Bangladesh Tutup Perbatasan Darat Dengan India Akibat  Lonjakan Kasus COVID-19

0
27
Militer Bangkadesh berjaga di perbatasan India ( Foto: AFP)

DHAKA, bisniswisata.co.id: Bangladesh akan menutup perbatasan daratnya dengan India selama 14 hari ke depan karena lonjakan kasus virus korona yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara tetangga itu, Menteri Luar Negeri AK Abdul Momen mengumumkan di sini pada hari Minggu.

Dilansir dari Wio News, India mencatat rekor 3.49.691 infeksi virus korona baru dalam sehari pada hari Minggu, menjadikan penghitungan total kasus COVID-19 menjadi 1.69.60.172.  Korban tewas meningkat menjadi 1.92.311 dengan rekor 2.767 kematian baru setiap hari, menurut data Kementerian Kesehatan Union.

Perjalanan penumpang dari India ke Bangladesh melalui darat ditutup mulai Senin selama 14 hari, kata Momen kepada wartawan di sini.

 “Keputusan itu diambil mengingat kasus virus corona di India meningkat pesat. Untuk sementara jalur darat untuk penumpang kami tutup,” ujarnya dan menambahkan bagaimanapun perdagangan antara kedua negara akan terus berlanjut.

Tidak akan ada larangan pergerakan kendaraan kargo, kata Momen. Perjalanan udara antara India dan Bangladesh telah ditangguhkan sejak 14 April dengan meningkatnya infeksi.

Menteri Dalam Negeri Asaduzzamman Khan Kamal juga mengatakan bahwa pihak berwenang telah memutuskan untuk menutup perbatasan dengan India selama dua minggu. “Jalur darat dengan India akan ditutup mulai 26 April,” katanya.

Komite Penasihat Teknis Nasional Bangladesh (NTAC) untuk COVID-19 sebelumnya menyarankan penutupan perbatasan dengan India mengingat melonjaknya jumlah kasus virus Corona.  Ia juga menyarankan agar rute darat tidak dibuka kembali sampai ada perbaikan situasi virus Corona di India.

 Bangladesh dan India berbagi perbatasan darat di Benggala Barat dan negara bagian timur laut Assam, Tripura, Mizoram dan Meghalaya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.