk melakukannya di sekitar kota Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Ada beberapa perkebunan paling terkenal di Jawa termasuk MesaStila Resort and Spa yang melakukan tur perkebunan di sekitar Yogyakarta serta Perkebunan Kaliklatikl yang dekat dengan Gunung Bromo .

Untuk mencapai salah satu perkebunan ini, taruhan terbaik Anda adalah terbang ke ibu kota Indonesia yaitu Jakarta dan kemudian melakukan perjalanan darat dengan mobil, bus, atau kereta api ke kota-kota lain di Jawa seperti Yogyakarta, Surabaya atau Bandung. Dari sana Anda bisa melanjutkan ke wisata perkebunan yang biasanya akan berada di pinggiran salah satu kota ini.

Merk Kopi Indonesia Terkenal

Jika berbicara tentang merek kopi Indonesia, Anda tidak akan menemukan terlalu banyak kopi bermerek sebenarnya yang bukan kopi instan. Jika Anda ingin mencoba kopi instan atau kopi kemasan di Indonesia maka beberapa merek yang paling terkenal adalah kopi Kapal Api, Tanamera dan Anomali.

Akan sangat membantu jika Anda berada di Indonesia untuk tidak terlalu fokus pada merek kopi tetapi pada biji-bijian tertentu, seperti Mandailing di Sumatera, Kopi Gayo dari Aceh dan Lintong yang juga dari Sumatera.

Di tempat lain seperti sulawesi biasanya biji kakao hanya dikenal dengan sebutan sulawesi yang mirip dengan tempat lain seperti jawa dan bali dimana biji kakao tidak memiliki nama daerah seperti itu.

Kopi khas Indonesia

Jenis kopi spesialti utama di Indonesia dikenal dengan kopi luwak. Kopi jenis ini menjadi terkenal dalam beberapa tahun terakhir karena dibuat dari musang yang memakan biji kopi dan kemudian mengeluarkannya.

Biji yang tercerna sebagian kemudian dikumpulkan, dibersihkan, dan digunakan untuk membuat kopi, yang menyebabkan kopi luwak dikenal sebagai kopi poo. Ini juga salah satu kopi termahal di wilayah ini karena padat karya. Anda dapat mencoba kopi luwak di seluruh Indonesia karena ini sebenarnya bukan kopi daerah, tetapi banyak dijual di seluruh nusantara.

Kopi khas lainnya adalah kopi Aceh yang aslinya berasal dari Aceh tapi bisa Anda temukan di seluruh pelosok negeri. Bedanya jika berbicara tentang kopi Acehi yang dikenal adalah kandungannya yang sangat kental dan ampas kopinya membuat semacam lumpur di dasar gelas Anda.

Untuk membuatnya lebih mudah dan lebih enak untuk diminum, kopi dilewatkan melalui saringan yang sering disebut sebagai ‘kaus kaki’ sehingga Anda mendapatkan secangkir kopi yang sangat pahit di ujungnya.

Jika Anda kebetulan berada di ibu kota Aceh yaitu Banda Aceh maka pergilah ke Warung Kopi Salong yang pertama kali dibuka pada tahun 1970-an dan konon merupakan salah satu tempat terbaik di Aceh untuk mendapatkan kopi tradisional semacam ini.

Mereka juga menggiling biji kopi di tempat dan menjual biji kopi utuh atau bubuk dalam kantong sehingga Anda dapat membeli tas untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari jenis kopi Indonesia yang sangat unik ini.

Kedai kopi untuk kopi terbaik

Jika Anda ingin mencoba beberapa kopi terbaik di Indonesia maka harus pergi ke kedai kopi yang bagus untuk mendapatkan penawaran yang sebenarnya. Anda masih bisa membeli kopi lokal di toko-toko kecil di seluruh nusantara, tetapi untuk sajian yang lebih canggih seperti latte, cappucino, espresso shot, dan minuman campuran maka Anda perlu mengunjungi kedai kopi yang lebih mapan seperti yang tercantum di bawah ini.

Bali

Salah satu tempat terbaik untuk mencoba kopi di Indonesia ada di Bali dan Anda akan dimanjakan dengan pilihan di mana pun Anda berada di pulau itu.

Jika Anda berada di Seminyak, pergilah ke Expat Roasters yang merupakan kedai kopi untuk peminum serius karena dibuka oleh Shae Macnamara yang merupakan barista pemenang penghargaan.

Di sini Anda meminum berbagai kopi yang berbeda berdasarkan filosofi farm to table mereka saat mereka bekerja dengan petani lokal di Bali untuk memberikan Anda minuman terbaik dalam bisnis ini.

Jika Anda tinggal di Canggu maka Anda harus pergi ke Hungry Bird yang dikatakan sebagai salah satu tempat terbaik di Bali untuk mencicipi berbagai kopi yang berbeda.

Biji tersebut digiling di tempat dan menyajikan berbagai jenis kopi dari seluruh Indonesia. Mereka juga memiliki pemanggang sendiri di sini untuk memastikan Anda mendapatkan secangkir kopi kualitas terbaik yang tersedia serta ruang bekam khusus.

Siapa pun yang datang ke Bali untuk berselancar di Uluwatu harus menuju ke Drifter Surf Shop & Cafe yang terkenal dengan kopinya yang juga mereka giling di tempat. Di sini Anda akan menemukan sederet brews seperti kopi Mandailing dari Sumatera yang menjadi salah satu best seller berkat rasa yang dalam dan rasa yang tajam.

Sumatra

Jika Anda berada di Sumatera maka Anda akan dimanjakan dengan pilihan karena Anda bisa mendapatkan kopi yang enak di toko-toko kecil di seluruh pulau.

Jika Anda berada di ibu kota Sumatera Utara yaitu Medan maka Anda mungkin ingin menuju ke Mitra 8 yang baru dibuka dan merupakan salah satu lampu utama di kancah kopi di bagian Indonesia ini.

Kafe ini memperhatikan konsumsi kopinya dengan serius dan mereka juga bekerja dengan petani lokal di wilayah tersebut dan mengunjungi pertanian lokal untuk memastikan bahwa mereka menyajikan biji kopi terbaik kepada pelanggan mereka.

Sajian yang dikenal sebagai ‘Sumatera Penuh’ yang meliputi biji-bijian dan kopi dari daerah Mandailing, Karo, Kerinci dan Lintong dan mereka juga memanggang dan menggilingnya di tempat sehingga Anda akan tahu bahwa Anda mendapatkan kopi sesegar mungkin.

Jawa

Jika Anda berada di Jawa maka Anda sangat perlu melakukan perjalanan ke ibu kota Jakarta jika Anda ingin melihat pemandangan kedai kopi terbaik di Indonesia. Salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di kota ini adalah Kopi Mank yang telah menarik banyak pengikut dalam beberapa tahun terakhir dan terkenal dengan cangkir kopi lokalnya yang lezat.

Apa yang membuat kedai kopi di Jakarta ini berbeda dari banyak lainnya adalah kedai kopi ini mencoba mencari sumber biji kopi setempat sehingga Anda tahu bahwa Anda juga mendukung komunitas dan pertanian setempat jika Anda membeli kopi di sana.

Pilihan bagus lainnya di Jakarta adalah kopi Anomali yang merupakan jaringan cafe yang ditemukan di seluruh kota dan juga di kota-kota lain di nusantara termasuk di pulau lain seperti Bali.

Anomali adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi jika Anda ingin mencoba berbagai kopi Indonesia di satu tempat karena mereka menjual biji kopi dari berbagai daerah yang berarti Anda bisa mendapatkan gambaran tentang budaya kopi di Indonesia tanpa harus pergi terlalu jauh.

Mereka juga menjual kopi sendiri di sini, yang berarti Anda dapat membeli sekantong biji kopi atau kopi bubuk untuk dibawa pulang di akhir perjalanan Anda mencicipi cita rasa Indonesia di rumah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.